djalanloeroesAvatar border
TS
djalanloeroes
Avanza-Xenia Sukses, Tapi Mobil Kembar Ini Gagal Total di Pasar Otomotif Indonesia
      
Kesuksesan proyek mobil kembar seperti Toyota Avanza dengan Daihatsu Xenia, Toyota Agya dengan Daihatsu Ayla, dan Toyota Calya dengan Daihatsu Sigra sudah banyak diketahui. Mobil-mobil kembar ini cukup menarik minat masyarakat, bahkan menjadi mobil favorit di Indonesia.

Biasanya ketika satunya menyedot perhatian pasar otomotif, maka pasangannya akan mengalami nasib yang sama. Sehingga keduanya menjadi kendaraan yang laris manis dan mendominasi di jalan raya. Itulah yang terjadi pada ketiga proyek mobil kembar di atas.

Namun, tak sedikit pula proyek mobil kembar yang kembarannya gagal. Satunya sukses diterima pasar, namun pasangannya gagal total. Inilah deretan pasangan mobil kembar yang mengalami kegagalan di pasar otomotif tanah air:

1. Suzuki Ertiga dan Mazda VX-1

Berbeda dengan Suzuki Ertiga yang termasuk kendaraan terlaris, kembarannya, Mazda VX-1, bernasib buruk. Sejak diluncurkan 2013 hingga 2015, Mazda VX-1 hanya terjual 1.604 unit. Terakhir pada 2016 mobil ini hanya terjual 27 unit. Karena performa penjualan yang buruk, pihak Mazda pada awal 2017 telah menyuntik mati alias tidak memasarkan lagi jenis kendaraan serbaguna atau MPV (multipurpose vehicle) ini di Indonesia.

Spoiler for Mazda VX-1:


2. Suzuki APV dan Mitsubishi Maven

Suzuki APV menjadi kendaraan favorit keluarga Indonesia, namun kembarannya, Mitsubishi Maven, tak pernah terlihat di jalan raya karena sangat sedikit masyarakat yang memilikinya. Pemasaran Mitsubishi Maven di Indonesia hanya berlangsung 2 tahun. Diluncurkan pada 2005 dan dihentikan produksi dan pemasarannya pada 2007. Selama 2 tahun itu, kendaraan berkabin lapang ini hanya terjual 2.639 unit.

Spoiler for Mitsubishi Maven:


3. Isuzu Panther dan Chevrolet Tavera

Si raja diesel Isuzu Panther punya kembaran bernama Chevrolet Tavera. Berbeda dengan Isuzu Panther yang cukup diminati masyarakat, Chevrolet Tavera nyaris tak terdengar dan tak pernah terlihat di jalan raya. Dilepas ke pasar pada 2001, hingga 2007 tidak juga mendapat sambutan positif dari konsumen otomotif tanah air. Karena itu, pada 2007 pihak Chevrolet, produsen kendaraan yang bermarkas di Amerika Serikat ini, mendiskontinu pemasaran Chevrolet Tavera di Indonesia.

Spoiler for Chevrolet Tavera:


4. Mitsubishi L300 dan Isuzu Bison

Mitsubishi L300 dan Isuzu Bison adalah kendaraan kembar untuk jenis pick-updan minibus. Berbeda dengan Mitsubishi L300 yang melegenda, Isuzu Bison adem-adem saja, jarang sekali terlihat di jalan raya karena sangat sedikit yang memilikinya. Isuzu Bison yang diluncurkan pada 2010, hingga kini setiap tahun hanya terjual sekitar 100 unit. Kendati demikian, pihak Isuzu belum menyuntik mati mobil ini dan masih memasarkannya hingga kini, dengan pembaharuan model yang dilakukan pada 2018. Mengingat kompetitor mobil jenis ini tidak banyak, sementara keberadaannya masih dibutuhkan, terutama oleh dunia usaha.

Spoiler for Isuzu Bison:


Itulah mobil-mobil kembar yang pasangannya gagal total di pasar otomotif Indonesia. Ternyata mobil kembar bukan jaminan sukses bagi pasangannya

Referensi tulisan 1

Referensi tulisan 2

Referensi tulisan 3

Referensi tulisan 4

Referensi tulisan 5

Referensi tulisan 6

Referensi tulisan 7

Referensi tulisan 8

Referensi tulisan 9

Sumber foto 1

Sumber foto 2

Sumber foto 3

Sumber foto 4
Diubah oleh djalanloeroes 19-07-2019 02:07
koi7
slametgentho
JodiLuthfan
JodiLuthfan dan 14 lainnya memberi reputasi
11
21.9K
132
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan