tafakoerAvatar border
TS
tafakoer
Jangan Jadi Pencari Kerja Tapi Buatlah Lapangan Kerja, Katanya
Siapa yang tak butuh pekerjaan? Setiap orang pasti butuh yang namanya pekerjaan. Bagi mereka yang berniat untuk mandiri seringkali pekerjaan adalah sesuatu yang dibutuhkan untuk bisa mendapatkan penghasilan. Saat masuk usia kerja, setiap orang akan dihadapkan pada dunia yang sesungguhnya yaitu tentang kemandirian diri dalam berbagai hal dan perlahan namun pasti tidak akan bergantung pada orang tua lagi.

Credit : tribunnews.com

Saat masuk dunia kerja, setiap orang akan menghadapi dunia kerjanya masing-masing dan setiap orang tentunya tak selalu sama dalam menjalani setiap profesinya, mulai dari profesi yang biasa hingga profesi yang dianggap wah bagi banyak orang. Semua orang punya nasibnya sendiri ada yang beruntung dengan pekerjaannya dan ada juga yang malah sebaliknya yaitu kurang beruntung dengan pekerjaannya. Saat masuk dunia kerja kita akan dihadapkan pada banyak hal salah satunya lapangan pekerjaan yang terbatas, tak jarang persaingan demi persaingan pun terjadi karena terbatasnya lapangan pekerjaan hingga akhirnya terjadi seleksi pekerjaan. Tak sedikit orang menganggur karena begitu ketatnya persaingan di dunia kerja yang seakan tiada habisnya.

Ada yang mengatakan bahwa jangan jadi pencari kerja, akan tetapi buatlah lapangan pekerjaan. Kata-kata seperti itu biasanya kita dengar saat belajar ataupun nasihat dari orang-orang. Bila kita cermati kondisi saat ini tentunya pernyataan tersebut ada benarnya, di tengah terbatasnya lapangan pekerjaan tak salahnya membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang, selain memberi peluang bagi orang lain tentunya itu adalah tindakan yang mulia karena bisa membantu banyak orang untuk bekerja.

Membuka lapangan pekerjaan bisa dibilang bukan perkara yang mudah, membuka bisnis sendiri penuh dengan resiko terutama di awal-awal pasti akan ada jatuh bangun dalam membangun bisnis. Tak jarang sebagian orang menyerah di tengah jalan dan hanya segelintir orang yang berhasil bertahan hingga usaha yang dijalankannnya menjadi maju. Saat usaha sudah maju otomatis perlu banyak tenaga kerja, sehingga lapangan kerja terbuka bagi siapa saja.

Sudah seharusnya mindset untuk menciptakan lapangan kerja harus dimiliki setiap orang, meskipun saat ini hanya menjadi seorang karyawan misalkan tentunya mindset jangka panjangnya harus bisa membuka lapangan pekerjaan sendiri. Pemikiran seperti ini masih belum terpikirkan banyak orang karena lebih fokus pada pencarian kerja, peningkatan karir atau jabatan dan juga gaji yang tinggi. Mindset mencari kerja baiknya segera dikikis sedikit demi sedikit dan bangunlah mindset baru yaitu membangun lapangan kerja.

Credit : liputan6.com

Jangan jadi pencari kerja, tapi buatlah lapangan pekerjaan, katanya. Benarkah harus demikian? Dari paparan tulisan di atas dapat di simpulkan bahwa sudah semestinya setiap orang berpikir lebih baik menciptakan lapangan pekerjaan dibandingkan mencari pekerjaan. Memang resiko membuka lapangan pekerjaan itu besar, akan tetapi lapangan pekerjaan adalah sesuatu yang dibutuhkan banyak orang. Dengan membuka lapangan pekerjaan baru tentunya bisa membantu banyak orang untuk bekerja dan bisa menginspirasi banyak orang untuk melakukan hal serupa. Demikian paparan tulisan ane kali ini, bagaimana pendapat agan dan sista? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber :
Opini Pribadi dan Inspirasi Kehidupan
Pelajaran semasa sekolah dan kuliah
Sumber gambar via google images
rafif1380
farhan.faf
cyoga17
cyoga17 dan 11 lainnya memberi reputasi
12
10.8K
134
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan