RetnoQr3nAvatar border
TS
RetnoQr3n
Hobi Baca, Tapi Sering Ngantuk? Udah Coba Tips Ini?

Tips mengatasi kantuk saat membaca
 

Dokumen Pribadi


Agan Sista di mana pun berada. Apa kabarnya? Setelah sekian lama ga nulis lagi. Kali ini ane muncul kembali membawa tips n trik yang cetar banget dan semoga bermanfaat untuk semuanya.

 
Ane yakin, Agan dan Sista udah ga asing lagi dengan aktifitas yang satu ini, kan. Membaca. Yups, membaca adalah sebuah aktifitas yang sering Agan dan Sista lakukan, baik terpaksa atau dipaksa. Bahkan sebagian Agan dan Sista menjadikan kegiatan ini menjadi hobi. Ibaratnya ya, hari-hari belum lengkap tanpa membaca.

Karena membaca adalah jendela dunia.


 
Nah, kadang kala ketika kita (termasuk ane) membaca terseranglah sebuah virus, yaitu virus ngantuk. Awalnya Cuma nguap-nguap, tapi lama kelamaan mata jadi berair dan menghilangkan konsentrasi baca kita.
 
Hal itu wajar banget terjadi sih Agan Sista. Karena reaksi dari tubuh yang bekerja untuk memproses semua informasi dari luar yang menyebabkan kelelahan. Setahu ane, aktifitas membaca itu adalah sebuah aktifitas yang butuh fokus tinggi dan koordinasi mata dengan saraf. Untuk apa?
 
Untuk menyerap semua informasi yang masuk. Pernah ngalamin pas selesai baca, ga tau apa yang dibaca? Nah, mungkin otaknya sedang lelah menyerap informasi, jadi yang dilakukan hanya melihat-lihat saja.
 
Supaya hobi baca kita terlaksana dengan baik dan produktif, maka perlu nih Agan dan Sista mencoba beberapa tips yang ane sharing. Lumayan lah, biar ga ngantuk pas baca:

1.       Bulatkan Tekad dan Niat Untuk Membaca

Tekad dan niat itu perlu banget. Karena, ketika kita sudah berniat melakukan sesuatu, maka akan timbul motivasi dan juga semangat dari dalam diri. Semangat itu yang akan menggerakkan seluruh tubuh kita untuk mendukung kegiatan itu.

2.      Bangun Mind Set Bahwa Membaca Itu Asik

Mind set ini berguna agar kita melakukan kegiatan membaca itu dengan senang hati. Tidak ada target atau paksaan apa pun. Yang penting happy melakukannya.

3.      Pilih Bacaan yang Menarik

Jangan paksakan diri untuk membaca hal di luar ketertarikan kita. Misalkan lagi seneng baca cerita atau novel ringan, maka jangan pilih buku penemuan fisika.

4.      Pilih Waktu yang Tepat Untuk Membaca

Nah, ini penting untuk mendukung hobi. Pilihlah waktu yang tepat untuk membaca. Karena waktu juga menentukan seberapa fokus kita. Misalkan: di pagi hari setelah mandi.
Jangan salahkan kantuk kalau kita membaca di malam hari, karena waktu malam adalah waktu untuk tidur setelah tubuh kelelahan beraktifitas.

5.      Pilih Tempat yang Nyaman Untuk Membaca

Tempat yang nyaman adalah tempat dimana kamu bisa rilex melakukan sesuatu. Termasuk membaca. Bukan Cuma di perpustakaan, tapi kamu bisa menciptakan tempat yang nyaman sendiri.

Kalo ane seneng baca di DPR alias Di bawah Pohon Rindang. Ditemani semilir angin sepoi-sepoi.

6.      Siapkan Cemilan dan Minuman

Cemilan yang bikin suasana makin asik dan tidak menjemukan, ditambah minuman hangat atau soda penghilang dahaga. Bikin membacamu makin asik.

7.      Istirahat yang Cukup

Boleh aja kita menjadi kutu buku yang membaca di mana pun dan kapan pun. Tapi ingat, mata juga punya hak untuk istirahat. So, istirahatlah secukupnya.
 
Okeh, sekian thread ane kali ini. Semoga bermanfaat dan bisa membantu Agan dan sista menunjang hobi membacanya.

 

Quote:


   

Salam hangat dari TS
Retno Qren (RetnoQr3n)


yuni.wahyuni114
Candra310
hugomaran
hugomaran dan 26 lainnya memberi reputasi
25
8.4K
133
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan