alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mengupas Plus Minus Uang Komoditas, Uang Representatif, dan Uang Fiat
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cf6331428c991758a1a3d02/mengupas-plus-minus-uang-komoditas-uang-representatif-dan-uang-fiat

Mengupas Plus Minus Uang Komoditas, Uang Representatif, dan Uang Fiat

Tampilkan isi Thread
Halaman 6 dari 6
Quote:


Kasus jerman itu bukan sekedar fenomena inflasi biasa tp sudah masuk ke kategori hiper inflasi. Salah satu triggernya saat itu beban hutang luar negri yg terlalu besar karena mereka kalah di perang dunia 1.

Jadi bukan karena cetak uangnya yg menyebabkan hiper inflasi. Tp ada faktor luar yg skalanya sangat besar yg menjadi trigger utamanya.

uang komoditas kalo logam mulia termasuk gak gan?
emasssssssss

#24,878

Quote:


Karena utang luar negeri sebab kalah perang mereka terpaksa cetak uang, juga untuk membiayai resistensi dari Prancis di Ruhr bulan Januari 1923.

Quote:


Tentu saja gan.

-------------------------------

206 hari menuju tahun 2020.emoticon-Ultah
Quote:


Hiper inflasi disebabkan oleh krisis kepercayaan total yg dimiliki rakyat terhadap mata uangnya sendiri sehingga nilainya menjadi tidak berarti sama sekali.

Uang sebagaimana aset keuangan lainnya (saham, surat utang, dll) tetap akan bernilai selama ada orang yg mau memegang aset tersebut.

Contoh, ada perusahaan yg akan menerbitkan lembaran saham baru jauh berkali2x lipat dari jumlah saham yg dimilikinya saat itu. Apakah karena mereka "mencetak" saham baru, nilainya dijamin pasti akan turun ? Tentu tidak, selama orang mengganggap perusahaan itu masih bernilai dan orang masih mau memegang saham tersebut. Walaupun tdk ada saham baru yg "dicetak", nilainya akan turun jg kl sudah tidak ada yg mau pegang saham tersebut.

Pemerintah US sudah mencetak uang dgn jumlah yg fantastis sekitar 22 triliun dollar, tp nyatanya tidak ada hiper inflasi karena produksi barang dan jasa mereka jauh lebih banyak dibanding negara2x lain. Dan itulah yg menjadi real backup dari fiat money.

Untuk menjelaskan suatu fenomena ekonomi tertentu, apalagi fenomena luar biasa tidak bisa sesederhana mengekstrapolasi hanya satu faktor saja. Cetak uang mungkin salah satu faktor pendukung, tp faktor fundamentalnya adalah krisis kepercayaan dan itu perlu dilihat lagi apa yg menyebabkannya.

#24,894

Quote:


Tahun 1998 rupiah juga gitu. Nilainya jatuh karena krisis kepercayaan pada ekonomi Indonesia.
Quote:


Tahun 98 trigger awalnya dari spekulasi dollar Soros baru menjalar ke ekonomi Indonesia.

#24,909

Quote:


Tapi salah satu penyebab awalnya karena utang luar negeri Indonesia terlampau besar dan pengawasan terhadap perbankan kita waktu itu kurang. Makanya rupiah dianggap terlalu vunerable.
Quote:


Setelah itu diikuti dengan bantuan likuiditas dari Bank Indonesia dgn kata lain BI "cetak uang". Itu poin yg gw maksud dari awal. Bukan cetak uangnya yg bermasalah. Selalu ada series of events yg menjadi trigger suatu krisis dan cetak uang hanya salah satu bentuk response atas kejadian itu.

#24,926

Quote:


Berapa besar pertambahan jumlah uang beredar dari BLBI?
Quote:


Angka persisnya lupa. Mungkin sekitar 150 triliun. Ada yg ingin disampaikan ?

#24,962

Quote:


Berapa yang akhirnya dilunasi kembali ke negara?
Quote:


Gak banyak. Sisanya dikemplang.

#24,963

Quote:


Kemarin kan ada yang dipanggil KPK, ada hubungannya dengan ini juga?
Quote:


Bisa diinterpretasikan seperti itu. Yg dicecar dahulu sama KPK adalah pejabat2x di BPPN yg diduga turut serta menyebabkan kerugian negara karena negara tidak menerima pengembalian secara utuh. Baru selanjutnya pengusaha yg menerima aliran dana dan menyalahgunakannya.

profile-picture
gilbertagung memberi reputasi
Diubah oleh black star

#24,966

Quote:


Udah 21 tahun, soal BLBI masih belum selesai?
Diubah oleh gilbertagung
Quote:


Tanyakan kepada Tuhan sesuai dgn keyakinan anda kenapa dunia sepertinya tidak adil dimana yg punya pengaruh dan uang bisa lolos dari konsekuensi yg harus mereka terima sesuai dgn perbuatannya.

#24,983

Quote:


Hidup itu memang kadang tidak adil. Ane ngerti sih.
Ane pernah baca buku soal BLBI. Penyelesaiannya sendiri kan dulu dengan menyerahkan aset milik obligor. Itu bagaimana?
Quote:


Udh pernah baca Buku Skandal BLBI Ramai- Ramai Merampok Negara ?

#25,000

Quote:


(25,000th post; First as Kaskus Freak)
Belum, yang pernah ane baca yang ini.
Mengupas Plus Minus Uang Komoditas, Uang Representatif, dan Uang Fiat
Halaman 6 dari 6


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di