koibrushAvatar border
TS
koibrush
Smartfren, Cepat Dalam Berkoneksi Lancar Dalam Berkomunikasi
Kembali lagi ane hadir memberikan informasi terkait penggunaan  Smartfren 4G Unlimited. Awalnya ane pesimis dengan koneksi dari Smartfren 4G Unlimited ini karena provider pesaing juga tidak sedikit di luar sana. Namun, layanan koneksi Smartfren 4G Unlimited sungguh memuaskan setelah ane menggunakannya sendiri. Sejak bulan September 2018, Smartfren meluncurkan kartu perdana Super 4G Unlimited dan Voucher Super 4G Kuota. Banyak pilihan yang diberikan untuk kedua tipe voucher Smartfren tersebut, kebetulan ane awalnya mencoba Kartu perdana Super 4G Unlimited dengan dengan kuota 1GB per hari dengan total kuota 30GB seharga 65 ribu rupiah.

Sedangkan untuk Voucher Super 4G Kuota tersedia beberapa pilihan seperti Super 4G Kuota 10 GB seharga Rp 30.000, Super 4G Kuota 16 GB seharga Rp 40.000, Super 4G Kuota 30 GB seharga Rp 60.000 dan Super 4G Kuota 60 GB seharga Rp 100.000.



Paket unlimited Smartfren menerapkan batas pemakaian wajar (Fair Usage Policy/FUP) per hari sebesar 1GB. Jika sudah tercapai batas 1GB/hari, maka kecepatan Super 4G Unlimited akan disesuaikan menjadi 512Kbps. Bagi ane sendiri cukuplah untuk keperluan browsing internet dan  bersosial media.



Jaringan Smartfren khususnya di tempat ane bedomisili saat ini di kota Bandung,  ane melakukan uji kecepatan jaringan di lokasi tempat ane tinggal dan lokasi sekitar kampus. Saat jam-jam sibuk misalnya (jam ane masuk kuliah) koneksi Smartfren tetap stabil saat digunakan melakukan browsing internet, bahkan untuk download kecepatan downloadnya juga lumayan. Hanya terkadang saat cuaca sedang buruk, koneksi agak mengalami gangguan, sedangkan untuk jam-jam santai atau saat ane berada di rumah kecepatan koneksi internet Teman Pintar makin menggila, walaupun ane harus bersedia menghadapi kenyataan batas FUP harian sudah mendekati batasnya. Setelah melewati batas FUP, ane melakukan Speed Test kembali untuk Smartfren yang mana walaupun kurang optimal dibandingkan sebelum kena limit FUP harian tapi kecepatan download ane anggap masih wajar, karena kebetulan ane cuma perlu mendownload dokumen kuliah yang dikirim ke GMail dan Google Drive. Hasil Speed Test menunjukkan bahwa Smartfren 4G Unlimited memiliki kecepatan download 15.7Mbps dan upload 1.67 Mbps.



Tes beralih pada streaming konten video youtube, sebelum mencapai batas FUP harian, Smartfren mampu memberikan layanan streaming video youtube tanpa harus buffering, ya tanpa harus buffering! apalagi untuk kualitas HD. Namun terlihat berbeda bila sudah mencapai batas FUP dimana saat melakukan streaming Youtube, Teman Cerdas masih mampu memutar video dengan resolusi non-HD. Hal ini juga berlaku saat ane bermain game online PUBG lancar tanpta lag, sebelum mencapai batas FUP harian dan setelah mencapai batas FUP, mulai terlihat lag meskipun dengan kondisi jaringan yang stabil. Bagi ane bermain PUBG tidak mengeluarkan banyak kuota karena Game online PUBG lebih banyak menguras performa dan daya baterai smartphone.

Sebagai kesimpulan ane bisa katakan untuk kestabilan koneksi jaringan, tergantung pada lokasi, waktu dan kondisi cuaca serta sudah atau tidaknya mencapai batas FUP.

Setelah ane berikan penjelasan mengenai pengujian koneksi, ane akan jelaskan benefit lainnya dari kartu perdana Smartfren Super 4G Unlimited, yaitu gratis nelpon sepuasnya ke sesama pengguna Smartfren selama 30 hari, wah kebetulan nih ane punya teman kampus yang juga pake si Teman Pintar buat teleponan sepuasnya, apalagi kalo ngobrolin masalah tugas kuliah, ngajakin main game bareng, atau nonton bioskop bareng tentu saja ane ga perlu khawatir memantau pulsa habis karena nelpon sampai puas. Selain ke sesama Smartfren, ada juga benefit gratis nelpon ke semua operator selama 10 menit. Menurut ane, 10 menit juga sangat membantu buat ane yang butuh menghubungi orang tua walaupun mereka menggunakan operator seluler berbeda. Jadi, selain cepat dalam koneksi Smartfren membuat ane lancar dalam berkomunikasi.

 

aquarele
rajabebek
sukaBB
sukaBB dan 4 lainnya memberi reputasi
1
7.7K
34
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan