ceuhettyAvatar border
TS
ceuhetty
Permainan Tradisional Yang Menggunakan Karet Gelang, Masihkah Ada Yang Tau?
Hai Agan dan Sista, apakabar semua? Insyaallah baik semua ya? Semoga segera disembuhkan jikalau ada Gansist yang kebetulan lagi gak enak badan. Aamiin.



Kali ini saya mau mencoba mengingat-ngingat permainan diwaktu saya masih kecil. Kenapa harus diingat sedemikian rupa? Memangnya sudah lupa?

Mungkin dikarenakan faktor "U" jadi saya udah inget-inget lupa Gansist. Selain itu juga, dikarenakan anak zaman sekarang nyaris tidak ada yang bermain seperti halnya saya diwaktu kecil.

Gansist taulah kids zaman now lebih disibukkan oleh permainan di gadget yang lebih praktis dan bersih. Hal demikian membuat permainan masa kecil seperti saya dulu semakin terlupakan.

Padahal permainan tradisional banyak sekali manfaatnya bagi pertumbuhan seorang anak. Selain bisa mengasah kecerdasan, melatih kemampuan motorik juga meningkatkan kemampuan bersosial, serta belajar mengajarkan sebuah kerjasama dan yang lain-lainnya.

Sepertinya jenis permainan-permainan dimasa saya kecil hampir semuanya sudah dibahas oleh teman-teman yang sudah lebih duluan buat thread. Wah, apa itu berarti disini banyak yang seumuran yaa..?

Karena itu, saya mau ngebahas permainan tradisional yang lebih spesifik. Seperti permainan tradisional yang menggunakan mediator karet gelang.

Kenapa disebut karet gelang? Karena benda berbahan karet ini memang menyerupai gelang Gansist! Pada umumnya karet gelang digunakan untuk mengikat sesuatu agar lebih rapi, sama halnya dengan fungsi tali lainnya.

Karet gelang juga mempunyai ragam warna dan ukuran. Selain digunakan untuk tali dalam kehidupan sehari-hari, anak-anak zaman old memanfaatkan karet gelang tersebut sebagai media berbagai permainan seperti dibawah berikut ini.

1. Lompat tali

Spoiler for lompat tali :


Pertama karet gelang dibuat tali dengan cara disimpul hingga memanjang dan cukup untuk melakukan permainan lompat tali. Untuk memperkuat tali, biasanya anak-anak menggunakan lebih dari satu karet gelang di tiap simpulnya.

Permainan ini mempunyai tingkatan, setiap pemain yang berhasil melalui satu tingkatan maka berhak melanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi.

Permainan ini mengharuskan memiliki pemain minimal 3 orang, dua orang untuk berjaga memegang ujung karet dan yang lainnya melakukan permainan.




2. Tiup Karet

Spoiler for tiup karet :


Permainan ini dilakukan ditempat datar, seperti ubin.

Cara bermainnya adalah dengan cara meniup karet sekencang mungkin jika bisa menimpa karet gelang milik temannya maka dialah pemenangnya.

Hal ini dilakukan secara bergiliran.




3. Seni tangan

Spoiler for seni tangan :


Gansist, permainan ini membutuhkan trik dan keahlian khusus nih. Karena gak semua anak bisa membuat kreasi tangan dari karet gelang ini.

Biasanya dari dua buah gelang akan dibentuk menyerupai rumah, bintang, pesawat, binatang, kuburan bahkan celana dalam.




4. Ketapel

Spoiler for ketapel:


Ketapel ini tidak menggunakan batu sebagai pelurunya. Cara membuatnya juga mudah. Karet dipasang diantara ranting pohon yang bercabang dua. Setelah jadi, ketapel siap digunakan untuk berburu cicak, misalnya.




5. Estafet karet

Spoiler for estafet karet :


Sekarang, permainan ini kerap diadakan saat perayaan Kemerdakaan Indonesia 17-an.

Cara bermainnya dilakukan oleh sekelompok orang dengan cara memindahkan karet melalui sedotan yang hanya digigit oleh mulut dan tidak boleh dipegang oleh tangan.

Siapa yang lebih cepat sampai garis finish tanpa menjatuhkan karet gelang tersebut maka merekalah yang menjadi pemenangnya.




•••¤•••



Nah demikianlah Gansist, permainan tradisional yang menggunakan mediator gelang karet atau karet gelang. Barangkali Gansist punya permainan yang lainnya? Sok boleh berbagi dibawah yaa ....

Oh ya, Gansist! Di zaman saya kecil, karet gelang juga terkadang saya pake buat menghapus tulisan pensil alias penghapus dadakan. Caranya mudah kok, karet tinggal digulung aja dibagian kepala pensil, sudah jadi deh.

Selain dijadikan penghapus darurat saya juga terkadang memakai karet gelang sebagai pengikat rambut lho!

Wah, ternyata Si karet gelang multifungsi yaa? Atau jangan-jangan karena anak-anak zaman old-nya aja yang terlalu kreatif.

Nah, Gansist! thread saya kali ini rupanya dicukupkan sampai disini saja. Selamat bernostalgia dan jangan lupa bahagia. Umur boleh tua semangat tetap harus seperti jiwa-jiwa muda. See you...











Writer : Ceuhetty
Referensi : Here

Diubah oleh ceuhetty 16-07-2019 16:59
febrianaryna
tata604
swiitdebby
swiitdebby dan 30 lainnya memberi reputasi
31
7.2K
170
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan