YenieSue0101Avatar border
TS
YenieSue0101
Beragam Profesi Keliling Ini Sudah Mulai Hilang Tergerus Zaman




Halo, Agan dan Sista pembaca setia thread ane, apa kabar hari ini? Semoga selalu bahagia di mana pun berada.

emoticon-Stick Out Tongueertamaxemoticon-Stick Out Tongueertamaxemoticon-Stick Out Tongueertamaxemoticon-Stick Out Tongueertamax


Berbicara mengenai profesi keliling, ane mau tanya nih, siapa saja sih yang sering keliling di sekitar rumah kalian untuk menjual jasa atau barang dagangannya? Tukang bakso, tukang sayur, atau tukang sol sepatu?

Masih dalam tema jadul, kali ini ane mau berbagi kenangan tentang beberapa profesi keliling yang dulu biasa berwara-wiri di komplek perumahan. Mungkin sekarang sudah jarang atau bahkan nggak ada ya, gaes. Nah, penisirin kan? Yuk, disimak!

Jadulers, Merapat!

:monggo:monggo:monggo:monggo


1. Tukang cap piring atau sendok


sumber

Tahu nggak, dulu itu ada orang yang berprofesi sebagai tukang cap piring. Biasanya mereka menuliskan nama pemilik ke barang-barang yang mau dicap. Coba deh, lihat piring atau sendok emak kalian, ada namanya nggak?

2. Tukang patri


sumber

Bagi yang belum tahu, tukang patri adalah seorang yang kerjanya mereparasi peralatan rumah tangga, seperti panci, dandang, sutil dan yang lainnya. Dulu, sering banget ada bapak-bapak ini yang keliling dari rumah ke rumah, terutama di perkampungan. Lumayan lah, panci bocor atau rusak pun bisa ditambal dan diperbaiki kembali. Daripada beli baru, ya kan?

3. Tukang foto


sumber

Sebelum era smartphone canggih berkamera bening(baca : jahat) menjamur, masyarakat jaman dulu cuma mengandalkan tukang foto keliling untuk mengabadikan wajah mereka. Mereka pun harus berhati-hati dalam mengambil gambar, karena kalau hasilnya jelek tidak bisa diulang. Kalau sekarang sih, enak tinggal jepret sana jepret sini.

4. Tukang kerupuk


sumber

Loper kerupuk jaman dulu biasanya pakai kaleng yang dipikul ini, gaes. Duh, sekarang di mana ya keberadaan orang-orang ini. Jadi kangen nih.

5. Tukang pangur gigi


sumber

Gigi kamu berantakan? Sewa tukang pangur, gaes. Ane sih nggak tahu persis gimana caranya ya tuh orang pakai semacam alat bergerigi yang nanti digosok-gosokan ke gigi, biar tampilannya rapi. Jaman sekarang pasti udah gak ada deh tukang pangur ini. Hemm

6. Tukang ngumpulin rambut


sumber

Cukup ngeri, gaes, karena jaman dulu orang-orang di kampung suka ngumpulin rambut mereka yang rontok terus dijual sama orang yang memang berprofesi sebagai pengumpul rambut. Aneh-aneh aja ya!

7. Tukang mengisi korek gas


sumber

Kalian pernah dengar korek bensol? Nah, jaman dulu ada nih tukang isi ulang korek ini. Kalau sekarang, korek abis mah langsung dibuang.

8. Tukang wantex


sumber

Wantex adalah seni memperbarui warna pakaian. Ah elah, bahasanya! emoticon-NohopeKalau kamu pengen celana jeans kamu yang sudah bulukan jadi seperti baru lagi, cukup datangi tukang wantek. Eh, tapi biasanya mereka nggak keliling ya.

:tepuktangan:tepuktangan:tepuktangan:tepuktangan


Nah, itu dia beberapa profesi jadul yang kini udah mulai hilang digerus jaman. Kira-kira mereka sekarang banting stir jadi apa ya, gaes?

Cukup sekian nostalgia kali ini. Semoga thread ini bisa membuat Agan dan Sista terkenang akan masa lalu, eh tapi jangan baper ya.

Terima kasih sudah berkenan membaca, jangan lupa kirimkan cendol segar di siang yang panasnya menggila ini.

BBB GROUP

Sumber : tulisan TS dan cerita dari emak TS emoticon-Embarrassment
Diubah oleh YenieSue0101 13-07-2019 05:32
abellacitra
anasabila
Yunie87
Yunie87 dan 22 lainnya memberi reputasi
23
12.8K
296
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan