alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Dawet Kemangi, Semangkuk Kesegaran dari Daerah yang Gersang
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d3d92d782d4956ddd13e61d/dawet-kemangi-semangkuk-kesegaran-dari-daerah-yang-gersang

Dawet Kemangi, Semangkuk Kesegaran dari Daerah yang Gersang



Dawet Kemangi, Semangkuk Kesegaran dari Daerah yang Gersang

Ngawi menurut ane daerahnya termasuk panas nih.. untung nggak macet emoticon-Ngakak (S) Nah untuk mencari kesegaran untuk melepas dahaga sebenarnya banyak sih, mulai dari es teh dipinggiran jalan, es oyen bandung, es cincau, jus buah, es buah, sup buah juga ada, namun ada satu yang khas dari daerah ane nih, yaitu Dawet Kemangi.

Dawet kemangi, didengar dari namanya seperti ada sebuah rasa yang tercampur dengan kesegaran daun kemangi yang biasa dijadikan lalapan, pastilah tak terkira rasanya.. namun agan salah, kemangi yang diambil adalah bijinya, alias selasih.. emoticon-Betty (S)
Berbeda dengan dawet Jepara, dawet ayu rumput laut, dawet Ayu Banjarnegara yang ada irisan nangkanya, dawet Jabung Ponorogo yang penyajiannya unik.

Dahulu berjualan dawet merupakan sarana bagi kaum perempuan mencari Jodoh. Mereka berjualan dawet di pinggir jalan dan di tempat-tempat keramaian. Cara menyuguhkan Dawet Jabung sangat khas dan terkait dengan ajang pencarian jodoh.

Dawet Kemangi, Semangkuk Kesegaran dari Daerah yang Gersang

Penjual menyuguhkan dawet di dalam mangkok kecil dengan alas sebuah piring kecil atau “lepek”. Kemudian pembeli mengambil mangkuk dawetnya. Saat ada pemuda yang berminat menjadikan mereka pendamping, pemuda itu akan mengambil “lepek” alas dawet, bukan mangkok dawetnya. Jika gadis penjual berkenan menerima, maka lepek itu akan dilepaskan. Sebaliknya, jika tidak berkenan maka lepeknya tidak akan dilepaskan. Begitulah sejarah Dawet Jabung, sayang sekali ane tak menemukan sejarah Dawet Kemangi, untuk Dawet Kemangi disini memiliki campuran yang ga terlalu banyak.. namun menunya lumayan nih .. ada macam-macam..

Dawet Kemangi, Semangkuk Kesegaran dari Daerah yang Gersang

Penyajian Dawet Kemangi menggunakan mangkok ayam jago dengan sendok bebek yang memudahkan dalam mengambil dawetnya ~

Harga yang diberikan juga cukup terjangkau, hanya Rp.8000 dan agan sista sudah bisa mendapatkan semangkuk dawet kemangi ini.

Dawet ini tersebar di kota Ngawi cukup banyak jadi tidak perlu susah-susah untuk mencarinya, seperti di Jalan Diponegoro dekat pasar besar Ngawi sering mangkal dengan menggunakan mobil dan dia berjualan di belakangnya gitu.. di dekat rumah sakit Widodo juga ada dawet Kemangi ini.. namun yang terkenal adalah dawet Kemangi pak Itono yang berada di jalan Jaksa Agung sebelah Polres Ngawi dan biasanya buka pada pagi jam 9 an hingga sore jam 5 an, karena setelah itu yang berjualan ganti lagi ..

Dawet pak Itono di jagain oleh istrinya jika pak Itono nya sibuk, seperti kali ini, yang jaga warung dawet Kemanginya adalah istrinya karena Pak Itono sedang berjualan di stand Alun-alun karena di sana sedang ramai pameran, bertepatan dengan hari jadi Kota Ngawi sehingga ramai sekali di bulan Juli-September.

Dawet Kemangi dibuat seperti dawet pada umumnya yang menggunakan periuk batu merah agar rasa tradisionalnya tetap terjaga emoticon-Embarrassment

Dawet Kemangi, Semangkuk Kesegaran dari Daerah yang Gersang

Penyajiannya yang sederhana tak membuat ribet pembeli,langsung hap emoticon-Ngacir

Dawet Kemangi, Semangkuk Kesegaran dari Daerah yang Gersang

Isiannya tidak terlalu ribet nih.. dawet dengan potongan nangka, tape ketan dengan kuah santan yang gurih dipadu gula jawa yang manis..

Dawet Kemangi, Semangkuk Kesegaran dari Daerah yang Gersang

Selain Dawet Kemangi, pak Itono juga jualan es yang lain loh.. ada es Tangisan juga.. apatuemoticon-Bingung (S) Nanti ya kalau ada event lagi ku review emoticon-Ngakak (S)
Dawet Kemangi, Semangkuk Kesegaran dari Daerah yang Gersang

Namanya bikin penasaran nih banyak yang pake kode-kodeanemoticon-Hammer

Dawet Kemangi, Semangkuk Kesegaran dari Daerah yang Gersang

Bukti Ts beli ..gak delivery lagiemoticon-Ngakak (S)

Oh ya disini juga ada camilan Rica kelinci sama bekicot emoticon-EEK! harganya 3000an..

Dawet Kemangi, Semangkuk Kesegaran dari Daerah yang Gersang
Dawet Kemangi, Semangkuk Kesegaran dari Daerah yang Gersang

Dengan 50.000 agan sista sudah bisa mendapatkan dawet beserta jajarannyaemoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ibliss666
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
profile-picture
yukinura memberi reputasi
Menggoda sekali nih.. Panas2 gini.. Swgwrr
profile-picture
profile-picture
yukinura dan ibliss666 memberi reputasi
segerrr ya
profile-picture
profile-picture
yukinura dan ibliss666 memberi reputasi
whoaaa lama ga liat trit ht emoticon-Perancis


yaiyalah jarang ngetrit suruh ht darimaneemoticon-Betty (S)
profile-picture
yukinura memberi reputasi
Wah, boleh nih dicoba gan. Ane baru tau nih kalo ada dawet kemangi. Ntar kapan kapan ane cobain deh, kayanya seger kwkwk. Thanks gan udah sharing, Cendol meluncur Te es emoticon-2 Jempol emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
yukinura dan ibliss666 memberi reputasi
duh es sm rica bkicotnya enak tuhh. klo klinci ane gatega uyy makannya emoticon-Malu
profile-picture
yukinura memberi reputasi
itu ts? serem amat ts nama id nya uyemoticon-Takut

Manis2 id nya nyeremin wkwkw
profile-picture
profile-picture
yukinura dan bedypop memberi reputasi
#7
dawet kemangi?
ane baru sekali ini deh denger nama dawet kemangi, belum pernah ane denger dan minum deh rasanya
tapi dari namanya aja udah unik, lalu gimana dengan rasanya ya?
biar begimana pun namanya dawet mah seger sih harusnyaaaa hahahha
gass cobaaaa ahh!emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan
profile-picture
yukinura memberi reputasi
Syegernya terasa nich
Quote:

yang kedaftar kreator id yang itu soalnyaemoticon-I Love Kaskus
Quote:


Oh gituuu, maapp sist wjwkw tritnya bagus si emg
Quote:


Wkwk bener juga ntah kenapa makanan dari daging kelinci tuh ane juga ngga tega makannya, mungkin karena taunya kelinci tuh lucu trus buat peliharaanemoticon-Big Grin
es dawet kemangi penyajiannya yg beda sama es dawet biasanya dengan tambahan kemangi. Jadi penasaran sama rasanya kebetulan ane suka dawet wkwk
waduh keliatannya seger banget nih jam makan siang mesen es ginian emoticon-Matabelo
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
duh siang siang gini salah bener ane liat thread isinya es es gini, panas pengennya nyari dawet aja, plus ini ane baru denger juga nih ada dawet kemangi, pasti wangi banget nih dari namanya aja mah. udah kebayang kesegerannya, murah pulaak
Naah, kirain es dawetnya ada daun kemanginya ... nyatanya gak adaemoticon-Hammer2 aaiish, baru liat penampakan TS, cantik jugaemoticon-Jempol
wuah mengugah selera banget yah, gak kalah sama minuman minuman hits jaman now
Duh minuman favorit ane banget ini. Ampe ngeces ane ngeliatnya. Di jakarta ada ga ya yang beginian
mantul nih gan... seger yee kan.. bisa jd rekomendasi makanan minuman...
emoticon-Jempolemoticon-Jempolemoticon-Jempolemoticon-Jempol
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di