ceuhettyAvatar border
TS
ceuhetty
Minuman Segar Yang Kembar Tapi Tak Sama, Tentukan Pilihanmu!



Hai! Holla kaskuser lovers! Panas-panas gini enaknya disegerin sama minuman dingin, ya!?

Berbicara mengenai minuman dingin, Indonesia negeri tercinta memiliki banyak minuman khas yang melegenda dan sudah ada sejak dahulu kala.

Ada dua jenis minuman yang nyaris sama bentuk, warna dan penyajiannya. Adalah Es Cendol dan Es Dawet, Ini dia! Minuman segar yang kembar tapi tak sama.

Yang membedakan antara Es Cendol dan Es Dawet Ayu adalah asal usul keduanya.

Jika Es Cendol berasal dari tanah Pasundan, maka Es Dawet Ayu merupakan minuman dari tanah Jawa. Dan merupakan minuman kesukaan Raden Ajeng Kartini, sang pelopor emansipasi wanita.

Selain itu, bahan dasar keduanya juga ternyata tak sama. Jika Es Cendol terbuat dari tepung hunkue alias tepung yang terbuat dari kacang hijau. Maka Es Dawet terbuat dari tepung beras atau tepung beras ketan.

Lalu bahan pewarna yang dipakai juga meski sama-sama hijau namun ternyata diklaim tak sama. Jika Es Cendol diberikan tambahan pewarna makanan, maka Es Dawet lebih alami lagi karena menggunakan daun suji.

Kemudian alat yang digunakan juga berbeda. Es Cendol cenderung lebih modern karena menggunakan cetakan khusus. Sedangkan Es Dawet lebih tradisional karena menggunakan alat seadanya. Misalkan memakai Ayakan , atau perabotan rumah tangga yang lainnya.

Kendati begitu, cara-cara membuat dan bahan pelengkap yang lainnya semua sama. Baik Es Cendol maupun Es Dawet, keduanya dikasih campuran air santan dan gula merah(Original)

Dewasa ini, Es Cendol dan Es Dawet memilik banyak varian rasa yang berbeda. Kreasi anak bangsa ini semakin membuat Es Cendol dan Es Dawet kaya akan citarasa.

Misalnya saja, deretan aneka rasa Es Cendol dan Es Dawet dibawah ini.

1. Es Dawet Nangka

Spoiler for Es dawet nangka :


Sesuai dengan namanya, maka yang menjadi pembedanya adalah dikarenakan Es ini dikasih campuran buah Nangka yang sudah dipotong-potong.



2. Es Cendol Kelapa

Spoiler for es cendol kelapa :


Meskipun namanya Es Cendol Kelapa tetapi campurannya tak hanya kelapa muda melainkan ada juga ketan hitamnya.



3. Es Dawet Cincau

Spoiler for es dawet cincau :


Dilihat dari namanya saja kita sudah bisa menebak ya Gansist! Es Dawet ini tentu saja tidak sendirian, karena ia juga ditemani cincau hitam dan sagu mutiara.



4. Es Cendol Campur

Spoiler for es cendol campur :


Es Cendol ini yang paling komplit, karena terdiri dari bahan yang banyak. Seperti, sagu mutiara, cincau hitam, ketan hitam, kelapa, nangka, biji kemangi, tape singkong, dan pacar cina. Inget! Jangan pake pacar orang yakk 🤭




Saya tidak berniat merekomendasikan tempat jualan Es yang paling enak disini. Karena menurut saya Es Cendol yang terenak itu ya buatan saya.emoticon-Cool.

Eits! tapi daripada ngayal minta dibikinin, silahkan kalian bikin sendiri atau segera beli di warung-warung terdekat.

Yang terpenting sih, Sekarang Agan dan Sista sudah tidak merasa bingung lagi buat ngebedain yang mana Es Cendol dan yang mana Es Dawet. Dua-duanya enak menggoyang lidah plus menyegarkan.

Baiklah pembahasan Es Cendol dan Es Dawet saya cukupkan sampai disini. Insyaallah lain kali kita sambung lagi, di thread berbeda dan ulasan yang sudah pasti tak sama.

Selamat berakhir pekan Gansist! Selamat menikmati hari dan jangan lupa bahagia.
See you ....











Sumber : Oppri
Referensi : Disini
Pict. : Pinterest


Diubah oleh ceuhetty 13-07-2019 19:06
swiitdebby
embunsuci
tien212700
tien212700 dan 23 lainnya memberi reputasi
24
8.3K
104
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan