alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Fakta Menarik Toyota yang Dulunya Bernama Toyoda
4.86 stars - based on 7 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d2809cc09b5ca22807992f1/fakta-menarik-toyota-yang-dulunya-bernama-toyoda

Fakta Menarik Toyota yang Dulunya Bernama Toyoda


Agan dan Sista pasti tahu donk ama pabrikan mobil asal Jepang, Toyota. Nah, ternyata dibalik kesuksesan pabrikan tersebut ada beberapa fakta menarik yang mungkin diantara Agan dan Sista ada yang belum tahu.

Toyota ini didirikan pada tahun 1937 oleh Kiichiro Toyoda. Dari nama yang bikin udah ada sedikit klue ya GanSis...hehe. Pabrik ini merupakan pecahan dari pabrik milik sang ayah, Toyota Industries, yang lebih dulu berdiri pada tahun 1926.

 Fakta Menarik Toyota yang Dulunya Bernama Toyoda

Sebelum terkenal sebagai pabrikan mobil seperti sekarang, dulunya Toyota merupakan pabrik yang memproduksi mesin, khususnya mesin tenun. Pabrik mesin ini didirikan oleh Sakichi Toyoda yang merupakan ayah dari Kiichiro Toyoda. Saat itu pabrik ini dinamai Toyota Industries atau Toyoda Automatic Loom Works, Ltd.

Barulah pada tahun 1937 Kiichiro Toyoda bikin pabrik pecahan dari pabrik sang ayah yang diberi nama Toyoda. Nama ini diambil dari namanya sendiri. Saat menggunakan nama Toyoda, penulisan nama tersebut sesuai huruf kanji Jepang ada 10 langkah.

 Fakta Menarik Toyota yang Dulunya Bernama Toyoda

Jika dikaitkan dengan angkanya, 10 bila ditulis dalam kanji Jepang akan membentuk tanda (+) yang memiliki makna perempatan, eksistensi, dan kebimbangan. Menariknya GanSis, karena kata Toyoda tersebut memiliki makna kebimbangan, akhirnya dia memutuskan untuk mengubah Toyoda menjadi Toyota.

 Fakta Menarik Toyota yang Dulunya Bernama Toyoda

Setelah mengalami perubahan, penulisan Toyota hanya membutuhkan 8 langkah, dan dalam budaya Jepang, angka 8 memiliki makna keberuntungan.

Sekarang terkait logonya GanSis, sebelum logo yang sekarang, logo Toyota dulunya hanya berupa tulisan Toyota. Barulah kemudian logo tersebut dirubah kebentuk sekarang yang sekilas terlihat agak rumit. Jika diperhatikan logo ini ternyata terdiri dari 3 oval. Dua buah oval di dalam oval berukuran besar melambangkan jantung perusahaan dan jantung pelanggan. Kedua oval tersebut saling berhimpit sebagai hubungan yang saling menguntungkan. Kemudian, jika dilihat lebih teliti, maka kedua oval akan terlihat membentuk huruf “T”. Untuk oval yang besar bermakna sebagai bla dunia yang merangkul dan terus melindungi Toyota.

 Fakta Menarik Toyota yang Dulunya Bernama Toyoda

Faktanya selanjutnya, Toyota juga pernah melahirkan mobil – mobil sport yang sangat melegenda di Jepang dan di seluruh dunia. Mobil sport pertama Toyota adalah Toyota Sport 800 yang lahir pada tahun 70-an. Selanjutnya Toyota juga mengahadirkan mobil sport hingga sekarang, diantaranya Celica, Supra, Corolla (AE86 trueno, levin, dan sebagainya), MR2, dan GT86.

 



profile-picture
profile-picture
profile-picture
koi7 dan 9 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
memang keren toyota ini, toyota idola saya supra, corolla, pernah kerjasama membangun mesin dengan yamaha
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Wahh, jadi makin nambah pengetahuan nih threadnya, Ternyata dulu lambang toyota cuma tulisan aja ya? Ane kira dari dulu lambangnya begitu hhehe emoticon-Toast emoticon-Cendol Gan
nice thread om, baru tau ane kalo toyota dulunya pabrik mesin tenun
Dan membawa keberuntungan sampe sekarang
bisa gitu yaaa
kenapa toyota gk keluarin motor ya ? emoticon-Bingung (S)
apansah
Thread bagus ini emoticon-Keep Posting Gan
Quote:


Sampe sekarang masih produksi di yamaha enginenya loh emoticon-Malu (S)
hmmmmmm....
fakta yg menarik
profile-picture
penyukabiru memberi reputasi
nice info...
ane cuma tahu Toyota kijang
ATOYOT


Quote:


Konsistensi di satu bagian. Bagian lain mereka nga mau, karena akan membutuhkan banyak dana untuk riset, bahan, engineering, testing dll.

Kalo merek seperti honda bisa bikin motor awalnya sebernya honda itu bikin sepeda motor bukan bikin mobil awalnya. Cmiiw
Kalo ngeluarin bus namanya jadi tayota ya
Mobil2 buatan toyota emang bagus2, dan sering lewat di jalan2 ..
kbetulan jga konsumen di indonesia sleranya ccok sma tipe2 mobil kluaran toyota..
Toyota KIJANG, DI GABUNG Kira di baca jadi KUANG emoticon-Hammer2
Toyoda adalah Pecahkan dari Toyota industries yang merupakan usaha milik ayah.
Berarti dr awal namanya Toyota ya dr ayah..
Diubah oleh tokonlinejepara
Gembok.
Toyota dan Yamaha punya perjanjian khusus loh. Toyota tidak memproduksi motor sementara Yamaha tidak memproduksi mobil, tapi keduanya saling tukar hak paten soal otomotif. Makanya jangan heran kalau sebenarnya teknologi VVT-i itu sama persis dengan VVA Yamaha.
profile-picture
profile-picture
AntiMAHOgan dan echotechno007 memberi reputasi
Diubah oleh esaka.kedua
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di