panjul1993
TS
panjul1993
7 Video Cinematic Travelling Terbaik Di Dunia -- Versi Ane!!




Helloooww my pren. . .  
Ketemu lagi sama gw si TS tampan sejagad kaskus raya emoticon-Cool




Selamat pagi, siang, sore, dan malam gansis sekalian. Selamat berjumpa kembali di thread gw yah. Thread kali ini gw akan membahas tentang seni. Menurut wikipedia, Art is a diverse range of human activities in creating visual, auditory or performing artifacts, expressing the author's imaginative, conceptual ideas, or technical skill, intended to be appreciated primarily for their beauty or emotional power. Seni kan banyak macamnya yah gansis, ada seni rupa, seni musik, seni budaya, dsb. Nah, thread gw kali ini akan membahas tentang seni cinematography.





Apa sih video cinematicitu? Cinematography itu berasal dari bahasa Yunani: Kinema yang berarti gerakan, Photos yang berarti cahaya dan Graphos yang berarti lukisan. Jadi cinematography bisa diartikan melukis dengan gambar yang bergerak dengan cahaya. 

Semakin ke sini seni tentang video cinematic ini semakin ramai diminati oleh kalangan luas. Teknologi semakin canggih dan pastinya itu semakin mudah bagi kita semua untuk membuat video cinematic tersebut. Tinggal gansis jalan-jalan sambil membawa peralatan tempur macam smartphone, kamera sejenis DSLR, GoPro atau mirrorless, drone, stabilizer, laptop, dll. Lalu edit menggunakan aplikasi semacam Final Cut Pro X, Adobe Premiere Pro, dsj. Setelah edit video, gansis tinggal masukkan lagu yang sesuai, atur-atur warna, masukkan sedikit story telling, dan jadi deh video cinematicnya hahaha.

Pastinya gansis semua pernah menonton video-video cinematic travelling yang ada di dunia ini kan atau bahkan gansis pernah membuatnya juga. Nah, di bawah ini gw akan membagikan video-video cinematic travelling yang menurut gw terbaik di dunia ini (yang gw tahu) kepada gansis sekalian.

Semua video yang ada di bawah ini seringkali membuat gw terinspirasi untuk mengikuti jejaknya. Tapi apa daya, gw masih nyaman di zona nyaman gw. Gw belum berani seperti mereka-mereka yang keluar dari zona nyamannya mereka untuk berkeliling dunia dan membuat video-video cinematic yang akan mereka bagikan kepada kita semua.

Daripada gw makin banyak ngomong, mending gansis tonton sendiri yah video-videonya, hehe. Btw, gw rekomendasiin gansis untuk nonton di 720p atau 1080p. Jadi pastikan kuota gansis banyak yah emoticon-Jempol

Gw bakal mengurutkan dari atas ke bawah. Dimulai dari yang biasa ke yang luar biasa emoticon-Big Grin.




So, this is the. . .



~ Enjoy the video ~

emoticon-Traveller





Note: Tonton video di bawah ini dengan kualitas 720p - 1080p!


VII



30 Days In Bali

Video by: Laura Reid
Music: Paperwhite - Only Us
Dipublikasikan pada tanggal 26 Juni 2018




Laura Reid, itulah nama sesosok wanita yang ada di dalam video tersebut. Seorang youtuber, vlogger, dan pastinya seorang wanita cantik. Gw mengenal dia dari video vlognya Lost LeBlanc (a.k.a Christian LeBlanc) pas waktu dia sedang menetap di Bali bersamanya. Laura Reid ini adalah mantan pacarnya Lost LeBlanc dan sering membuat video vlog bareng di youtubenya Lost LeBlanc.

Karena Laura Reid ini sangat cantik bagi gw (selera gansis, hehe), mangkanya gw kepoin dia dan akhirnya menemukan akun instagram dan akun youtubenya juga, hehe. Di sana ada video cinematicnya yang menurut gw simple tapi berkelas banget. Ngerti kan maksudnya gw? Kalau belum mengerti juga coba tonton deh videonya sama gansis sendiri.

Footage-footagenya sebenarnya simple doang, tapi proses editingnya itu yang luar biasa. Pasti ada sedikit lah dibantu juga oleh Lost LeBlanc, haha. Ada beberapa footage yang menonjol di dalam video ini, yaitu pas bagian sunset dan ada Laura di sana. Dapet banget gansis feelnya!

Proses cut to cutnya juga smooth banget. Simple, pas dengan irama musik dan sebenarnya ada beberapa footage yang ditampilkan secara berulang-ulang loh kalau gansis perhatikan dengan baik-baik, tapi tetap keren jadinya. Gradding colornya juga keren! Ditambah video ini juga menggunakan musik yang sangat easy listening banget dan sangat cocok untuk video ini yang terkesan dengan aura feminimnya Laura Reid.

Sista-sista jangan pada ngiri yah sama Laura Reid, haha. Minta aja sama cowok-cowok kalian untuk buatin video seperti ini emoticon-Big Grin.



VI



오사카 (Osaka)

Video by: Kyung6Film
Music: The Chainsmokers ft. Halsey - Closer (Shaun Frank Remix Audio)
Dipublikasikan pada tanggal 31 Juli 2017

 


Gw kasih tahu nih gansis bahwa Korea juga memiliki youtuber yang bergerak dalam bidang video cinematic travelling. Nama youtubenyaadalah Kyung6Film. Pertama kali gw tahu video ini adalah karena covernya menampilkan seorang wanita cantik (namanya juga laki-laki, hehe). Setelah gw telusuri lebih lanjut, akhirnya gw mendapatkan nama si cewek cover video tersebut. Namanya adalah Bora Kim

Gw klik lah tuh video, ternyata video cinematicnya luar biasa bagusnya. Semua videonya terkonsep dengan jelas. Tidak hanya menjual tampang seorang cewek cantik saja emoticon-Smilie. Video vlog seharusnya seperti buatan si Kyung6Film ini! Contoh nih youtuber-youtuber Indonesia yah. Story tellingnya nggak usah ditanya lagi. Semuanya terkonsep dengan jelas di video-videonya. Kualitas editingnya juga sangat mumpuni. Pengaturan cahayanya juga pas banget, gokil! Footage dari dronenya juga smooth banget.

Gansis jangan hanya terpaku sama drakor-drakor geje atau running man saja, udah kaga jaman! Coba gansis tonton deh video-videonya dari Kyung6Film ini (ada subtitle Inggrisnya kok). Jadi nggak akan salah kalau gw bilang kalau Kyung6Film ini adalah salah satu vlogger terbaik yang ada di Korsel.



V



- Bali -

Video by: Jack Morris
Music: Fakear - Something Wonderful
Dipublikasikan pada tanggal 11 Juni 2018




Video selanjutnya datang dari pasangan couple Jack Morris dan Lauren Bullen. Video perjalanan romantis mereka saat mereka menghabiskan waktunya di tempat yang paling indah milik Indonesia, Bali.

Menurut gw videonya Jack Morris ini adalah video paling romantis yang pernah gw tonton. Dan seperti biasa, kualitas editingnya sangat luar biasa. Pengambilan footage-footageyang ada di Bali pun diambilnya dengan sempurna sehingga terlihat indah saat menontonnya di youtube. Proses cut to cutnya juga smooth banget dan sesuai dengan irama lagunya. Apalagi ditambah dengan tata pencahayaan yang sangat eye catching di mata penonton.

Dan gw akan menempatkan videonya Jack Morris ini di posisi kelima terbaik versi gw. Jangan iri yah gansis pas lihat momen-momen romantis mereka emoticon-Big Grin.



IV



Thailand - Land Of Incredible Stories

Video by: Benn Jayms Tkalcevic
Music: Odesza - Higher ground (Ft. Naomi Wild)
Dipublikasikan pada tanggal 29 Agustus 2018




Ini dia video perjalanan Benn saat ia pertama kalinya ke Thailand.

Thailand adalah salah satu destinasi yang banyak diminati oleh wisatawan asing dari tahun ke tahun. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa Thailand adalah salah satu destinasi paket lengkap. Pemandangan alam yang luar biasa indahnya, wisata agamanya yang sangat melekat di masyarakat, kebudayaannya, tempat oleh-oleh murah dan pastinya berkualitas, terlebih kehidupan malamnya, hahaha. I love Phuket!

Gara-gara videonya si Benn ini gw jadi pengen juga cepat-cepat ke Thailand, hehe. Gila sih nih video cinematicnya. Transisi perpindahan dari satu footageke footage lainnya smooth banget dan menyatu. Footage via dronenya pun smooth, footage underwaternya apalagi, sangat indah gansis! Permainan timelapsenya juga gokil banget. Belum lagi si Benn menambahkan efek-efek khusus yang ada di dalam videonya. Untuk pencahayaannya juga pas di mata kita sebagai penonton.

Yang gw senang juga, videonya Benn tidak hanya menampilkan keindahan alamnya Thailand, tetapi Benn juga menampilkan keindahan kebudayaan Thailand dan kehidupan orang-orang Thailand, dan itu membuat story telling dalam videonya terasa sangat berkesan.

Dan gw akan menempatkan videonya Benn di peringkat ke-empat video cinematic travelling terbaik versi gw emoticon-Big Grin.



III



EGYPT - Like Never Before

Video by: JR Alli
Music: Fal - Max LL
Dipublikasikan pada tanggal 30 Maret 2019




Video selanjutnya datang dari sesosok anak muda yang bernama JR Alli. Seorang youtuber cinematicyang berasal dari Toronto, Canada. JR Alli ini sudah sangat populer di dunia cinematic video bersama Sam Kolder. Nggak heran sih kalau dia terkenal, haha. Gansis bisa lihat hampir semua video cinematic dia sangat luar biasa indahnya. Kualitas editing yang sangat mumpuni, story telling yang terkonsep dengan jelas, efek-efek yang ditambahkan di dalam video juga sangat bagus, yah sempurna lah, hehe.

Dan nggak heran kalau gw menempatkan JR Alli di posisi ketiga terbaik di dunia emoticon-Angkat Beer.



II



My Year 2016

Video by: Sam Kolder
Music: Illenium - Reverie (feat. King Deco)
Dipublikasikan pada tanggal 12 Maret 2017




Tidak bisa dipungkiri bahwa Sam Kolder adalah salah satu pencetus tentang dunia video cinematicdalam hal travelling. Sehingga beberapa tahun kemudian, video serupa menjadi marak bermunculan di dunia ini. Siapa sih yang tidak terinspirasi dari videonya Sam Kolder yang berjudul My Year 2016? Semua orang pastinya pernah terinspirasi oleh video buatannya itu. Gw pun bahkan pernah terinspirasi dengan videonya.

Video My Year 2016 itu berupa kumpulan-kumpulan perjalanan Sam Kolder beserta timnya yang hampir mengelilingi seluruh dunia ini, termasuk Indonesia. Teknik editing yang sangat baik, story telling yang cukup baik, gradding color yang pas menurut gw sehingga terlihat eye cathing, cut to cutnya juga pas dengan irama lagu. Semuanya sangat perfect alias sempurna!

Tidak heran kalau gw memposisikan dia di urutan kedua terbaik yang ada di dunia.

~ Live every day as if it was your last - Sam Kolder, 2017 ~



I



Watchtower Of Turkey

Video by: Leonardo Dalessandri
Music: Experience - Ludovico Einaudi (facebook.com/ludovicoeinaudi)
Dipublikasikan pada tanggal 6 Oktober 2014




Untuk video ini, gw speechlessgansis. Gw nggak tahu lagi harus menilai seperti apa untuk video satu ini. Sepertinya kata sempurna pun tidak cocok untuk menggambarkan betapa indahnya karya dari Leonardo Dalessandri ini. Mungkin kata masterpiece barulah cocok untuk video cinematic yang satu ini.

Kalau Sam Kolder sebagai orang yang mempopulerkan video cinematic travelling, berbeda dengan Leonardo Dalessandri. Leonardo Dalessandri itu adalah Dewanya cinematic video travelling, serius! Silahkan gansis tonton sendiri videonya kalau nggak percaya. Jangan harap gansis bisa berkedip sekejap saja ketika nonton videonya. Gw nggak ngerti lagi bagaimana caranya dia mengedit videonya. Gw juga nggak tahu berapa banyak footage yang dia ambil dan digambungkan ke dalam videonya.

Perpindahan dari satu footage ke footage lainnya sangat cepat sekali gansis, mungkin hanya beberapa detik doang. Dewa! The God of Editing! Jadi nggak heran kalau gw menempatkan video ini di posisi pertama di dunia.





Oke gansis, itu lah ketujuh video cinematic travelling terbaik yang ada di dunia versi gw. Kalau gansis tidak setuju dengan pilihan gw dan punya pendapat sendiri, gansis bisa kasih tahu di kolom komen di bawah nanti yah. Dan kalau ada salah-salah kata di thread gw kali ini, gw minta maaf dan akan gw perbaiki ke depannya agar lebih baik lagi emoticon-Shakehand2






Sekian dan Terima Kasih. . .

Kalau berkenan dengan thread ini, gansis bisa apresiasi lewat emoticon-Blue Guy Cendol (L) , emoticon-Rate 5 Star

Dan. . .

Jangan lupa tinggalkan komen yang bermutu yah. . .

Gw selaku TS, pamit undur diri dulu yah. Sampai bertemu di thread selanjutnya. . . 

emoticon-Traveller












Sumber: Youtube + Pemikiran sendiri
Media: Google Picture + Google





Diubah oleh panjul1993 19-06-2022 01:37
davecchioarief...xcoding
xcoding dan 19 lainnya memberi reputasi
20
15.7K
113
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan