cyoga17Avatar border
TS
cyoga17
5 Cara Jitu Memilih Kamar Kos Yang Nyaman, Cari Seluk Beluknya (Based On Experience)

Selamat buat yang diterima di universitas favorit atau universitas manapun. Pasti untuk calon mahasiswa yang memiliki kendala jarak kampus yang terlalu jauh atau bahkan kampusnya beda pulau akan memilih alternatif untuk tinggal di kos. Tapi apa sih tips tricknya memilih kos ini? banyak kok di google, tapi ini plus pengalaman pribadi dan research TS tentang kebanyakan kos ya. Sebenarnya mencari kos yang sempurnya itu susah susah gampang karena ada pemilik kos yang jago mempromosikan kosnya dan ada juga yang tidak. 

Biasanya di Kota kota besar harga kosnya cukup melambung apalagi dekat dengan fasilitas umum yang memadai. Setelah masalah harga pasti akan melanjut ke masalah umum berikutnya adalah fasilitas yang diberikan, biasanya kos yang 24jam lebih laku tuh.  Masalah fasilitas ini biasanya menjadi pertimbangan utama ketika memilih kos, padahal kalian harus mempertimbangkan kondisi lingkungan sekitar kos dan interaksi antar penghuni kosnya. Biasanya kos kos eksklusif, interaksi penghuninya agak kurang, ya namanya aja eksklusif wkwk. 
Itu semua tergantung kalian si, Berikut tips antimainstreamnya.
emoticon-Kaskus Lovers emoticon-Kaskus Lovers emoticon-Kaskus Lovers

1. Bandingkan Fasilitas Dan Harga Yang Ditawarkan Disetiap Kos Yang Berbeda
     Jadi coba list target kos yang kalian ingin tuju, namun sebelumnya kalian pasti sudah punya budget range yang akan dikeluarkan tiap bulannya ya. Jangan mau rugi biasanya pemilik kos bisa mematok harga yang ngawur dengan fasilitas lebih sedikit ketimbang kos yang lainnya. Setinggi apapun budget bulanan kalian, jangan mau rugi. Kalau bisa mencoba nego dengan pemilik kosnya siapa tahu berbaik hati dan diberikan harga yang pas. Setelah ente ngelist mana saja yang mau dituju lalu datangi kosnya dan langsung lakukan seleksi, usahakan mendatangi kos lebih dari 2 agar bisa melihat perbandingannya. 



2. Coba Cari Info Tentang Kos Di Kota Tersebut Lewat Obrolan Dengan Penduduk Sekitar
   Menurut ane ini cara paling ampuh si buat tau seluk beluk kosnya. Jadi tidak jarang pemilik kos itu mematok harga lebih demi keuntungan banyak sehingga kalian terlalu dirugikan. Coba aja datangi warung warung kecil sekitar dan ngobrol sambil nyebat wkwk. Penduduk sekitar pasti dengan senang hati menceritakan seluk beluk kos didaerahnya dari yang paling nyaman sampai yang ancur lebur. Dengan bercengkrama dengan penduduk sekitar, otomatis setidaknya kalian bisa berasumsi kondisi lingkungan disekitar kos. 



3. Jangan Terpaku Pada Jarak Kekampus, Kenapa?
    Bayangin anda punya kos di deket kampus yang rame mahasiswanya, otomatis ente berani mematok harga lebih. Gapapa jauh sedikit dari kampus asal dapet kos yang lumayan fasilitasnya. Disisi lain kalian juga melatih kedisiplinan dan manajemen waktu agar sampai di kampus dengan waktu yang pas. Tapi jangan yang terlalu jauh lah ya dari kampus, maksudnya worth it gitu dengan fasilitas yang kalian dapatkan. 



4. Coba Cek Interaksi Antar Penghuni Kos, Hal penting yang biasanya ga digubris ini 
   Sewaktu melihat lihat kondisi kamar kos coba sempatkan tanya kepada salah satu penghuni kosnya, tanyailah hal yang sama dengan hal yang kalian tanyai ke pemilik kosnya. Coba tanyakan nama nama dari setiap penghuni kosnya. Hal ini bisa membantu penilaian anda tentang kondisi antar penghuninya. Karena pengalaman, lebih nyaman tinggal di kos yang penghuninya care satu sama lain daripada yang apatis menyibukkan diri dan tidak peduli lingkungan. Karena tidak dipungkiri jika terjadi suatu hal, maka teman kos lah yang pertama tahu maka hubungannya harus baik. Hal ini juga menunjukan seberapa peduli pemilik kos dalam merawat kosnya.



5. Pilih Sesuai Kebutuhan Dan Kondisi 
  Yap langkah terakhir tinggal memilih mana yang mau di konfirmasi untuk ditinggali. Memang tips ini tidak mainstream ya seperti yang ada di web web, "kaya cari harga yang pas", Ya udah pasti dong ya, anda tidak menyelesaikan masalah namanya wwkwk. Maka dari itu ane sajikan tips tirck yang anti mainstream dan boleh banget jadi acuan buat mempertimbangkan kos yang akan ditinggali kedepannya.



Maksudnya sesuai kondisi gini, Jenis dan macam kos itu sebenere banyak dan ga cuman kebagi 2 kos eksklusif dan bukan. Ini tergantung kalian ya, kalau mau cari pemilik kosnya yang care banget sedia 24 jam ada, mau cari kos yang bebas siapapun boleh masuk ada, mau cari kos yang pemilik kosnya kurang care ada. Jadi lihat dulu deh kondisinya itu sesuai gak sih sama ekspektasi kalian. Biasanya orang tua yang protectif pasti suka dengan kondisi kos yang pemilik kosnya sangat care dengan penghuni kosnya dan merawat kosnya. Namun pilihan selalu ditangan anda, karena hal seperti ini masuk dalam pertimbangan pribadi yang anda sendiri bisa menilainya. Misalnya anda anak yang alim dan sangat suka sistem aman ya pasti anda cari sesuai kriteria tersebut, kalau anda orangnya bebas dan tidak suka diatur dan siapapun boleh masuk, pastilah anda mencari kriteria tersebut. Hal ini hanya masalah selera, jika semua hal dirasa pas tinggal tidur deh.

Selamat Mencar Kos dan Semangat Kuliahnya 
emoticon-Jempol emoticon-Jempol emoticon-Jempol

Source : Experience Pribadi
Image Source : 1 2 3 4 5 6 7


azid12353
fira262
monaaasw
monaaasw dan 2 lainnya memberi reputasi
3
2.3K
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan