idaalfaqiehAvatar border
TS
idaalfaqieh
Deretan Permainan Jadul Yang Kece, Asingkah Untuk Agan?
Permainan jadul



Assalamu'alaikum....

Hai hai... jumpa lagi dengan Ts yang hobi gaje, tapi masih kece. Sekece Kaskus pastinya. Makin hari, tambah jatuh cinta aja Ts sama Kaskus. Bagaimana tidak? Kaskus selalu punya sejuta cara untuk membahagiakan Kaskuser setianya, Ts termasuk nih😊😊.

Nah, ini salah satu cara Kaskus buat bikin Ts makin betah ngaskus. Rajin ngadain event dan kasih bonus. Sebagai salah satu tim pemburu menirdari grup super BBB, Ts nggak mau ketinggalan. Sebisa mungkin ikut meramaikan event ini. Kali ini, tema yang diangkat pun tak kalah keren. Nostalgia Masa kecil, auto membawa ingatan ane terbang ke puluhan tahun yang lalu.

Lahir di tahun keemasan 90 an, membuat Ts merasa menjadi anak yang beruntung. Mengingat, betapa serunya masa kecil Ts waktu itu. Nah, mau tahu permainan apa saja yang bikin Ts susah move on? Oke, simak ya!

1. Masak-masakan



Permainan yang cewek banget. Secara, Ts cewek tulen bukan jadi-jadian. Permainan ini Ts mainkan bareng temen-temen juga pastinya. Umur Ts waktu itu, mungkin sekitar delapan atau sembilan tahun. Jadi, amanlah untuk bermain api.

Yang dimasak juga bukan makanan yang serius ko'. Gulali, menjadi menu favorit yang Ts masak bersama teman-teman. Bahan-bahannya juga kita ambil dari rumah masing-masing. Ada yang bawa wajannya(kalau dulu, Ts pake ciri atau layah yang dari tanah itu). Yang lain bawa gula jawa, kacang tanah, plus cabe.

Caranya, gula di taruh di atas wajan. Kalau udah leleh, masukin kacang yang udah dihaluskan bareng cabe. Setelah semua tercampur dan mateng, baru digulung pakai lidi. Hmmm, mau tahu rasanya? Manis, gurih juga sedikit pedes. Pokoknya aneh, tapi enak bikin ketagihan. Kalau main masak-masakan pasti yang dibikin ya, gulali rasa pedes itu.😊😊

2. Permainan bola bekel

Gambar by: tokopedia.com

Bola bekel, permainan yang terdiri dari satu bola karet dan lima biji bekel yang terbuat dari kuningan atau tembaga. Main bekel, biasanya dimainkan oleh dua orang atau lebih.

Dimulai dari hompimpa (kalau anaknya lebih dari dua) atau suit (jika hanya dua anak). Yang menang main duluan. Sahabat kaskuser ada yang pernah main bekel? Yang sista pasti udah banyak tahu. Kalau para Agan? Upss, jangan sedih, nih Ts kasih gambaran cara main bekelnya. Mungkin bisa diajarin ke anak cewek, adik, atau bahkan pacarnya. 😊😊

Spoiler for contekan main bekel:


3. Permainan lompat tali



Lompat tali, permainan yang bisa bikin tinggi. Benarkah? Mungkin ada benarnya, atau itu cuma mitos? Yang pasti permainan ini memang cukup menguras tenaga dan pikiran. Eh, agak lebay kah?😊.

Dulu, ini salah satu permainan yang bikin Ts keder. Secara, badan Ts termasuk yang mungil. Sementara permainan ini lebih mudah dilakukan oleh anak-anak yang punya ukuran kaki ekstra.

Permainan lompat tali dilakukan bertahap. Eh, yang main juga minimal tiga orang ya. Kalau cuma dua orang, siapa yang mau lompat? Karena butuh dua orang untuk merentangkan karetnya.

Adapun yang Ts maksud bertahap adalah dimulai dari setinggi mata kaki, naik selutut, naik lagi sepinggang, setelinga, sekepala dan terakhir setinggi tangan direntangkan keatas (lihat gambar yang Ts pajang di atas).

Yang berhasil sampai di tahapan paling tinggi dia yang menang. Sementara untuk yang gagal, bisa gantian megang karetnya. Bisa bayangin nggak, bagaimana cara bisa lompat setinggi di atas kepala itu?

Pakai trik dong pastinya. Bisa pakai cara rol depan(bahasa Ts ngodok), atau bisa juga pakai bantuan tangan. Pokoknya kita harus kreatif, berpikir gimana cara bisa berhasil melompati karet itu.

4. Ular Naga



Ular naga panjangnya bukan kepalang
Menjalar-jalar selalu kian kemari
Umpan yang lezat itulah dicari
Ini dianya yang terbelakang


Lho, ko' jadi nyanyi? Ya memang bermain ular naga ini perpaduan antara bernyanyi dan bermain. Cara mainnya sangat mudah. Diawali dengan hompimpa, pesertanya semakin banyak semakin seru.

Dua anak kalah hompimpa, yang akan menjadi gerbang. Sementara yang lain berbaris memanjang seperti ular naga. Permainan di mulai dengan menyanyikan lagu ular naga. Pas kata 'ini dianya yang terbelakang', gerbang ditutup dan yang tertangkap harus keluar barisan.

Setelah keluar barisan, dia harus bisa menangkap barisan ular teman- temannya. Nah, yang kena harus rela meninggalkan barisan. Begitu seterusnya, sampai barisan anak-anak habis.

Gregetnya permainan ini adalah waktu kita menghindar agar nggak terkena tangkapan. Nah, yang jadi kuncinya si induk ular(yang berada paling depan). Bagaimana dia harus bisa bergerak menghindar agar anaknya tak tertangkap. Kalau tertangkap, otomatis anaknya berkurang. Permainan ini mengajarkan, bagaimana kita bisa melindungi teman.

Itulah beberapa permainan jadul yang keseruannya selalu mengundang rindu. Permainan jaman dulu rata-rata harus dimainkan rame-rame. Jarang, kita bisa asyik main sendiri.

Waktu pulang sekolah pun menjadi waktu yang selalu ditunggu setiap harinya. Kita bisa puas bermain sampai ashar. Pulang mandi sebentar, lanjut main lagi. Bahkan waktu malam pun bisa untuk main, kalau bulan purnama.

Wah, ingin rasanya Ts jadi kecil lagi untuk mengulang masa-masa indah itu. Yang nggak pernah ngerasain permainan yang Ts sebutin di atas, berarti masa kecil kalian kurang bahagia.😊

Eh, banyak juga permainan yang belum Ts sebutin. Contoh mini-minian, umbul, gobak sodor, lumbungan, engklek, dan masih banyak lagi yang Ts sendiri lupa namanya.

Spoiler for mainan favorit Ts lainnya:


Yuk, kita bernostalgia.
Permainan apa saja yang jadi favorit sahabat kaskuser? Ceritain di kolom komentar ya!

Oke, See U at next thread....

Tinggalinemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

IAf, 16 Juli 2019

referensi gambar

di sini juga
video by: youtube
Diubah oleh idaalfaqieh 16-07-2019 10:57
AnisMo
TaraAnggara
tata604
tata604 dan 16 lainnya memberi reputasi
17
6.5K
148
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan