hansiphoaxAvatar border
TS
hansiphoax
Benarkah Truk TNI Mengangkut Warga China Menuju Bandung?
Quote:


Baru-baru ini ramai diperbincangkan netizen mengenai kabar diangkutnya warga negara China oleh truk TNI menuju ke arah Bandung. Informasi ini dipublikasikan oleh pengguna Facebook bernama Yossie Toha yang mengunggah video berdurasi 55 detik dari dalam mobil saat melintas di salah satu jalan tol.

Dalam postingannya, Yossie Toha juga membuat narasi sebagai berikut:

"Warga China menggunakan truk TNI menuju ke arah Bandung."




Melihat informasi yang tengah menjadi viral di media sosial, lantas bagaimana kebenaran narasi tersebut?

PEMERIKSAAN FAKTA
Melansir dari Kumparan.com, Hansip Hoax mendapatkan fakta bahwa kendaraan yang berada dalam video yang viral tersebut bukanlah kendaraan operasional TNI. Kapuspen TNI Mayjen Sisriadi mengatakan bahwa mobil TNI tidak memiliki ciri-ciri seperti yang ada di dalam video.

Sisriadi juga menegaskan kendaraan milik TNI tidak memiliki velg merah seperti mobil yang ada dalam rekaman tersebut. Bahkan, setiap kendaraan TNI diwajibkan memiliki pelat dan terdapat tulisan “satuan” di badan mobil.

“Mobil angkutan TNI harus dilengkapi identitas satuan,” ujar Sisriadi.

Bantahan dari TNI mengenai video yang viral tersebut juga dipublikasikan di kanal media sosial milik Pusat Penerangan TNI di Facebook, Twitter, dan Instagram.

Dalam bantahannya, TNI menyebut bahwa truk yang berada dalam video merupakan jenis Mitsubishi Colt tahun pembuatan 1995-1998, Truk jenis tersebut sudah tidak dipakai oleh TNI dan sudah dihapus dari daftar inventaris di jajaran TNI baik AD/AL/AU.

Selain itu, TNI juga menyebut bahwa kendaraan TNI bila keluar dari satuan wajib melengkapi semua surat-surat, termasuk plat nomor, SIM, dan STNK sesuai dengan aturan yang berlaku.




KESIMPULAN
Melansir dari Kumparan.com, TNI memastikan video tersebut adalah informasi hoaks. Penyebar dan pengunggah video dapat terancam pidana Undang-undang ITE.


SUMBER
TurnBackHoax.id
Kumparan.com

JADI GAN, INFORMASI YANG VIRAL MENGENAI TRUK TNI YANG MENGANGKUT WARGA CHINA MENUJU ARAH BANDUNG ADALAH INFORMASI HOAKS. KARENA TRUK YANG TERDAPAT DALAM VIDEO TERSEBUT BUKANLAH KENDARAAN OPERASIONAL TNI.

SEBARKAN YA INFORMASI KLARIFIKASI INI KE REKAN DAN KELUARGA KALIAN AGAR TERHINDAR DARI HOAKS YANG MENYESATKAN.
tiger.gaul
junleon
tien212700
tien212700 dan 25 lainnya memberi reputasi
26
25.6K
264
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan