alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Surat Pembaca /
Penipuan menggunakan Virtual Account Blibli.com
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d216828d43972669c1504ef/penipuan-menggunakan-virtual-account-bliblicom

Penipuan menggunakan Virtual Account Blibli.com

Selamat pagi, saya mw berbagi cerita penipuan online yang saya alami sendiri pada tanggal 2 Juli 2019.
Tujuan saya hanya sekedar sharing karena ini modus baru (setidaknya untuk saya) dan saya harap pembaca jadi bisa lebih waspada. Berikut kronologisnya:


1. Saya posting di Konsultasi Spesifikasi Komputer dan Notebook (KSKN) v5 kalau saya sedang berminat meminang sebuah laptop Lenovo Ideapad 720s

2. Saya di PM oleh beberapa orang di kaskus kalau produk tsbt sedang discount oleh Lenovo resminya dan discount tersebut berakhir tgl 2 Juli 2019 sehingga waktu sy kurang dari sehari. Atau bisa contact Pak Lucky, seorang anggota forum KSKN yang juga merchant resmi dari Lenovo. Lalu ada orang bernama Jo kemudian contact saya via WA mengatakan hal yg sama & kasih nomor Pak Lucky.

3. Setelah saya di membahas mengenai spesifikasi laptop oleh Jo, saya chat Pak Lucky utk melakukan pembelian. Dy suruh saya datang ke store dy, akan dy tunggu sampai jam 8 di mangga dua square.

4. Akhirnya saya memutuskan utk beli laptop lain seharga 14jt sebelum masa promo berakhir. Barang akan dikirim via gosend atau bisa diambil di store besok. Setelah tanya2 apakah bisa beli online lewat jalur resmi Lenovo, saya dianjurkan untuk melakukan pembelian via blibli.com. Disana saya cek kalau harganya udah normal. Saya tanya ke Lucky yaudah kalau saya mw beli caranya gimana krna di website blibli suda balik harga normal.

5. Jawaban dy kalau dy bisa input manual karena dy selaku merchant di blibli.com bisa buat account virtual di blibli.com atas nama saya utk keperluan transaksi. Tapi karena ada suatu hal dy bilang sy harus transfer 1jt sebanyak 14x. Jadi setiap kali transfer akan dibuatkan virtual account baru di blibli.com atas nama saya.

6. Untuk proses pembuatan virtual account (VA) saya diminta data berupa nama alamat no hp email. Disini saya agak curiga dan akhirnya saya tanyakan ke Lucky bahwa saya tidak ada bukti sama sekali kalau saya beli & melakukan pembayaran di blibli.com. Dy bilang invoice akan masuk ke email saya setelah saya melakukan pembayaran. Dan juga kenapa hrus bayarnya 1jt x 14. Si Lucky marah karena dy bilang saya tdk serius. Sudah dibuatkan VA atas nama blibli.com dengan nama saya dan saya masih ga percaya. Dy pun lgsng block saya.

7. Disini saya pikir ya sudah selesai dan saya hapus chatnya makanya kalau dilihat di bukti screenshot, chat saya dengan si Lucky tidak lengkap.

8. Kemudian sy ada chat dengan Jo. Dy setengah mengancam sy bahwa percakapan saya udah di share oleh si Lucky di grup WA Konsultasi Spesifikasi Komputer dan Notebook (KSKN) v5 karena saya terkesan mempermainkan Lucky bahkan akan ada yg datang ke rumah saya utk masalah ini karena dy blg Lucky akan di skors oleh Lenovo karena sy sudah ke tahap pembuatan VA tapi tidak jadi (bisa dibaca di screenshot). Point ini saya abaikan tapi point selanjutnya yang membuat saya melanjutkan transaksi.

9. Tidak cukup sampai disitu saya juga cek dan menemukan fakta bahwa VA hanya bisa dibuka oleh pihak perusahaan yang bersangkutan dalam hal ini blibli.com. Dan setelah saya cek betul kalau itu VA blibli.com dengan nama saya. Berdasarkan pengertian tersebut saya pikir dy betul2 merchat atau setidaknya orang yang berafiliasi dengan blibli.com karena saya pikir hanya orang blibli.com yang bisa buka VA atas nama saya di blibli.com.

10. Akhirnya saya mengalah dan coba lanjutkan transaksi. Sy contact si Lucky lg dan dari sini semuanya sy Ikutin instruksi dy dimana dy menyebutkan nomor VA dimana disitu tertulis kalau itu VA blibli.com atas nama saya sendiri. Dan tagihannya pun tertulis disana sebesar 1jt. Jd saya ikutin sampai 14x kemudian dy menghilang. Yang perlu saya garis bawahi disini saya transfer bukan ke rekening pribadi ya melainkan ke VA blibli.com yang tertulis nama saya disitu dengan total tagihan 1jt. Prosesnya sama seperti kita top up GoPay atau OVO dimana OVO/GoPay akan buatkan VA atas nama kita dan ketika kita masukan no tsb akan muncul nilai tagihan sesuai nilai yang harus kita bayar dan kita hanya perlu konfirmasi. 

11. Saya confirm ke blibli.com dan mereka bilang memang benar itu VA mereka dan dibuat atas nama saya sendiri. Tapi nama merchantnya bukan Lenovo melainkan sepulsa.com dimana produknya adalah pulsa bukan laptop. Baik pihak BCA dan blibli.com tidak bisa apa2 walaupun si penipu membuka VA atas nama blibli.com dan transaksi tsb terdaftar di blibli.com. Jadi saya harus langsung ke pihak yang berwajib.

Kesimpulan: Jadi dugaan saya yang terjadi adalah si Lucky atau Jo dan 2 orang lain yang PM saya di kaskus merupakan komplotan atau malah orang yang sama.

- Mereka membuka akun di blibli.com dengan nama saya dan melakukan transaksi pulsa di blibli.com dimana merchantnya itu sepulsa.com.

- Kemudian mereka memilih pembayaran menggunakan virtual account (VA) sehingga blibli.com secara sistem akan membuatkan VA blibli.com dan atas nama saya.
- Kode VA atas nama saya inilah yang mereka teruskan ke saya sehingga setiap kali saya transfer itu secara tidak sadar saya bayarin transaksi pulsa mereka senilai 1jt per transaksi.
- Ini diulang terus sampai 14x sehingga nilai nya sesuai harga laptop itu yaitu 14jt. Pulsa ini entah bisa dicairkan atau tidak sama mereka.

Demikian kronologisnya dan berikut saya lampirkan juga bukti2 screenshot serta nomor si pelaku. Semoga pengalaman saya ini bisa jadi pelajaran dimana memang betul Virtual Account hanya bisa dibuka oleh perusahaan yang bersangkutan tapi ternyata bisa dengan mudah di dapat dengan membuka account palsu dan melakukan transaksi palsu melalui perusahaan tersebut dalam hal ini blibli.com 

Terima Kasih emoticon-norose


Spoiler for PM Kaskus:

Spoiler for Screenshot:

profile-picture
profile-picture
profile-picture
goist.cm dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh questionmark92
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Wah ane turut berduka atas masalah ini gan. Semoga duit ente bisa kembali ya. Dan buat si penipu, terkutuklah kalian sampai 7 turunan emoticon-fuck
profile-picture
questionmark92 memberi reputasi
Diubah oleh Echizen.Ryoma
Perasaan baru kapan hari jg ada yg posting ginian kronologi mirip sekali gini, dari thread itu jufa
profile-picture
profile-picture
Crotaftermeting dan questionmark92 memberi reputasi
cuman mau bilang bersabar sama TS
bau2nya kena scam yang banyak terjadi di kaskus, terpancing ID momod/yang mengatas namakan momod/admin
ini udah banyak kasus nya gan, itu uang agan kayaknya dibeliin pulsa/voucher via Blibli kayaknya

mau tanya ama agan TS, agan kan pembeli dan memang newbie kenapa takut sama gertakan penjual dan temannya? penjual ga mau layanin dengan baik apalagi sampe blokir2 buat ane rasional aja ane tinggalin, karena kita sebagai pembeli bebas nentuin mau beli dimana aja. turut berduka sekali lagi dan diikhlaskan gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
warrysangru2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Amin gann, tapi ane sh realistis aja.
Mungkin dy butuh uang untuk obatin penyakit kelamin nyokapnya makanya uang segitu aja sampe nipu emoticon-Big Grin

Quote:


Iya mgkn emg udah banyak, sayangnya ane blm tw jadi ane mw share lg biar orang2 makin banyak yg aware.

Quote:


thanks gan. ga kok gan ane ga takut, tinggal di block kan selesai. toh bener kata agan hak kita sebagai pembeli mw beli dimana.
cm memang yg bikin ane mw lanjut beli setelah ane cek kalau itu beneran VA blibli dan udah cek di inet kl VA hanya bisa dibuat oleh perusahaan itu sendiri jadi ane percaya.
disini memang salah ane dimana ane lengah dan terlalu nyantai padahal si penipu udah kasar.
Diubah oleh questionmark92
Lihat 2 balasan
Balasan post questionmark92
Iya emang disayangkan tapi udah terlanjur jadi relakan aja
Kalau seller/buyer bisa marah-marah tanpa jelas apalagi ancam2 gitu 10% sakit jiwa 90% penipu, jadikan pelajaran aja
Diubah oleh dic05.mof
Semoga cepet dapet gantinya lebih banyak lagi gan.

VA ini biar muncul nama kita, cuma perlu akun dg nama kita aja. Bisa bikin akun baru atau bahkan mungkin bisa cuma ganti nama dari akun yg sudah ada.

Udah lumayan sering kayaknya VA ini ditumpangi penipu.
Karena kalo transfer langsung ke rek bank biasa kan banyak calon korban yg gak percaya dan juga bakal lebih mudah terlacak si penipunya.
Nah kalo VA trus buat bayarin pulsa kan bakal susah dilacak.

Saran buat pelaku ecommerce dan bank2 penyedia VA, mendingan nama gak perlu ditampilkan karena ini malah jadi celah penipu.
Dan sebaiknya dicantumkan peringatan di halaman pembayaran VA, yang intinya si pembeli diminta cek ulang kalau itu benar transaksinya dari akun ecommerce dia sendiri dan bukan dari orang lain.
profile-picture
profile-picture
questionmark92 dan Crotaftermeting memberi reputasi
ahhh gk ngerti ginian, klo ane beli yg mahal2 gitu mah langsung beli di toko aja, sambil liat ciwi2 , jgn di ikhlasin gan, klo lu iklas, ya selesai udah urusan penipu itu di akhirat sono..doakan aja semoga yg nipu cepet mati, jgn lupa lapor dah emoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
questionmark92 dan Crotaftermeting memberi reputasi
kejam nian ini si penipu, seenaknya ngembat jerih payah orang lain sampai 14juta.
sekarang ini dia pasti lagi tersenyum puas menikmati hasil perbuatan haramnya.
profile-picture
questionmark92 memberi reputasi
Lapor polisi aja gan.. No chatt wa masi ada kan . ? 14 jt bisa dibantu ama polisi trus datangi grapari minta data pribadi pelaku..
profile-picture
questionmark92 memberi reputasi
nanya rekomendasi di kaskus itu sekarang udah jadi mangsa buat para penipu baikt,, coba aja lu tes mnta rekomendasi beli apa dan diman.. di jamin PM lu se-abrekk...
profile-picture
profile-picture
questionmark92 dan Crotaftermeting memberi reputasi
wah bisa sampe 14 jeti, tapi waktu suru trf 14 jeti pisah sampe 14 kali apa ts ga ada rasa curiga, emoticon-Bingung
kalo ane suruh trf sampe 14 kali langsung ane curiga,
Balasan post questionmark92
Harusnya ente gak perlu takut sama ancaman Jo sama Luki itu. Itu cara kerja penipu biar korbannya merasa terancam
Kalau diancam, ane siap bela ente ...gw baca chatnya aja bikin emosi pengen gw gamparin tuh bocah
profile-picture
profile-picture
abau. dan questionmark92 memberi reputasi
Quote:

siapp gan, thanks. doain impotensi aja dahh.

Quote:

pasti kena balesannya gannn, blm pernah dnger ane orang yg hidupnya nipu berakhir baik emoticon-Big Grin

Quote:

siap laksanakan, dalam proses. thanks gan.

Quote:

iya ane udah lama rehat dari kaskus, ternyata balik2 udah jadi begini ya. makanya mw share ke orang2 lain supaya lbh hati2.

Quote:

ane curiga justru makanya sempet batal.

Quote:

yg bgtuan sh ane cuekin, udah pasti bacot doang. yg bkin ane lanjut karena ane udah cek emg itu bener VA blibli.com atas nama ane yang ternyata kesalahan besar.
makasih gan supportnya emoticon-Shakehand2

sama

waduh sama om saya juga Kena, orang yang sama dan modus yang sama dengan produk yg beda....ane percaya karena pke VA blibli.

profile-picture
abau. memberi reputasi
Diubah oleh pool7
feeling ane sih...ini pemaen toko online...dan mechant/tokonya terlibat...
kalo mao dikejar masih dapet bos...mendingan ente perpanjang biar kaga ada korban laen...
Ini mah scam om
Dulu pernah gw kena pm ngaku temen moderator
Tapi abis gw wa orangnya pake business account dan mencurigakan gak berani rekber tokped BL ya gw skip
profile-picture
warrysangru2 memberi reputasi
Dari awal aja udah mencurigakan KSKN kaga ada grup wa setau saya

Well seharusnya jadi pelajaran juga sih buat ts selalu pakai rekber

g ada titik cerahnya

ga bisa balik duitnya. waduh bisa bisa nya VA dibuat billing gt
profile-picture
Quadpixel memberi reputasi
Harusnya langsung curiga karena transaksi 14 juta kok dibagi jadi 14x transaksi 1 juta, dari situ saja sudah ketebak ujung-ujungnya penipuan
Quote:

Ya emg bahaya modus ini karena seolah2 ky transaksi resmi di blibli.com karena VA nya pun udah ane cek valid.
Paling agan share thread ini atau bisa bikin thread lagi jg biar kita bisa viralkan supaya lbh banyak lg orang yg lebih awas.

Quote:

Siap laksanakan. Terima kasih gan.

Quote:

grup wa sh udah belakangan di sebutnya. iya pelajaran yg sangat mahal bwt ane emoticon-norose

Quote:

Udah curiga, makanya sempat batal karena itu juga.
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di