hansiphoax
TS
hansiphoax
Putusan MK Abaikan Adanya Kecurangan Pencoblosan Surat Suara Secara Massal di Nias?
Quote:


Beredar di media sosial sebuah postingan yang memuat berita video dari Kompas TV tentang pelaku pencoblosan massal surat suara di Nias yang dijatuhi hukuman penjara. Berita tersebut diposting oleh akun bernama Utin Purmanen Mulker dengan memuat narasi yang mempertanyakan keputusan Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi yang menolak gugatan tim Prabowo-Sandi.

“Ketika MK menolak semua alat bukti tak ada kecurangan tapi kenapa ada berita tentang pencoblosan massal? Di sini saya merasa heran,”tulis akun Utin Purmanen Mulker, Selasa 2 Juli 2019.


Sejak diunggah akun Utin Purmanen Mulker, video tersebut menjadi viral dan telah mendapat 57 komentar dan dibagikan sebanyak 13.675 kali oleh akun lainnya.



Lantas, bagaimana kebenaran informasi yang telah viral tersebut?


PEMERIKSAAN FAKTA
Melansir dari Tempo.co, Hansip Hoax mendapatkan fakta bahwa video yang diunggah Utin Purmanen Mulker memang bersumber dari situs Kompas.tv yang kemudian dimuat oleh laman Tribunnews.com pada hari yang sama, Selasa 2 Juli 2019.

Video yang berdurasi 1 menit 24 detik tersebut disertai keterangan: “Pengadilan Negeri Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, menjatuhkan hukuman kepada 14 orang terdakwa pelaku pencoblosan massal di TPS dua di Desa Sifaoroasi Uluhou, Kecamatan Bawalato, Kabupaten Nias, Sumatera Utara.”

Bersumber dari Inews.id, juga didapatkan informasi bahwa Polres Nias akhirnya menetapkan 21 orang tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana pemilu yang terjadi di TPS 2, Desa Sifaoro'asi Uluhou, Kecamatan Bawolato, Kabupaten Nias, Sumatera Utara (Sumut). Para tersangka ini diduga mencoblos surat suara yang tersisa yang tersisa saat Pemilu 2019 lalu.

Ironisnya, dalam kasus pencoblosan surat suara sisa ini melibatkan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sebanyak tujuh orang. Kemudian, sembilan orang dari saksi partai politik, satu orang pengawas pemilu, dan empat orang warga yang salah satunya masih di bawah umur.

Dilansir dari situs rri.co.id, Komisi pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nias juga telah menggelar pemungutan suara ulang di TPS II Desa Sifaoroasi Uluhao, Kecamatan Bawolato, Kabupaten Nias, Sabtu, 27 April 2019.

Ketua KPU Kabupaten Nias Firman Mendrofa kepada RRI mengatakan, pemungutan suara ulang itu merupakan hasil rekomendasi dari pihak Bawaslu Kabupaten Nias, karena ditemukannya pelanggaran pemilu di TPS II Desa Sifaoroasi Uluhao kecamatan Bawolato Kabupaten Nias.

Awalnya, penyelidikan pelanggaran pemilu tersebut bermula karena adanya Video amatir sudah tersebar luas di tengah tengah masyarakat yang menunjukkan beberapa orang melakukan pencoblosan secara beramai ramai di TPS II Desa Siforoasi Uluhao Kecamatan Bawalato.

Hingga kini, data terbaru KPU per tanggal 5 Juli 2019 hingga pukul 06:00:05, menunjukan hasil perhitungan suara Pilpres di TPS 2 Desa Sifaoroasi Ulu Huo, Kecamatan Bawolato, Kabupaten Nias, Sumatera Utara yang menunjukkan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin memperoleh 129 suara. Sementara pasangan Prabowo-Sandi memperoleh 2 suara. Total suara sah sebanyak 131 suara. 16 suara tidak sah. Sehingga total seluruh suara sah dan tidak sah adalah 147.


KESIMPULAN
Majelis Hakim Pengadilan Negeri Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, telah menjatuhkan hukuman kepada 14 orang terdakwa pelaku pencoblosan massal di TPS dua di Desa Sifaoroasi Uluhou, Kecamatan Bawalato, Kabupaten Nias, Sumatera Utara.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nias juga telah menggelar pemungutan suara ulang di TPS II Desa Sifaoroasi Uluhao Kecamatan Bawolato Kabupaten Nias pada Sabtu 27 April 2019.



SUMBER
Tempo.co

JADI GAN, BERDASARKAN FAKTA DARI BERBAGAI SUMBER, HANSIP HOAX MENYIMPULKAN BAHWA PERNYATAAN AKUN UTIN PURMANEN MULKER DALAM POSTINGANNYA MENGGUNAKAN FAKTA DAN DATA YANG BENAR, NAMUN CARA PENYAMPAIAN ATAU KESIMPULANNYA KELIRU SERTA MENGARAHKAN KE TAFSIR YANG SALAH.

SEBARKAN YA INFORMASI KLARIFIKASI INI KE REKAN DAN KELUARGA KALIAN AGAR TERHINDAR DARI HOAKS YANG MENYESATKAN.
Diubah oleh hansiphoax 08-07-2019 10:28
bstepanustiger.gauljunleon
junleon dan 42 lainnya memberi reputasi
41
17.4K
113
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan