RetnoQr3nAvatar border
TS
RetnoQr3n
Minuman Segar Dan Bisa Goyang-goyang dari Tanah Sunda, Es Goyobod
Minuman segar khas sunda



Hai Agan Sista yang keren bin kece. Untuk meramaikan festival kreator jajanan segar kali ini, ane mau memperkenalan jajanan segar dari tanah sunda.

Apa tu?
Yups,es goyobod.



Dokumen Pribadi


Ada merasa aneh dengan nama ini? Sama, saya juga pertama kali denger es goyobod terasa asing di telinga. Mungkin, karena saya berasal dari Jakarta dan baru beberapa tahun tinggal di tanah sundaini. Berdasarkan sumber dari Okezone.com, nama goyobod berasal dari bahasa belanda yang artinya basah. Beradasarkan cerita dari orang asli sini, nama goyobod dipakai karena ketika goyobod itu diangkat, dia goyang-goyang. Jadilah dinamakan goyobod.
emoticon-Ngakak


Spoiler for Goyobod goyang-goyang:

dokumen pribadi


Es asli dari tanah sundaini merupakan jajanan murah pelepas dagaha yang uenaknya poool, plus ga bikin kantong melintir. Kenapa? Karena rasa segar, manis, dan gurih bersatu dalam es goyobod. Rasa segar ini didapatkan dari penyajiannya dengan ditambahkan es. Iya, kan namanya juga es goyobod. emoticon-Ngakak

Rasa manis berasal dari gula dan susu kental manis yang ditambahkan dalam kuahnya. Satu lagi adalah rasa gurih yang merupakan rasa dominan, karena kuahnya berbahan baku santan. Sehingga, rasa gurihnya ga perlu diragukan lagi.

Adapun untuk isi es ini, seperti halnya es campur. Pada dasarnya sesuai selera. Ada yang menambahkan kelapa, mutiara, alpukat, tape, ataupun tape ketan hitam. Tapi satu hal penting dan tidak boleh terlupa yang merupakan inti dari inti es goyobod ini adalah goyobodnya itu sendiri.

Goyobod merupakan campuran tepung hankue dengan campuran bahan lainnya, yang dimasak dan didinginkan hingga menyerupai jelly atau agar-agar. Teksturnya yang sangat lembut dan kenyal, membuat es ini semakin memiliki variasi. Kenyalnya goyobod dan kriuknya kelapa bersatu di dalam mulut bersama kuah santan es goyobod, bikin meleh rasanya ga bisa dilupakan. Sensasi asam manis tape ketan hitam yang ditambahkan di dalamnya, menambah cita rasa es goyobod ini.

Gimana, udah terasa segarnya? Belum, ya. Nah, makanya, ini rekomendasi banget untuk Agan dan Sista yang seneng kuliner. Kalo jalan-jalan ke Bandung, Garut, Tasik, ataupun daerah sunda lainnya, belum afdhol kalo belum nyobain es goyobod.

Agan dan sista bisa mendapatkan es ini di beberapa tempat. Ada yang menjajakkan es ini dengan gerobak. Biasanya dijual sektlitar 1.000 - 3.000. Ane kemaren beli Rp. 2.000.


dokumen pribadi


Ada juga di rumah makan, tapi memang harganya lebih mahal. Kemaren ane beli dengan harga enam ribu rupiah.


Dokumen Pribadi


So, keputusan ada di tangan agan dan sista. Mau yang di gerobak atau di rumah makan. Yang jelas tetap enaaak.

Oh iya, satu lagi nih. Ada pilihan yang lebih hemat, yaitu bikin sendiri di rumah. Tenang aja, cara bikinnya is very easy. Asalkan ada kemauan dan usaha, juga pastinya harus ada bahan-bahannya ya.

Apa aja tuh bahannya?

Coba agan sista siapkan tepung hankue, gula pasir, air, susu kental manis (ini untuk bahan goyobod). Lalu siapkan juga santan dan air gula merah (ini untuk kuahnya). Jangan lupa bahan pelengkap kelapa, mutiara, tape ketan hitam, alpukat, dsb (sesuai selera).

Untuk cara membuatnya, agan sista bisa cek video ini :

Spoiler for Cara Membuat Es Goyobod:


Okeh, semoga bermanfaat ulasan jajanan es goyobod ini.

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star


Salam Literasi,
Retno Qren (RetnoQr3n)
Diubah oleh RetnoQr3n 24-07-2019 06:00
YulianAnggita
081364246972
tien212700
tien212700 dan 12 lainnya memberi reputasi
13
3.8K
64
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan