alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS punya fitur baru: MENTION! Berkomunitas jadi makin seru! Cekidot!
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Domestik /
Gunung Mutis, Surganya Keindahan dari Pulau Timor Manise
4.86 stars - based on 7 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cf5fd3782d4956934175b6a/gunung-mutis-surganya-keindahan-dari-pulau-timor-manise

Gunung Mutis, Surganya Keindahan dari Pulau Timor Manise

Hallo agan/aganwati para pecinta Travellers.... Beta mau kasih kenal salah satu spot wisata terbaik dari Pulau Timor di NTT yang layak buat agan/aganwati kunjungi emoticon-Smilie
Yuk disimak dibawah ini gan emoticon-Smilie


Nusa Tenggara Timur memiliki keindahan dan pesona alam yang tidak ada habisnya. Lain waktu Anda berniat mengunjunginya, jangan hanya mampir ke Kupang yang terkenal dengan wisata Pantai Kolbano, Pulau Kera, dan Gua Kristalnya. Sempatkan waktu untuk menengok keindahan Cagar Alam Gunung Mutis.

Cagar Alam Gunung Mutis, Desa Fatumnasi


emoticon-Sundul Gan (S)


Cagar Alam Gunung Mutis ini terkenal dengan gunung-gunung batu marmernya yang oleh masyarakat setempat disebut Faut Kanaf atau batu nama. Kawasan wisata ini berjarak sekitar 140 km dari timur laut dari Kota Kupang dan memiliki luas sekitar 12.000 hektar. Kawasan cagar alam ini dihuni oleh salah satu suku tertua di NTT yaitu Suku Dawan.

Kawasan Wisata Gunung Mutis memiliki tipe vegetasi yang merupakan perwakilan hutan homogen dataran tinggi. Kawasan ini juga didominasi berbagai jenis ampupu (Eucalyptus urophylla) dan cendana (Santalum album). Selain kedua jenis tumbuhan itu, masih ada beragam jenis lain seperti paku-pakuan, rumput-rumputan, dll.

Oh ia gan, Fauna kawasan ini juga sama kayanya. Di kawasan ini pengunjung bisa menjumpai rusa Timor (Cervus timorensis), kuskus, biawak timor (Varanus timorensis), ular sanca Timor (Phyton timorensis), punai Timor (Treon psittacea), betet Timor (Apromictus jonguilaceus), pergam Timor (Ducula cineracea), dll.


emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)


Hal lain yang menarik untuk disaksikan adalah bagaimana suku-suku asli kawasan ini memanfaatkan dahan dan ranting pohon-pohon besar untuk membuatkan rumah bagi lebah hutan penghasil madu. Bagi masyarakat setempat, lebah hutan membantu mereka menopang kehidupan ekonomi dari hasil ternak dan pertanian.



Secara keseluruhan keadaan topografi Kelompok Hutan Mutis adalah berat dengan relief berbukit sampai bergunung dan keadaan lereng miring sampai curam. Sedangkan keadaan lapangan kawasan Cagar Alam Gunung Mutis dan sekitarnya bergelombang sampai bergunung, sebagian besar wilayahnya mempunyai kemiringan 60% ke atas . Puncak tertinggi adalah Gunung Mutis dengan ketinggian 2.427 meter dpl.


Gunung Mutis dan sekitarnya merupakan daerah terbasah di Pulau Timor, hujan turun hampir setiap bulan dengan frekuensi hujan tertinggi terjadi pada bulan November sampai Juli ,Suhu berkisar antara 14’C – 29’C, dan pada kondisi ektrim dapat turun hingga 9’C . Angin kencang berkecepatan tinggi terjadi pada bulan November sampai Maret.


emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Blue Guy Peace


Keadaan hujan yang turun hampir setiap bulan sepanjang tahun, memungkinkan kawasan Cagar Alam Gunung Mutis ini menjadi sumber air utama bagi tiga Daerah Aliran Sungai (DAS) besar di Pulau Timor yaitu Noelmina dan Noel Benain di bagian selatan dan Noel Fail di bagian utara. Drainase aliran sungainya berpola dendritis (Noel Mina dan Noel Benain) sebagai akibat kompleksitas permukaan di bagian selatan dan pola pararel (Noel Fail) akibat kelerengan yang relatif seragam di bagian utara.


emoticon-Big Kiss


Gunung Mutis Masuk 10 Kategori Dataran Tinggi Terpopuler di Indonesia


Gunung Mutis yang terdapat di Kabupaten TTS, Provinsi NTT masuk dalam kategori 10 dataran tinggi terpopuler di Indonesia kategori penerima penghargaan Anugerah Pesona Indonesia 2018. 


Menikmati Madu Hutan Gunung Mutis

emoticon-Wow


Nah gan, selain panorama Gunung Mutis yang indah, Agan juga bisa menikmati Madu Hutan loh dari beberapa sentra pengolahan madu di sini.

Madu hutan Gunung Mutis adalah produk lebah jenis Apis dorsata di kawasan sekitar Cagar Alam Gunung Mutis di Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur. Mereka menyerap nectar (sari) bunga pohon Eucalyptus alba saat mekar pada bulan Juni-Juli serta Desember-Januari, membangun sarang di kawasan itu dan memproduksi madu kaya manfaat.


Saat ini, madu alam Gunung Mutis dipanen oleh 176 keluarga dalam sepuluh kelompok tani yang bergabung dalam Jaringan Kelompok Masyarakat Mutis-Babnai. Jaringan ini membantu pemasaran produk madu ke kota dengan harga yang adil.

Pada saat panen, sarang lebah yang diambil dari pohon lalu diiris dan ditiriskan pada media penyaring yang terbuat dari baja tahan karat, tanpa diperas. Proses tanpa pemerasan ini menghasilkan madu organik dengan kadar air yang pas yaitu sekitar 21%, dan juga mengandung enzim diastase positif yang berguna untuk kesehatan.

Saat ini madu alam Gunung Mutis telah dipasarkan di kota Soe dan Kupang. Produk ini dijual di sejumlah toko dan koperasi pada beberapa kantor pemerintah.


Fasilitas dan Akomodasi yang Tersedia disekitar Gunung Mutis

 


Menginaplah dulu di Lopo Mutis yang berupa rumah-rumah bulat dan di dalamnya ada ranjang-ranjang berkelambu. Pak Mateos Anin sang pemilik homestay sekaligus juru kunci Gunung Mutis akan menyambut Anda dengan ramah dan bercerita banyak. Jangan lupa kenakan jaket, kaos kaki tebal dan kupluk untuk melindungi tubuh dari hawa dingin yang cukup menusuk. Asal tahu saja, Fatumnasi ini daerah terdingin di seantero Pulau Timor.


Tarif homestay Rp100.000 per orang termasuk makan 3 kali. Makanannya masakan rumahan yang percayalah, enak! Keluarga Pak Mateos memasaknya dengan penuh cinta. Ditambah udara dingin, membuat Anda ingin nambah dan nambah terus. 



Nah agan/aganwati berikut ini beberapa view di sekitar Gunung Mutis, Yuk ditengok emoticon-Smilie

emoticon-Traveller


Spoiler for Tengok disini Gan:


emoticon-Traveller
Akhir kata, Beta cuman mau bilang, untuk para agan/aganwati pecinta Travellers yang sudah senior di komunitas tercinta ini berkenan memberikan hadiah cendol plus tabokan batanya emoticon-Smilie 
emoticon-Lempar Bata
emoticon-Cendol Gan

Hadiah Cendol+Bata buat beta tambah semangat untuk terus memberikan informasi wisata untuk Anda semua para pecinta Travellers 
Khusus Wisata di Nusa Tenggara Timur


Nah guys, Masih panjang untuk dibahas. Sekiranya jikalau berkenan, bisa dibaca disini gan. Lebih komplit infromasinya.


Spoiler for SUMUR:

profile-picture
profile-picture
profile-picture
DeviMp dan 13 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh flobamorapedia
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
profile-picture
falin182 memberi reputasi
cakep dah
profile-picture
mulivw memberi reputasi
ealah. kurang piknik nih
wow menakjubkan pemandangan nya seperti di negeri dongeng
keren pemandangannya,tp jauh
Coba jarak pulau timor - jakarta kayak jakarta - bogor

Pasti rame anak alay emoticon-Ngakak
Bagus tempatnya tapi jauh
kewreeeeennnnnnnnnnnnn pake s
selpi yok emoticon-Betty
Bagus ini gunungnya.
profile-picture
mulivw memberi reputasi
buat kemping kayaknya pasemoticon-Matabelo
profile-picture
mulivw memberi reputasi
emoticon-Wow beta pikir NTT itu gersang ternyata lehuga
itu kuda liarnya kalo dibawa pulang boleh ga tuh
profile-picture
mulivw memberi reputasi
Gunung Mutis, Surganya Keindahan dari Pulau Timor Manise

Gunung Mutis, Surganya Keindahan dari Pulau Timor Manise

Bikin hasrat gw naik gunung makin memuncak emoticon-Traveller
profile-picture
mulivw memberi reputasi
Quote:


Wiih Pangandaran...
Kota kelahiranku emoticon-Imlek
profile-picture
mulivw memberi reputasi
Kawasan wisata yg unik dengan budaya masyarakatnya yg menarik.
Nice info emoticon-2 Jempol
Diubah oleh d.l.may
Subhanallah
Quote:


Ini juga, bangun² udah liat video pantai di thread gunung...bikin gw baper pingin liburan lagi...

Paling gak bisa nahan emoticon-Hammer2
Mantap jiwa
wiss..., ntaps benul dah tempatnya.emoticon-2 Jempol
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di