biabiAvatar border
TS
biabi
Recruitment ODP Bank Resona Perdania
Disclaimer : Jika memang tulisan ini tidak berkenan bagi Bank Resona Perdania, mungkin bisa hubungin ane via pm, nanti akan ane hapus segera.

 
 

Selamat Siang gan,
Mumpung belom ada yang share pengalamannya dimana-mana, ane mau coba share pengalaman ODP di Bank Resona. Sebelumnya ane mau perkenalin diri, supaya terhindar dari misinformasi dan lain-lain, ane salah satu peserta ODP yang sampai saat ini masih sebagai ODP Bank Resona Perdania. Prosesnya cukup menarik dan rada panjang yaa, ane coba ulas 1 1 disini.

Jadi di ODP (Office Development Program) tepatnya tahun ini (2018), merupakan program pertama dari bank Resona Perdania setelah 60 tahun berdiri. Pada proses seleksinya terdapat 6 proses yang agan harus lewatin satu per satu. Prosesnya itu online registration; performance test; test of academic potential, toefl & general knowledge test; psychological test; user interview; dan yang terahir medical checkup. Ane ccba bahas jelasin 1 1 semoga membantu mencerahkan agan yang mungkin piingin tahu dan tahun depan jika ada lagi. Testnya itu kayaknya ada 4 institusi, Online Registration, Performance Test, User Interview itu dilakuin sama Bank Resona nya sendiri, kalo Test Pengetahuan dasar, Toefl, dan pengetahuan dasar, dilakuin sama LPPI, sedangkan untuk psychological testnya kayaknya sih ada pihak lain lagi, jadi LPPI itu sewa pihak lain lagi untuk melakukan psychological Test (CMIIW). Sedangkan untuk test kesehatan dilakuin sama Bio Test.

 
1. Online Registration.
Disini adalah proses adminstrasi seperti biasa ya, ane waktu itu daftar kebetulan lewat 2 jalur, 1 lewat website resminya bank resona, dan yang 1 nya lagi lewat salah satu job portal yang lumayan besar (J**S****t). Seperti biasa di tahap ini ga ada yang spesial ya, cuman isi data kalo di website resminya sama upload dokumen, seinget ane tuh di satu satuin gitu dokumennya via pdf combiner kalo ga salah. Kalo via job portalnya itu ya cuman apply sama isi doang udah gitu aja.
 
2. Performance Test.
Setelah nunggu beberapa hari, ane dikabarin bahwa dipanggil untuk performance test Bank Resona Perdania. Ga terlalu lama sih dari waktu ane apply sampai dipanggil ini. Testnya di adain tepatnya di Kemang, Jakarta Selatan, tepatnya di LPPI. Disini pertama ane kira, dari namanya itu kirain semacem tes kayak pengetahuan umum dll gitu. ternyata testnya itu adalah interview dari pihak HRD Bank Resona. Disini sebelum datang ane disuruh persiapkan dokumen seperti ijazah dan lain lain gitu, copyannya doang kok. Tapi kebetulan ane ngga bawa dokumennya, cuman bawa CV doang. hehe. Ya seperti pertanyaan HRD pada umumnya, pertanyaannya mengalir tergantung dari jawabannya kita, tapi mostly sih yang di bicarain ya tentang kita aja. just be yourself saja lah. Prosesnya ga makan waktu yang lama ya, cuman sekitar beberapa menit saja, dikarenakan hanya interview. Interviewernya pun hanya 2, ane waktu itu kebetulan dapet jamnya sore sekitar jam 3 ane lupa tanggalnya.
 
3. Test of Academic Potential, Toefl & General Knowledge Test.
Setelah beberapa hari atau minggu dari performance test, ane dikabarin bahwa ane lolos tahap performance test dan diundang untuk mengikuti test tahap ketiga ini. Tes tahap ini sesuai namanya, ya tes tes pengetahuan umum, pengetahuan dasar sama toefl. Tesnya itu dilakuin dari pagi jam 8 sampai jam 4 sore. Testnya juga di adain di LPPI Kemang ya gan. Tesnya cukup memakan waktu yang lama, ya dan tidak terlalu susah lah ya, seperti pada test test pengetahuan dasar pada umumnya. Yang pertama itu test pengetahuan dasar, testnya itu kayak test numerik, verbal, dll. Bener bener dasar kok untuk testnya, ane yakin agan agan juga pasti bisa ngerjainnya, tapi ya pake batas waktu. Selanjutnya setelah selesai test pengetahuan dasar ada test toefl. Untuk test toeflnya juga menurut ane tidak terlalu sulit, asalkan agan terbiasa dengan bahasa inggris ane yakin agan pasti bisa ngerjainnya. Setelah itu ada waktu istirahat, solat, makan. Disini yang ane ga sangka sangka, dapet makan gan! Nasi kotak gitu, isinya ayam bakar, nasi, sayur sama aqua. Bener bener deh ane kaget, pertama kalinya juga udah test kerja dikasih makan. hahaha. Setelah ishoma, kita lanjut test yang ketiga ya itu pengetahuan umum. Disini yang rada aneh ya, Soal testnya itu yang ditanya malah perusahaan Taspen, padahal kan ane lamarnya ke Bank Resona Perdania, mungkin karena ini yang ngadain pihak ketiga, dan pihak ketiganya itu belom bikin soal spesifik tentang Bank tersebut, jadinya ya gitu deh, tapi cuman 10 soal kok. 90 soalnya lagi kira kira bener bener pengetahuan umum, seperti pengetahuan ekonomi kayak moneter fiskal dsb. Abis itu ya bener bener kayak pertanyaan dasar yang menurut ane sih ga terlalu susah, ada juga kayak pertanyaan kayak siapa wakil presiden US saat ini dan yang bikin kaget, ada pertanyaan tentang fitur instagram, haha bener bener bikin kaget. Ohiya pada tahap ini, yang test itu ada 1 ruangan penuh, sekitar mungkin 150 orangan, tapi katanya sih ada gelombang selain gelombang ane gitu, jadi mungkin lebih dari 150 yaa. Kira-kira jam 3 udah pada selesai dan diperbolehkan pulang sambil menunggu hasil selanjutnya.
 
4. Psychological Test.
Secara mengejutkan, ane lolos tahap 3 dan ane diundang untuk test psychology. Nah disini tuh ngga disangka sangka, karena test psychologynya itu dari pagi sampe sore juga. Ane ga pernah tuh test psychology yang waktunya sepanjang itu, tapi emang bener sih, testnya itu cukup banyak, dan ane kebetulan nemuin beberapa test yang baru pertama kali ane kerjain gitu. Test andelan yang ditunggu tunggu semua orang juga ada ya, kayak Kraepelin sama gambar orang, gambar pohon, gambar 8 objek itu, standar lah yaaa. Disitu juga ternyata ada FGD nya (Focus Group Discussion), FGD nya ini menurut ane radaa aneh sih yaa, karena waktu itu dibagi kira kira per kelompoknya 7 orang. Abis itu dikasih judul aja, kebetulan waktu itu ane dapet judul tentang Asian Games. Jadi menurut ane bener bener luas ya, ga focus lagi. Bahasan tentang Asian Games itu kan banyak banget yang bisa dibahas. Jadi FGD nya kurang focus dan ngalor ngidul. Setelah itu sih katanya harusnya ada interview, namun dibatalin karena katanya udah barengan FGD aja. Jadi setelah FGD, ane lanjutin test test psychology yang ga pake batas waktu. Kira-kira sama sih, jam 3 udah pada pulang dan nunggu lagi hasil selanjutnya. Pada tahap ini, pesertanya itu hanya sisa 56 orang kalo ga salah, tapi ane kurang tau juga kalo masih ada gelombang yang lainnya yaa.
 
5. User Interview.
Ga disangka-sangka, ane di email dan di sms bahwa ane lolos tahap selanjutnya nih. Sebelum melanjutkan test ini, ane dapet e-mail yang berisi pengumuman bahwa ane lulus, dan juga persetujuan terkait peraturan jika ane diterima sebagai ODP di Bank Resona. Peraturannya itu mostly sama ya kayak peraturan pada perusahaan lainnya. Seperti ikatan dinas, masa pendidikan, dll lah, ane lupa ada banyak soalnya. Tapi ya gitu gitu aja sih. Jadi ane konfirmasi dan setuju akan syarat dan peraturan tersebut. Nah User Interview nya ini, rada berbeda ya sama test sebelumnya yang diadain di LPPI, sekarang udah di kantor pusatnya, yaitu di Menara Mulia, Jakarta Selatan. Disini ane dateng kepagian kayaknya yaa, diundang sekitar jam 9, tapi ane udah dateng setengah 8, maklum takut nyasar gan. hehe. Jam 8an ane lgsg aja keatas karena kebetulan ane sakit perut, jadi mau numpang diatas sekalian nunggu waktu. Yang mengagetkan, kantornya itu udah banyak orang walau baru jam 8, ga terlalu banyak sih tapi ane yakin kantor lain yang masuknya jam 9, ga seramai itu pada jam 8 pagi. Culture jepangnya sudah cukup berasa ya, disiplin waktu. Setelah nongkrong, ane masuk ke resepsionisnya, cukup ramah juga ya, bahkan bercanda dan lain-lain. Ane disuruh isi biodata dulu diruangan sendiri gitu. Lalu orang HR nya ada yang masuk terus interview singkat gitu, ngobrol ngobrol seperti biasa, pake bahasa inggris. Yah lumayan lah walau beleoptan ane masih bisa diajak ngomong sedikit, hehe. Ga lama, setelah jam 9, ane dipanggil untuk interview, disini ane diinterview sama 2 direksi bank Resona Perdania. Kalo gasalah sih direktur HR sama direktur kredit. Menurut ane cukup ramah, dan diplomatis yaa. Disini sih pertanyaannya menurut ane banyak pertanyaan entah menjebak atau ngetest. Tapi yaaa be yourself saja lahh. Ane didalem cukup lumayan lama dan ngobrolnya enak, sekitar 2 jam selesai, dipanggil lagi HRnya. Ane ngobrol ngobrol biasa aja sama HR nya, dan dia mau ngejelasin terkait peraturan yang ditulis kemarin. Disini juga dijelasin terkait numerasi masalah gaji dan lain-lain. (Untuk gaji mohon maaf rada rahasia ya gan, karena HR nya juga bilang bahwa confidential). Cukup besar untuk fresh graduate namun tidak cukup besar juga kalo untuk yang bukan fresh graduate, standard lah. Dijelasin juga terkait program ODPnya, yang bahkan mereka bilang katanya ada latihan militer segala. Untuk menyesuaikan culture mungkin yaa. Pada tahap ini sih ane kurang tau juga ya berapa sisa orangnya, tapi ane kira-kira mungkin 10-20 orang sisa pesertanya. Ane kurang tau pastinya.
 
6. Medical Checkup.
Setelah seminggu dari user interview, ternyata ane diundang untuk test kesehatan. Alhamdulillah bersyukur ga disangka-sangka, medical checkupnya ini dilakuin di Bio Test namanya, labnya ada di Menteng, ga terlalu jauh. Testnya cuman mencakup test urine, test darah, rontgen, sama test kesehatan. Testnya itu dari jam 7 yaa sudah harus datang, dihimbau untuk puasa 10 jam. Jadi sebelomnya ane sudah puasa dari jam 9. Testnya seperti test MCU pada umumnya, namun test fisiknya kayak cuman ditanya tanya tentang fisik kita, mata, telinga, dll. Paling cuman ada test buta warna dan di periksa pakai stetoskop aja. Cukup singkat, abis itu udah pulang. Pada tahap ini ane kurang tau juga sisa berapa orang, tapi ane ngobrol sama orang yang kebetulan katanya test juga di resona sekitar 5 orang, mungkin ada juga yang test di tempat lain, atau belum datang jadi ane kurang tau berapa. Perkiraan ane sih ya sekitar 10 orang mungkin ya.
 
 
B. Join the Team
 
Setelah selesai semua recruitement stagenya, ane dapet pengumuman bahwa ane lulus seluruh perhelatan yang di gelar oleh LPPI dan Bank Resona ini. Kita semua langsung dipanggil untuk dapat menghadiri penanda tanganan kontrak secara bersama-sama. Nah disini baru ketawan nih, yang diterima sebagai ODP angkatan pertama itu 10 orang gan, tapi ada 2 orang kalo ga salah yang ga dateng pas penandatanganan. Jadi kita waktu itu ber8 tandatangan kontrak bareng-bareng. Ga disangka-sangka, setelah kita tandatangan kontrak, besoknya LANGSUNG disuruh masuk dan ikut latihan militer yang namanya SAMAPTA. Cukup kaget sih, karena udah kebiasaan libur panjang, tiba-tiba langsung besok itu juga berkomitmen untuk bangun pagi tiap hari, hehe. Kita ber8 disuruh mempersiapkan bawa peralatan dan mental untuk besok kita latihan militer. Oke deh, karena kebetulan ane juga notabene suka olahraga, jadi ane sih seneng-seneng aja dan siap buat jalanin.

1. SAMAPTA Days.
Jadi sebelum SAMAPTA ini pun, semaleman ane browsing tentang SAMAPTA. Itu makhluk macem apaan sih ane ga pernah denger sama sekali dan rada takut juga karena kan ga pernah ya latihan militer gitu. Nemu-nemu hasil browsingan, baca-baca, kebetulan ada yang ngeshare pengalaman SAMAPTA tersebut dari salah satu Bank BUMN dan tempat latihannya pun sama seperti tempat yang akan kita kunjungi. Alih-alih hilang rasa penasaran, rasa takut dan deg-degan pun malah timbul. ADA JURIT MALAMNYA GAN. Jujur ane bisa dibilang lelaki yang rada suka berolahraga dan rada berani sama orang, tapi jujur kalo sama setan ane paling cupu kayaknya deh gan. hahaha.

Lanjut cerita, ternyata ada 2 orang tambahan yang bergabung bersama kita dan kita ber 10 langsung. Dan bener dong, ternyata kita dijemput special khusus dengan kendaraan special juga, mobil hijau ala tentara. Ohiya buat informasi, kita berSAMAPTA ria itu cuma 3 hari untungnya, berlokasi di kostrad, cilodong. buat yang ga tau, ada di deket Jalan Raya Bogor, belakang Gunadarma Kelapa Dua lah. Nyampe di TKP, kita disambut oleh para prajurit pria tak berambut dan wanita muda yang berseragam lengkap menyanyikan lagu untuk kita. Cukup bersemangat dan meriah ya, saya sampe terkagum-kagum, bisa-bisanya mungkin sekitar 60-70 orang nyanyi bareng kompak banget dan masih punya jiwa semangat yang tinggi, padahal saya bayanginnya aja udah stres duluan kayaknya latian militer ini. hahaha. 

Usut punya usut, para lelaki tak berambut dan wanita yang menyambut kita merupakan gabungan dari 2 Bank BUMN yang sudah 4 hari menjalani hari-hari di camp tersebut. Kita disuruh banyak belajar sama mereka terkait peraturan dan lagu-lagu yang harus apal. Ternyata! gimana ga hapal itu mereka lagunya, DINYANYIIN TERUS gitu loh selama disana, gimana ga ngelotok coba? Bahkan ane yang mungkin udah 5 bulan lulus dari SAMAPTA itu ya, MASIH APAL COY! Luar biasa banget emang itu cuci otaknya di latian militer. 

Ane singkat aja kali ya biar cepet, kegiatan kita cukup menarik dan banyak. Pagi senam (dibaca : disiksa), siang senang-senang (dibaca : disiksa), malam pun hepi-hepi (dibaca : disiksa). Yaa latihan setengah militer sih bisa dibilang, dikit dikit push-up, squat jump, dll lah. Tapi banyak kegiatan-kegiatan yang beneran seru juga sih, seperti masuk jalan tol, diving, refling, jalan ke hutan, games lempar piso kayak pak eko dan hari terahir itu JURIT MALAM. Jujur ane pengen banget cerita tentang seluruh kegiatan yang cukup berkesan banget disana apalagi JURIT MALAMnya, tapi takut kepanjangan mungkin nanti ane lanjutin di lain waktu. Tapi overall, SAMAPTA ini sangat berkesan dan saya cukup senang dan yakin tidak akan melupakan hal tersebut kayaknya ya, karena seru dan berkesan banget, tapi ga mau lagi. hehehe.

Ohiya, sebelom panjang lebar lagi, program ODP Bank Resona ini waktunya 9 bulan, terdiri dari 4 fase :
a. Klasikal 1, kita kayak kuliah lagi di LPPI. (2 bulan)
b. OJT 1 yaitu kita terjun ke kantor tapi mostly kayak cuman liat-liat orang kerja aja sih (3 bulan)
c. Klasikal 2 yaitu kita kuliah lagi untuk kedua kalinya di LPPI, dan yang terahir kita (1,5 bulan)
d. OJT 2 yaitu kita lebih fokus di 1 divisi dan sudah sedikit bekerja dan membantu divisi tersebut. (2,5 bulan)

2. Klasikal 1
Nah setelah kita team-building dan berkenalan dengan lebih dekat dengan tim BRP selama 3 hari di SAMAPTA. Kita melanjutkan dengan Klasikal 1 namanya. Disini kita bener-bener kayak kuliah lagi, dengan materi-materi perbankan, seperti tentang bank resona, akuntansi, finance, macro ekonomi, credit, dll. Ya seperti layaknya mahasiswa yang sedang kuliah, kita disibukkan dengan belajar, membuat resume, dan ujian setiap minggu di hari senin. Mungkin bagi yang tidak familiar dengan akuntansi, disini mungkin fase kaget dan mau ga mau ya harus bisa. Disini kita habiskan kurang lebih selama 2 bulan lah ya.

3. OJT 1
Setelah Klasikal 1 selesai, kita masuk ke kantor Bank Resona yang berada di pusat (Menara Mulia, Kuningan). Semuanya di tempatin di sana, ga ada yang dicabang. Kita di gilir ber 2 - ber 2 untuk mempelajari 5 divisi selama 13 hari per divisi di divisi berikut :
a. Credit Analyst
b. Risk Management
c. Operation (Frontliner, Back Office, Trade Finance)
d. Treasury
e. Marketing

Tugas kita disini mempelajari secara langsung, proses, produk, dan apapun yang bisa kita pelajari deh yang ada divisi tersebut selama 13 hari. Biasanya mentornya itu ngetest kita juga sih, kita udah belajar apa aja. Dan outputnya ahirnya kita disuruh membuat ppt dan saran apa yang bisa diberikan kepada divisi tersebut dan di presentasikan di depan HRD, Mentor LPPI, dan Mentor Divisi (biasanya Kepala Divisi). Setelah itu pun kita disuruh membuat paper terkait saran yang kita berikan ke divisi tersebut. Nah gitu-gitu terus deh selama 5x. Saya ngerasain sih, staff-staff yang ada di Bank Resona ini cukup membantu dan sangat friendly sih menurut saya, jadi nyaman aja gitu belajar juga ga dibawa stres.

4. Klasikal 2
Setelah selesai kita mempelajari secara langsung keadaan Bank Resona Perdania, kita balik ke LPPI untuk refreshment dan pendalaman materi yang lebih dalam lagi terkait perbankan ke LPPI lagi. Tugas dan resume-resume pun kembali kita harus buat, ujian pun tiap minggu harus kita hadapi. Tapi di klasikal ke2 ini juga kebanyakan materinya soft skill. Jadi cukup seru lah ga ngantuk ngantuk banget kayak belajar hard skill. Nah disini juga ada ujian sertifikasi General Banking level 1. Isinya ya tentang perbankan secara umum, saya ngerasain sih pas ujian emang susah banget, ga seperti try outnya. 

5. OJT 2
Setelah selesai semua, kita balik lagi ke headquarter. Tapi kali ini, kita udah di tempatin di salah satu divisi dan fokus di divisi tersebut selama 2,5 bulan kurang lebih. Fokus kita udah belajar disana lebih dalam, dan membuat satu proyek dan satu makalah. 

Sampai saat ini sih (13 Maret 2019) kebetulan ane baru aja mau masuk lagi ke OJT 2, jadi belum bisa cerita banyak terkait OJT 2. Nanti bakal ane update lagi terkait informasi ODP Resona yang mungkin bisa jadi panduan temen-temen yang mau ikut ODP Resona Batch 2 (Kalo ada). Mungkin kalo ada yang mau tanya, bisa langsung tanya aja kalo sempet ane bakal bales.

Thanks gann..
abiski
abiski memberi reputasi
0
3K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan