kaskus.podcastAvatar border
TS
kaskus.podcast
Inilah Sang Perintis Indonesia Terjajah 350 Tahun


Empat kapal Belanda yang dipimpin Cornelis de Houtman tiba di perairan Banten pada 27 Juni 1596. Sebelum angkat sauh dari Amsterdam, Cornelis mendapat informasi bahwa di timur jauh sana, ada kepulauan yang menghasilkan rempah-rempah tak terhingga.


Banten yang sejatinya hanya merupakan sebagian kecil dari kepulauan rempah-rempah merupakan tempat paling menggiurkan di dunia.  Cornelis de Houtman adalah pembuka jalannya praktik kolonialisme Belanda di Nusantara.


Cornelis Sang Perintis Desas-desus mengenai kepulauan rempah-rempah yang terletak di negeri antah-berantah menjadi isu yang marak diperbincangkan oleh kalangan pedagang di Eropa pada akhir abad ke-16 itu, termasuk di Belanda. Kala itu, sebagian wilayah dunia, termasuk beberapa tempat yang memiliki potensi rempah-rempah, memang dikuasai oleh Kerajaan Portugis. Sebagian lainnya diduduki oleh Kerajaan Spanyol.


Awalnya, kedatangan bangsa asing ini memang disambut dengan baik oleh penduduk setempat, termasuk oleh otoritas Kesultanan Banten. Saat itu, Banten diperintah oleh Sultan Abdul Mafakhir Mahmud Abdulqadir yang baru saja naik takhta (1596-1647). Cornelis seharusnya bisa menunaikan misinya, yakni membeli rempah-rempah yang dibutuhkan, karena transaksi perniagaan di Banten amat gampang. Barter, bahkan mata uang, sudah menjadi alat pertukaran yang cukup populer.


Namun, orang-orang Belanda yang belum lama menginjakkan kaki di tanah Banten itu justru bertingkah buruk, terutama dengan seenaknya keluar-masuk Kota Banten. Penduduk setempat yang tadinya menerima kini berbalik sikap lantaran tidak suka dengan perangai orang-orang asing itu.

Inilah cikal bakal Indonesia mulai terjajah oleh bangsa luar, mereka mencari rempah dan Indonesia adalah surganya tanaman rempah! Gansis penasaran kisahnya? Langsung aja play Jas Merah hanya di Kaskus Podcast.

podcast-episode








Diubah oleh kaskus.podcast 06-08-2019 08:29
Ariwanas
KnightDruid
someshitness
someshitness dan 8 lainnya memberi reputasi
9
10.1K
96
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan