bintanghuAvatar border
TS
bintanghu
8 Gestur Tangan yang Ternyata Punya Makna Berbeda di Luar Negeri


Hy gan/sis,bersama saya bintanghu...dan...hy.
Quote:

Kita contohkan,saat saya mengangkat lima jari tangan keatas saat melintasi kampung orang,maka otomatis orang disana akan membalas mengangkat tangan kembali.Gestur ini di Indonesia bermakna salam hangat.Kalau kita melakukan diluar negeri,belum tentu "salam hangat" kita akan dibalas.Seperti beberapa gestur berikut.

1. Gestur tangan Okay.

Spoiler for gestur OK:

Di Indonesia,arti dari gestur tangan adalah oke atau sip.Cara membentuk gestur ini pun cukup mudah.Lihat gambar pasti ngerti.Tapi saya coba jelaskan,pertama lima jari diluruskan,kemudia ujung jari telunjuk dan ujung ibu jari disatukan membentuk seperti lingkaran seperti diatas.Dan jadilah gestur Ok.Diluar negeri,gestur tangan ini kadang ada yang sama artinya,pun juga berbeda,seperti.
Amerika Serikat: Artinya Okay,sama seperti di Indonesia.
Jepang : Arti gestur ini uang gan,hmm.Jadi kalau agan nolongin orang Jepang dan dia bilang terimakasih,jangan balas dengan gestur ini,dikira kita minta duit jadinya gak tulus.Hehe.



2. Gestur "aku cubit hidungmu"
Spoiler for Cubit idung:

Wah..wah...wah...di Indonesia kata ini dapat berupa makian gan,atau gestur ini sangat tidak direkomendasikan untuk ditujukan kepada siapapun karena gestur ini berupa celaan dan makian cabul kalau di negara ini.Namun beda halnya kalau di luar negeri,artinya dapat berbeda-beda seperti.
Amerika Serikat : Disana,gestur tangan yang mana ibu jari berada ditengah telunjuk dan jari tengah bermakna "aku cubit/curi hidungmu" dari permainan "i've got your nose"
Turki : Samahalnya dengan di Indonesia,di turki gestur ini bermakna cabul gan.Gestur ini juga bermakna ketidaksetujuan.
Brazil: Kebalikan dari Indonesia,gesture ini bermakna positif di Brazilgestur ini merupakan lambang keberuntungandan diyakini bisa mengusir roh jahat dan kecemburuan.

3. Gestur Pecundang (Loser)
Spoiler for Loser:

Kalau di Indonesia tidak ada arti gan tapi cukup sering digunakan.Dahulu kala,saat di potret,saya kadang membuat pose jari seperti huruf L dan memposisikannya dibawah dagu untuk menunjukkan kalau saya itu keren.haha.Beberapa waktu lalu,pose ini juga banyak digunakan di Indonesia,gestur tangan ini menunjukkan kalau kita mendukung salah satu paslon Capres.
Berbeda dengan di Indonesia,diluar negeri artinya berbeda,seperti.
Amerika Serikat : Gestur tangan yang membentuk huruf L dieja sebagai Loser (pecundang),artinya cukup berkonotasi negatif ya.
Tiongkok: Negeri tirai bambu memaknakan gestur tangan ini sebagai angka delapan(8).Yang mana angka 8 merupakan angka keberuntungan bagi rakyat Tiongkok.

4. Jempol keatas
Spoiler for Jempol:

Jempol,rasanya hampir diseluruh dunia makna gestur ini sama,yakni "bagus".Samahalnya juga dengan Indonesia,kalau kita mengajungkan jempol keatas,maka maknanya "bagus".Sementara kalau acungan jempol kita gerakkan kesamping seperti menunjuk,maka maknanya adalah menunjuk atau memberikan petunjuk.Namun beda artinya dengan negara Iraq dan Iran.
Amerika Serikat: Artinya sama seperti di Indonesia yakni "bagus",juga digunakan sangat ingin menumpang.
Iraq dan Iran : gestur ini bermakna penghinaan gan.Jadi kalau mengunjungi Iran atau Irak memuji orang dengan gestur ini alih-alih dapat balasan senyuman malah kena hajar gan.haha.

5. Gestur tangan "kemari"
Spoiler for Kemari:

Di Indonesia ini adalah gestur memanggil orang namun dengan "bumbu" intimidatif dan kurang sopan sepertinya.Tapi bisa juga bermakna memanggil tapi dengan bumbu rayuan kepada lawan jenis.Di luar negeri,agan bahkan bisa ditangkap loh saking negatifnya gestur ini.Berikut beberapa arti diluar negeri.
Amerika Serikat : Sama seperti di Indonesia,yaitu untuk memanggil dan merayu seseorang.
Filipina: Kalau ke Filipina,jangan lakukan gestur ini gan.Karena disana gestur ini hanya untuk memanggil anjing.Kalau agan memanggil orang dengan gestur ini maka agan sedang dalam masalah.

6. Gestur "Italia"
Spoiler for gestur Italia:

Di Indonesia,arti gestur ini adalah "makan".Sementara di beberapa belahan dunia lain beda arti seperti.
Amerika Serikat : Hanya meniru gerakan orang Italia.
Italia : Mereka melakukan gestur seperti ini saat ada sesuatu yang tidak atau belum dimengerti.Seperti "apa yang kamu katakan tadi?"
Malaysia: gestur ini disebut "chup" yang bermakna tunggu sebentar.Gestur ini berubah maknanya jika ujung jari yang telah dikepalkan tersebut didekatkan ke mulut maka maknanya "makan" sama seperti di Indonesia.

7. Gestur "bau"
Spoiler for Bau:

Kalau di Indonesia,jika ada seseorang sedang melakukan gestur ini maka itu mengindikasikan kalau disekitarnya ada bau yang tak sedap.Namun makna ini tidak sama di seluruh dunia,ada juga yang berbeda.Adapun makna gestur "bau" dibeberapa negara di dunia adalah.
Amerika Serikat : Gestur seperti gambar diatas saat diayunkan kekiri dan kekanan seperti melambai maka maknanya adalah "bau"tak enak.
Jepang: Arti gestur ini kalau di Jepang adalah "tidak' atau "tidak mungkin".Misal saat kita membeli souvenir yang kalau di rupiahkan seharga Rp 200.000, dan kita tawar Rp 30.000, bisa jadi orang Jepang akan membuat gestur tangan seperti ini,karena itu "tidak bisa".

Demikian beberapa gestur tangan yang ternyata punya makna berbeda di luar negeri.Bisa jadi tips bagi agan yang hendak bepergian keluar negeri,jangan sembarangan melakukan gestur tangan,bisa saja di Indonesia maknanya positif namun disana bisa saja negatif.
Salam hangat (lima jari keatas) dari saya.

Thank,


Saleum.

Sumber : kesini
Diubah oleh bintanghu 08-07-2019 11:57
PREFABBOY
ulfsaarr
rotten7070
rotten7070 dan 25 lainnya memberi reputasi
26
26.3K
147
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan