alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
SIM Berlaku Seumur Hidup Bagi Lansia, Wacana atau Mitos, ya?
4.88 stars - based on 8 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d2835237e3a7220f17cec8b/sim-berlaku-seumur-hidup-bagi-lansia-wacana-atau-mitos-ya

SIM Berlaku Seumur Hidup Bagi Lansia, Wacana atau Mitos, ya?

Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 6
Enak tuh kalau seumur hidup ga perlu capek -capek ngurus perpanjangan SIM
udah lansia mau jalan kemana emang nya sih...hehehe
ide yang bagus tuh, gan...!!! lansia diberi SIM seumur hidup, sesuai dengan program pemerintah
untuk mengurangi kepadatan penduduk
profile-picture
iskrim memberi reputasi
orang tua seharusnya sudah tidak mengendarai kendaraan bermotor, karena kewaspadaan nya mungkin sudah berkurang. tak seperti ketika masih muda
profile-picture
iskrim memberi reputasi
lebih baik jgn lah udah lewat masanya emoticon-Ngakak
Emangnya KTP seumur hidup emoticon-Big Grin

semakin bertambah usia, kemampuan motorik seseorang akan menurun. Yang dulu fit semakin tua jadi mudah sakit. Meski ini tergantung gaya hidup. Tetapi secara umum biasanya seperti itu. Penglihatan orang tua pun semakin menurun seiring bertambahnya usia.

Jadinya tentu jika ada kebijakan sim seumur hidup itu kurang pas di terapkan.
profile-picture
iskrim memberi reputasi
wacana goblok pks emoticon-anjing
Bahaya dong.. kalo dah nenek” naik motor..
ane berharap untuk semua usia diatas 30tahun aja.. dibikinin sim seumur hidup.
justru klo usia lanjut mestinya g boleh bw kendaraan sendiri.kasihan🙄
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Harusnya tetep ga ada keistimewaan...mau perpanjang sim sah2 aja tapi klo emang udah ga sanggup berkendara ya stop aja lah....emoticon-Ngacir
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Ane kasih perbandingan aja yah, kalau menimbang penting atau kegunaan perpanjanang sim di indonesia sih silahkan aja masing2, gampang masukin nalar dan logis serta penyanggahnya.

Ane kasih perbandingan di inggris aja. Buat bikin sim, ada beberapa tahapan, buat mobil biasa, ada test tertulis ama tes praktik.Buat motor test tertulis ama 2 kali praktek, mod 1 ama mod 2.
Test tertulis dikerjain di komputer dibagi 2 macem, tes tentang rambu2 dan pemahaman lalu lintas dan peraturannya, dan yg kedua test kesigapan mengidentifikasi bahaya, berbentuk video dimana kita kudu mencet tombol mouse ketika mengidentifikasi bahaya, ada pointnya, timingnya kudu pas buat dapet angka penuh di setiap soalnya, kalau telat poin berkurang satu per satu.

Test praktek penguji duduk disamping sopir, ngintruksiin buat pergi kemana, berenti, atau parkir di tempat tertentu, terus ngikutin arah rambu, ada cek list nya, mayan susah.
Buat motor mod 2 sama kayak mobil, bedanya penguji ada di belakang, bisa naik motor atau mobil. Mod 1 di areal parkir,mulai dari tes nuntun motor, tes slalom, belok u turn, belok kecepatan sedang, akselerasi, rem ngedadak.

Kalau lulus tes, sim berlaku sampe umur 70 taun, kalau udah 70 taun setiap 3 taun sekali butuh tes kesehatan. Masa berlaku sim juga ada, tapi cuman buat ganti foto doang kalau dah 10 taun biar up date lah komuknya.

Abis punya sim, ga bisa langsung pake mobil atau motor, kudu bayar asuransi dulu, minimalnya asuransi buat pihak ketiga sama kehilangan, sapa tau nabrak orang ya minimal orang yg ditabrak ditanggung ama asuransi. Asuransi bakalan nyatu ama kendaraan, misal si A punya mobil B, asuransi A buat mobil B, ya si A cuman bisa pake mobil B, kalau ada temenya atau sodara minjem mobil B ga bisa juga kecuali punya asuransi barengan.

Kalau umur masih muda, asuransi mahal banget, kendaraan mahal asuransi lebih mahal, kendaraan sport juga lebih mahal, sampe warna atau kimpoi atau belum bisa ngerubah nilai asuransi. Makin berumur, makin lama berlaku simnya, makin murah asuransinya, karena dianggap lebih handal dan lebih matang.

Sim bisa dibatalin kalau ngelanggar berat dan ada keputusan pengadilan, bisa juga di banned sementara. Sim bisa dibatalin dengan permintaan sendiri dengan alasan kesehatan, atau faktor fisik lainnya.

Semua orang yg ane kenal buat bikin sim bakalan ikut kursus atau kelas mengemudi atau mengendarai motor dulu, khusus motor kudu minimal ikut pelatihan disebut cbt buat bisa ngendaraain motor kecil max 125cc tanpa ngebonceng atau masuk tol, dan baru ikut kursus atau kelas mengendarai. Di sini semua trik dan tips keluar tentang yg harus atau jangan dilakuin, mulai dari yg ecek2 sampe yg utama.

Sekarang tinggal dibandingin aja perilaku pengemudi, jumlah kecelakaan dan lain2nya, apa iya alasan kemampuan berkendaraan bisa disaring dengan sistem perpanjangan yg ada?
profile-picture
profile-picture
hhendryz dan iskrim memberi reputasi
Quote:


Nimang mahmud emoticon-Big Grin
Quote:


Quote:


Quote:


Pejwan gan emoticon-Smilie
good gan
Quote:


Quote:


Yoyoooi emoticon-Big Grin
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


All di pejwan gan emoticon-Smilie
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


All di pejwan gaan emoticon-Big Grin
profile-picture
zeeblur memberi reputasi
Quote:


Ala Larry... emoticon-Leh Uga
bener juga kelebihan sama kekurangan yang disampein sama ts... tapi kalo kekurangan harusnya udah kesadaran ya kalo sekiranya badan dah ga kuat atau konsentrasi menurun gitu yauda gausah bawa kendaraan... minta antar anak cucu wkwkw
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Halaman 4 dari 6


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di