alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Cemilan Dari Tanah Liat Yang Mulai Dilupakan
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d16197b48c38d7cc2555d69/cemilan-dari-tanah-liat-yang-mulai-dilupakan

Cemilan Dari Tanah Liat Yang Mulai Dilupakan

Cemilan Dari Tanah Liat Yang Mulai Dilupakan

Foto : google.com

Hai agan sista yang baik hati dan tidak sombong. Ketemu lagi dengan Irum di thread sederhana ini. Gimana kabar agan sista hari ini? Semoga selalu dilimpahi kesehatan yaa, secara musimnya lagi dingin beud, jadi harus benar-benar menjaga kesehatannya.


Agan sista pernah tau, dengar atau bahkan pernah mencicipi camilan dari tanah liat?

Yaap ... cemilan ini bisa ditemui di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Namanya Ampo.

Saat ane masih kecil sering banget denger ibu ane nyuruh kakak perempuan yang sedang hamil buat konsumsi cemilan ini karna dipercaya wanita hamil yang makan ampo, bayinya lahir dalam keadaan bersih tanpa disertai lendir yang membungkus badannya.

Ajaib memang gan, saat kakak ane ngelahirin bayinya tak sedikit pun lemak menempel di wajah, rambut ataupun kulit badannya. Seperti bayi yang udah dimandiin aja. Meski untuk membuktikan semua ini masih butuh penelitian tentunya gan.

Dan sampai sekarang kayaknya belum ada nih penelitiannya. Hanya bukti yang tersaji.
emoticon-Ngakak


Cemilan dari tanah liat ini banyak di temukan di daerah Tuban Jawa Timur. Meski di beberapa daerah di Jawa Tengah kita juga masih bisa mendapatkannya meski tak sebanyak dulu.

Saat ane kecil dan tumbuh di klaten, penjual jamu di pasar sering menempatkan ampo-ampo ini di sebuah kotak dan dijual dalam bentuk batangan.

Bentuknya yang mirip coklat dengan warna agak kemerahan memang memiliki bau khas tanah yang tersiram air hujan atau yang sering kita dengar dengan istilah petrikor.

Jika untuk sebagian orang biasanya menyentuh tanah aja enggan karna takut kotor atau takut kena penyakit, tidak dengan orang-orang yang biasanya mengemil makanan satu ini.

Mereka tak khawatir lagi untuk mengkonsumsi karena manfaat yang terkandung dalam cemilan ini, yakni bisa memberikan perlindungan untuk pencernaan. Dan di sebagian masyarakat yang mengkonsumsi ampo dipercaya bisa menyembuhkan penyakit maagh akut.

Proses pembuatannya yang dipanggang bisa mengurangi resiko tanah terjangkit virus atau bibit penyakit.

Cemilan Dari Tanah Liat Yang Mulai Dilupakan
foto: google.com

Quote:


Jika agan sista penasaran dengan cemilan satu ini dan ingin membuktikan khasiatnya, kalian bisa berkunjung ke daerah Tuban Jawa Timur.

Nah gimana bre, sudah sedikit tau kan bahwa di negara kita ada cemilan yang gak biasa? Jadi gak ada alasan untuk tidak mencintai makanan tradisional kita.


Jangan lupa kasih cendol yang penuh ya gan, biar kagak kehausan.

Ini nih sumber yang bisa dibaca gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
richardus96 dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh irummm
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
hayoo siapa aja agan sista yang pernah incip ini camilan?
profile-picture
liamseka memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kalo kagak tau disangka coklat emoticon-Ngakak
profile-picture
d.l.may memberi reputasi
dark coklat alternatifemoticon-Ngakak (S)
profile-picture
warrysangru2 memberi reputasi
Quote:


Gkgkk tapi cium baunya dah ketauan bukan coklat gan emoticon-Ngakak
Quote:


emoticon-Ngakak
sebelum kembali ke tanah, makan tanah
emoticon-Coblos
profile-picture
profile-picture
irummm dan sintaaak memberi reputasi
nunggu ripiuw yutuber
profile-picture
irummm memberi reputasi
cemilan mah indomi aja emoticon-Cool
emang enak itu?
profile-picture
irummm memberi reputasi
Quote:


Mantul ... karena hidup pun juga dikelilingi tanah
Quote:


Gkgkkk bikin kenyang
Quote:


emoticon-Ngakak
Quote:


Enak bagi penikmatnya bude. Akupun makan pas hamil karna dipercaya bikin bersih ke bayik kl lahir
cocok nih buat cemilan anak kosan pas kantong lagi kering emoticon-Malu
tanah kok dimakan emoticon-Ngakak
pernah denger. cuma nga minat makan nya sih emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
irummm memberi reputasi
Tanah liat emoticon-Matabelo
profile-picture
irummm memberi reputasi
pernah diliput d program tv jejak si gundul gan emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
irummm memberi reputasi
Manusia diciptakan dari tanah, manusia makan tanah, manusia kanibal
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di