WisatoAvatar border
TS
Wisato
WAJIB COBA: Tempat Makan Terpedas di Yogyakarta

Bila anda mendengar kata Yogyakarta, dan membicarakan tentang kulinernya, pasti kalian akan menjawab, gudeg!!! Gudeg merupakan ikon kuliner dari Kota Yogyakarta yang masih menjadi daya tarik kuliner bagi wisatawan lokal dan mancanegara.

Yes!!.. Kota Yogyakarta ini pun sering dijuluki sebagai Kota Gudeg. Gudeg merupakan masakan khas Jawa Tengah dengan bahan dasar nangka muda dan santan. Warnanya kecoklatan karena dimasak dengan daun jati. Ada banyak sekali penjual gudeg di Jogja. Bahkan sekarang gudeg tidak hanya memiliki cita rasa yang manis. Menariknya di Yogyakarta sekarang terdapat gudeg dengan cita rasa yang super pedas atau disebut dengan gudeg mercon. Terdapat beberapa tempat gudeg mercon Yogyakarta yang wajib untuk kalian kunjungi.

1. Gudeg Mercon Ibu Tinah

Sumber: Instagram @lala_marsheilla 
Gudeg adalah makanan tradisional asal Jogja dengan bahan dasar nangka muda yang dicampur dengan beraneka macam bumbu. Gudeg mercon Yogyakarta yang sangat terkenal dengan kepedasanya adalah gudeg mercon ibu Tinah. Gudeg mercon ini terletak di Jl. Asem Gede, Kranggan, Yogyakarta. Gudeg Mercon ini pertama kali dijual oleh Ibu Ngatinah pada tahun 1992.

Selain rasa gudegnya yang menarik, gudeg mercon milik ibu Ngatinah ini jam jualannya juga unik. Banyak warung gudeg yang buka pada pagi hari hingga malam hari, namun gudeg bu Tinah ini baru membuka gudegnya mulai pukul 20.00 hingga 03.00 dini hari. Lauk yang disajikan di lapak sederhana bu Tinah beragam, mulai dari gorengan, ayam kampong, ceker goreng tepung, sate ayam. Terdapat pula kepala, sayap, paha, dan suwiran daging ayam, Warung Gudeg Mercon ini mempunyai konsep lesehan. Ada yang berbeda disini, bila anda pesan makanan, pesanan yang kita pesan tidaklah di antar seperti warung-warung pada umumnya, melainkan kita harus mengantri terlebih dahulu dan membawanya sendiri ke tempat dimana anda duduk. Harga gudeg mercon bu Tinah ini sekitar Rp 15.000,- sampai Rp 25.000,-. Anda harus datang lebih awal karena dijamin antriannya bakal panjang.

2. Gudeg Mercon Yu Yam


Sumber: Instagram @nongkrongasikjogja 
Bukan hanya gudeg mercon Bu Tinah saja yang memiliki cita rasa pedas serta jam bukanya yang unik. Gudeg mercon Yu Yam terletak di Jalan Magelang km 5, ini baru buka pukul 1 dini hari. Walaupun jam bukanya lain daripada yang lain, justru hal inilah yang menarik minat banyak pembeli. Bahkan, banyak juga artis ibukota yang telah menjadi pelanggan setia dari gudeg mercon Yu Yam. Seperti Dimas Andrean, hingga artis cantik Nadia Vega.

Menu yang disajikan pun beragam, bukan hanya gudeg mercon. Terdapat beraneka macam lauk pedas lainnya yang pasti akan menggugah selera. Anda bisa merasakan ragam olahan oseng mercon, mulai dari mercon usus, mercon kikil, mercon tempe, dan mercon daun kates. Selain gudeg dan mercon, warung gudeg Yu Yam juga mempunyai menu lain seperti bubur, sangat cocok untuk menemani sarapan anda di pagi buta.


Lihat juga: Makanan Terpedas Yang Wajib Dicoba di Bali 

3. Gudeg Mercon Mbak Yuni

Sumber: Instagram @_gudegyuni 
Gudeg mercon Yogyakarta selanjutnya, terletak di Jl. Diponegoro No.100, Jetis, Cokrodiningratan. Berbeda dengan gudeg mercon bu Tinah dan Yu Yam, gudeg mercon mbak Yuni ini buka lebih awal mulai pukul 18.00 sampai pukul 24.00. Sama dengan gudeg mercon lainya, gudeg mercon ini terkenal dengan rasa pedasnya yang luar biasa. Gudeg ini biasanya akan disajikan dengan telur rebus, tahu dan tempe bacem, kerecek yang pedas dan juga daging ayam.  

4. Gudeg Mercon Bu Lies 

Sumber: Instagram @tika_moven
Daerah di Yogyakarta yang menjual gudeg dengan jumlah yang banyak adalah daerah Wijilan, Didaerah ini banyak warung gudeg berdiri dan menjual beraneka macam varian gudeg. Salah satu warung gudeg legendaris yang ada di Wijilan adalah Gudeg Wijilan Bu Lies. Warung gudeg ini sudah berdiri sejak tahun 1993 serta sudah membuka cabang lain di daerah yang sama. Dulunya warung gudeg ini membuat gudeg dengan rasa yang manis dan gurih. Namun sekarang gudeg ini juga telah membuat gudeg mercon Yogyakarta yang terkenal dan super pedas.

Bahkan sekarang gudeg mercon ini hadir dengan inovasi baru, yaitu gudeg mercon dalam kemasan kaleng. Kabarnya gudeg ini bisa bertahan hingga setahun. Namun jika sudah dibuka dan disimpan dalam freezer hanya bertahan  selama satu bulan. terdapat teknik khusus yang bisa membuat gudeg di dalam kemasan awet, seperti memanaskan kaleng hingga suhu 130 celsius kemudian diredam  dengan air dingin. Dalam satu kaleng kemasan berisi 400 gr, yang dapat dimakan untuk 2-4 orang. Isi didalamnya sangat komplit yang terdiri dari telur, tahu, tempe, sambel krecek lombok ijo dicampur oseng-oseng pedas daging sapi. Harga per kaleng dipatok dengan harga Rp 30.000,- untuk rasa gudeg mercon dan untuk gudeg biasa Rp 25.000,-. Gudeg ini bisa anda bawa pulang sebagai buah tangan untuk keluarga tercinta.
macankepatihan
macankepatihan memberi reputasi
1
1.2K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan