mamaproduktifAvatar border
TS
mamaproduktif
Apa Itu Tarhib Ramadhan? Seru Banget Lho Gan
Tarhib Ramadhan Seru Banget

Quote:


Selamat pagi Agan dan Sista Kaskuser dimanapun agan dan sista berada, menemani sarapan santai Agan dan Sista semua di pagi terakhir ini, TS bakalan kasih tahu ke kalian tentang salah satu keseruan malam tanggal 5 Mei 2019 kegiatan menyambut datangnya bulan suci ramadhan yaitu Apa Itu Tarhib Ramadhan? Seru lho Gan.

Quote:


Tak terasa yah Gan Sis bulan ramadhan sebentar lagi tinggal hitungan hari bahkan jam. Nah, untuk menyambut datangnya bulan suci ramadhan di lingkungan ane di salah satu perumahan di Kabupaten Banyumas mengadakan acara tarhib ramadhan.

Acara tersebut diikuti oleh semua kalangan dari anak usia balita, anak-anak, remaja, dewasa termasuk emak-emak dan bapak-bapak dengan berjalan kaki sambil pegang bawa obor menyusuri rute yang telah ditentukan panitia pengurus masjid setempat. TS ikut pawai tarhib ramadhan untuk meramaikan dan sekaligus meliput keseruan kegiatan tersebut khususnya mengenalkan sang buah hati tentang penyambutan bulan suci ramadhan.
Quote:


Kegiatan ini selain ajang silaturahmi, pengenalan dan pemahaman kepada anak-anak khususnya bahwa sebentar lagi akan datang bulan ramadhan, juga sebagai bentuk rasa syukur dan bahagia sebagai umat muslim masih diberi kesempatan usia oleh Sang Maha Pencipta untuk melaksanakan dan bertemu kembali dengan bulan yang suci dan penuh berkah ini.

Kebiasaan melaksanakan acara tarhib ramadhan memang bukan suatu keharusan tetapi hal ini penting untuk menjaga tradisi dan nilai-nilai budaya agar tidak luntur asalkan tidak bertentangan dengan norma-norma yang ada. Jujur saja ini kali pertama keluarga kecil ane ikutan pawai tersebut, buah hati saya girangnya bukan main.

Acara tersebut berlangsung setelah mendirikan shalat isya berjamaah di masjid dilanjutkan dengan berkumpul di depan masjid. Para peserta mewakili warga rukun tetangga nya masing-masing dengan minimal perwakilannya adalah 25 orang.

Peraturan dari panitia selain memberikan rute jalan yang harus dilalui oleh peserta pawai juga saat datang peserta minimal harus berjumlah 25 orang begitupun jika sampai di garis finish tidak boleh lebih apalagi berkurang hehehe. Soalnya kadang udah pada pegel di tengah jalan akhirnya pada pulang minta dijemput pakai motor hahaha.
Quote:


Setelah acara pawai tarhib ramadhan selesai, lalu dilanjutkan dengan makan-makan. Nah istilah di daerah masing-masing berbeda ada yang namanya munggahan, megengan, dan lainnya dan terakhir adalah salaman saling bermaaf-maafan memohon maaf satu sama lain agar ibadah puasa di bulan ramadhan tidak tersimpan dendam atau uneg-uneg di hati alias impas kosong-kosong. Ini cerita keseruan malam ane menyambut bulan ramadhan? Bagaimana dengan agan dan sista? Berikan pendapatmu dalam kolom komentar.

Terimakasih telah membaca thread ane.
Jangan lupa tinggalin jejak lempar cendol, rate dan komentar yah. Marhaban Ya Ramadhanemoticon-Shakehand2

Sumber: Pengalaman pribadi
GIF
GIF
Diubah oleh mamaproduktif 21-05-2019 11:52
Indriaandrian
cattleyaonly
anna1812
anna1812 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
1.7K
59
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan