rykenpbAvatar border
TS
rykenpb
Manfaat dan Filosofi Permainan Masa Kecil yang Jadul





Assaalamu 'alaikum wr wb guyz! Apa kabar nih?

Kita flashbackdulu yuk. Tentang kenangan indah yang tak lekang sepanjang masa. Apa tentang mantan terindah? Mantan sih bukan kenangan terindah tapi pahit empedu emoticon-Ngakak (S). Btw, bagaimana juga dengan masa kecil agan sista? Pasti seru 'kan! Yuk reunian bareng ane nih gansis. Barangkali di antara agan dan sista dahulu teman sepermainan ane hehe. Atau kemungkinan agan sista teman setelah masa unyu-unyu alias masa puber-puberan di mana ada baper-baperan emoticon-Big Grin.

Bila membahas tentang masa unyu-unyu. Wih jadi reuni masa lalu nih. Otomatis rekam jejak jaman jadul alias jaman baheula lagi. Di mana segala permainan dijabanin. Meski sekalipun itu permainan anak lelaki. Ane sih mainnya sama anak laki juga gansis. Dan satu yang pasti anelah yang paling culun emoticon-Ngakak (S).

Guyz! Masa kecil itu terlampau indah bagi ane. Bagi agan sista pasti lebih seru juga 'kan. Serunya di mana? Ya pastilah di mana segalanya terasa indah. Setuju gak gansis?

Pastilah segala permainan masa kecil agan sista sudah pernah jabanin. Kali ini ane mau nge-share beberapa permainan yang ane mainkan tempo dahulu. Kali aja kita samaan guyz. Kita sejaman.

Btw, permainan jadul masih sering ane lihat dimainkan saat ini. Seperti yang agan sista ketahui perbedaan permainan jadul dan permainan jaman sekarang hanyalah terletak pada kecanggihan teknologi yakni belum adanya alat komunikasi bagi anak jaman dahulu seperti smartphone, Ipad, PS dan etc-lah.

Permainan telepon-teleponan pada jaman dahulu hanya menggunakan kaleng yang dibolongin terus diberi seutas benang panjang. Selanjutnya dua anak mengambil posisi yang jaraknya saling berjauhan untuk berkomunikasi. Ini adalah salah satu permainan masa kecil ane, yang akan ane share ke agan sista. Yuk cekidot!


- Telepon kaleng




Sebelumnya ane sudah bahas sedikit tentang permainan ini. Selain itu juga akan membahas sedikit manfaat dari permainan-permainan kecil yang ane mainkan berdasarkan pemahaman ane sendiri.

Dari permainan telepon kaleng kita bisa memperoleh begitu banyak ilmu apa pun itu. Andai nih guyz. Jaman ane sekolah selengkap sekarang pastilah dari permainan telepon kaleng ini bisa mempelajari tentang ilmu bunyi, getaran juga gelombang. Tapi dahulu ane hanya bisa memainkan saja guyztanpa pembahasan yang teope begete kayak sekarang.

Permainan ini menurut ane dapat mengajarkan beberapa makna kehidupan selain dari ilmu yang ane sebutin di atas. Di antaranya anak-anak diajarkan cara berinteraksi, berbagi, kekompakan juga membantu syaraf motorik anak-anak. Kejelian, ketajaman pendengaran dan pastilah ada rasa penasaran dari anak-anak mengapa bisa terdengar suara melalui telepon kaleng, ada gelombang, bunyi/suara yang dihasilkan dari getaran rambat.


- Permainan balap ban/main ban-ban




Dahulu di daerah ane permainan ini kami sebut main ban-ban. Aduh culun amat yah guyznamanya. Namanya saja ban-ban pasti bahan utama yah ban, dari ban bekas juga sepotong kayu berukuran sekitar 20-25 Cm. Kalau kependekan susah guyz menjalankan bannya. Tangan bakal pedih terkena ban. Caranya yah bannya didorong menggelinding terlebih dahulu terus dipukul dengan jarak pukulan yang seirama. Jika ada jarak pukulan yang tidak signifikan dalam arti terlalu cepat atau lambat putarannya, maka ban akan terjungkal. Nah, permainan ini mengajarkan anak-anak tentang keseimbangan, kejelian cara meraih kesempatan yang terbaik dan tepat. Selain dari itu mengajarkan kekompakan, dapat membentuk otot kaki, otot tangan juga kecermatan dan ketepatan dalam memukul.



- Main cukke





Permainan ini pastilah memiliki nama yang berbeda di daerah agan sista. Tapi ane penasaran nama di daerah agan apa juga yah?

Permainan ini dimainkan secara berkelompok. Regu A dan B. Permainan ini menggunakan dua batang pendek gabah-gabah yang memiliki ukuran berbeda yaitu sebatang berukuran 30-35 Cm dan batang lainnya berukuran sekitar 10-15 Cm. Batang yang digunakan berdiameter kecil kira-kira 2-3 Cm (berasal dari pohon sagu).

Tambahan info nih guyz. Batang gabah-gabah di tempat ane di Sultra biasa digunakan sebagai bahan pembuatan rakit selain dari bambu yang sering digunakan. Tahu rakit kan guyz? Pastinya tahu dong. Oke. Kali saja ada yang belum paham sebab bahasa penyebutan yang berbeda. Secara sederhana arti rakit versi ane adalah salah satu alat transportasi air yang menggunakan beberapa potongan panjang batang sagu yang kuat dan tahan dengan ukuran berdiameter besar yang disusun dengan cara dilubangi dan diikat dengan tali rotan. Sebaiknya gabah/batang sagu yang digunakan adalah yang ringan dan telah mulai mengering. Batang gabah yang basah memiliki massa berat yang besar dan akan mengakibatkan rakit tenggelam.

Permainan ini membutuhkan satu buah lubang tidak sempit juga tak terlalu luas, yang di perkirakan bisa dipergunakan untuk mementalkan potongan gabah yang paling pendek sejauh mungkin.

Permainan ini memerlukan ketangkasan tangan, kejelian/kecermatan dalam menghitung jarak tempuh lemparan juga letak posisi lawan dalam menangkap.

Permainan ini dimainkan dengan cara meletakkan potongan gabah pendek secara horizontalpada lubang. Batang potongan yang lebih panjang digunakan untuk mencongkel/melontarkan potongan pendek ke udara setelah itu dipukul sekuat dan sejauh mungkin ke arah lawan dan sebisa mungkin diusahakan tak tertangkap pihak lawan. Bila tertangkap maka pergantian regu akan terjadi. Apabila tak tertangkap maka akan ada pergantian pemain dalam satu regu yang sama.



- Main asing






Permainan ini di daerah lain lebih dikenal dengan gobak sodor. Permainan beregu. Di mana regu terbagi dalam dua kelompok sebagai penjaga dan penerobos.

Permainan ini memiliki daerah kawasan sendiri-sendiri tiap orang dalam satu kelompok/regu. Kawasan penjagaannya secara vertikaldan horizontal. Pihak lawan berusaha melewati dengan mencari celah tiap kawasan yang ingin dilalui tanpa tersentuh dan terkurung oleh dua orang penjaga dari regu lawannya. Apabila pihak lawan tak berhasil melewati (tertangkap) maka akan terjadi pergantian regu. Sebaliknya bila berhasil, pemain harus kembali melewati kawasan yang telah dilalui sebelumnya atau melewati kawasan di mana pun yang memiliki celah hingga tiba kembali pada posisi start.

Dalam permainan ini bisa mengajarkan cara berkompetisi secara sportif, kompak, saling menghormati, kejujuran, kerja sama satu tim, kecermatan melihat kesempatan/celah, mengolah otak, ketangkasan, juga kekuatan fisik karena permainan ini membutuhkan energi yang banyak. Permainan ini juga dapat melatih otot kaki, tangan dan bahu, memperlancar peredaran darah.

Selain permainan yang ane ceritakan di atas masih banyak permainan lainnya seperti bermain bongkar pasang, engrang, kelereng, susun batu (pecah piring), ular tangga, tumbu-tumbu belanga (pongpong bolong), petak umpet, bermain patung, layangan dan masih banyak lainnya.

Jenis permainan apa pun tentunya pasti mengajarkan banyak filosofi tentang hidup. Cara beradaptasi dalam masyarakat, saling menghargai dan menghormati, menemukan sahabat, menjalin silahturahmi dan tentunya ada persahabatan yang indah. Sahabat itu saudara tak sedarah. Gimana gansis. Persahabatan itu indah 'kan. Ane dengan agan sista sahabat juga bukan? Bagi ane, agan sista adalah sahabat ane.




GIF

:terimakasih:terimakasih:terimakasih


emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus
Diubah oleh rykenpb 19-07-2019 20:11
tata604
swiitdebby
dieq41
dieq41 dan 36 lainnya memberi reputasi
37
8.6K
147
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan