alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Atasi Polusi Udara, Pengamat : Anies Bikin Ingub Baru Pembatasan Kendaran Bermotor
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d22d267e83c7215e540cd9f/atasi-polusi-udara-pengamat--anies-bikin-ingub-baru-pembatasan-kendaran-bermotor

Atasi Polusi Udara, Pengamat : Anies Bikin Ingub Baru Pembatasan Kendaran Bermotor

Atasi Polusi Udara, Pengamat : Anies Bikin Ingub Baru Pembatasan Kendaran Bermotor
Kendaraan saat melintas di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Selasa (25/6/2019). Situs penyedia peta polusi udara online, AirVisiual menyatakan bahwa kualitas udara di Jakarta tidak sehat. Berdasarkan data di situs maupun aplikasi AirVisual nilai air quality index (AQI) Jakarta adalah 168. Jakarta ada di posisi kedua setelah Lahore, Pakistan. Kualitas udara di Jakarta dinyatakan 'unhealthy'.  | AKURAT.CO/Sopian

AKURAT.CO, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang putar otak mencari jalan keluar dari masalah polusi udara yang baru-baru ini menjadi sorotan. Salah satu cara menekan tingginya polusi udara adalah wajib uji emisi pada 2020 mendatang.
Meski begitu, uji emisi bukan solusi tunggal untuk bisa keluar dari jeratan masalah ini. Mengajak masyarakat menggunakan transportasi umum juga dianggap cara yang mumpuni untuk mengentaskan masalah polusi udara.


Direktur Eksekutif Jakarta Public Service (JPS), Mohammad Syaiful Jihad mengatakan, langkah Pemerintah Provinsi DKI untuk menghadirkan layanan transportasi terintegrasi patut diacungi jempol. Layanan transportasi yang baik bakal mendorong masyarakat untuk meninggalkan kendaraan pribadinya dan menggunakan angkutan massal.
"Tentu kita tidak hanya bisa mengkritik soal buruknya kualitas udara di Jakarta, tapi jika masih bepergian menggunakan kendaraan pribadi, maka disini kita perlu action bersama," ujar Syaiful saat dikonfirmasi, Senin (8/7/2019).
Pada masa pemerintah Gubernur Joko Widodo semua Aparatur Sipil Negara (ASN) dilarang menggunakan kendaraan pribadi tiap jumat pertama setiap bulan. Peraturan ini diundangkan melalui Intruksi Gubernur Nomor 150 Tahun 2013 tentang pengunaan kendaraaan umum bagi pejabat dan pegawai di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. 
Ingub ini kemudian diwariskan hingga ke masa pemerintahan Gubernur Anies Baswedan dan diterapkan hingga hari ini. Menurut Syaiful aturan seperti ini harus terus diinovasi.
Gubernur Anies Baswedan kata dia meski bisa membuat terobosan baru dengan mengeluarkan Ingup serupa untuk melarang masyarakat menggunakan kendaraan pribadi pada hari tertentu.
"Harus ada Pergub atau Ingub baru, yang dapat memperluas sasaran pengguna kendaraan pribadi, agar beralih ke kendaraan umum dan tidak hanya terpaku pada pegawai Pemprov, tapi juga pegawai perkantoran, serta adanya penambahan waktu pelaksanaannya," ujarnya.
Dengan pembatasan penggunaan kendaraan bermotor semacam ini, Syaiful meyakini masyarakat Ibu Kota bakal menggunakan angkutan umum dalam kesehariannya. Apalagi baru - baru ini Kota Jakarta mendapat peringkat tiga besar dunia dalam pengelolaan transportasi umum.
"Saat ini perbaikan sistem transportasi DKI Jakarta mengalami kenaikan tren postif, dan berhasil tembus ke tiga terbaik dunia, oleh karena itu perlu kiranya regulasi yang mendorong, agar masyarakat beralih ke kendaraaan umum," tutupnya.[]




Source and more info



Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
wow mantab. Tegas dan beriman
udah ada solusi sebelumnya. tinggal dijalanin aja. ga perlu ingub.
tinggal ganti nama programnya biar ga keliatan kalo warisanemoticon-Leh Uga
Car free day setiap hari di semua jalan di Jakarta..

Udara gak lama langsung bersih
Ya semoga semakin banyak masyarakat yang pakai angkutan umum
astajim emoticon-Kagets
Quote:


Kasih pkl sekalian.
Jadi tiap pagi gw bisa ngedeprok di tengah sudirman makan lontong sayur. Bahagia nya hidup ini.
emoticon-Ultah
Quote:

busway, commuter, mrt masih kurang
sabtu gw nyobain masih empet2an di busway dan commuterline
mesti diperbanyak biar nyaman, sama mrt kayanya rada kemahalan deh kl segitu


Justru buat mengurangi polusi itulah dibangun transjakarta dan terakhir mrt untuk mengajak masyarakat menggunakan transportasi umum oleh gubernur sebelum sebelumnya, meskipun hasilnya belum memuaskan dikarenakan mudah dan murahnya kredit kendaraan bermotor...

Nah sekarang gilirin anis, selain cuma bisa ngebacot aja, apa upaya yg akan dilakukan buat membersihkan polusi udara dijkarta ?
Quote:


Semoga bisa ditambah
profile-picture
firewallshop memberi reputasi
Pertama ente dibikin ngedukung, suka dan ngefans
Setelah itu
Ente pun cuman bisa sungkan dan sungkan utk kritis
Diubah oleh xrm
uji emisi juga ga akan mengubah keadaan .... mobil listrik aja bisa ga lolos uji emisi emoticon-Cape d... (S)
tinggal teken ERP sebenernya .... berani ga si gabener emoticon-Traveller
Trus gw punya kendaraan untuk apa kalau engga boleh dipake

Mending kalau bayar pajak nya dpt potongan harga


emoticon-Blue Guy Bata (L)
Lihat 1 balasan
biasalah, rancangan dulu sampe 3 tahun, gantungin terus sampe abis jabatan emoticon-Betty (S)
Preewwtemoticon-Ngakak
pasangi waring biar udaranya jd tersaring emoticon-Ultah
buruan LRT di selesain....
di jamin menunrunkan org pake kendaraan pribadi...
angkutan umum yg lewat jalan protokol hanya boleh yg terawat. pembatasan motor sepanjang jalan sudirman thamrin harus dijalanin. peremajan trans jkt yg merk cong tong harus diganti merk jepang atau eropa yg terawat.
Lihat 1 balasan
kasih insentif gitu buat yang mau jalan kaki, pake semacam apps gps emoticon-Traveller

sekilo goceng misalnya..
ato ngga tiap jalan 10 kilo dapet kupon belanja di pasar rakyat emoticon-Leh Uga
Dlu udh bener padahal motor gak boleh lewat sudirman thamrin
Ehh dibuka lagi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di