autom942Avatar border
TS
autom942
Ban Anti-Kempes Siap Dijual Tahun 2024
OTOZOLA - Perkembangan teknologi tentu saja sangat mempengaruhi industri otomotif, sehingga banyak sekali teknologi-teknologi baru yang bermunculan bahkan ada yang sudah mulai digunakan pada mobil-mobil saat ini.

Salah satu teknologi terbaru yang dikembangkan adalah ban anti-kempes alias ban tanpa angin yang telah dikembangkan selama beberapa tahun dan akhirnya akan bisa dipasang pada kendaraan sebentar lagi.



General Motor bekerja sama dengan Michelin mengembangkan ban tanpa angin yang rencananya akan siap diproduksi secara massal pada tahun 2024.

Ban tanpa angin tersebut diberi nama Unique Puncture-proof Tire System atau disingkat UPTIS yang bakal diuji coba melalui mobil Chevrolet Bolts akhir tahun ini.



Ban tanpa angin ini memiliki sejumlah kehebatan seperti tidak bisa kempes atau mengalami kebocoran. Pengemudi tidak perlu khawatir tentang menjaga ban mereka benjol atau berurusan dengan keausan yang disebabkan oleh kurang atau berlebihnya tekanan angin. Praktisnya, tak perlu ada lagi ban serap/cadangan.

Ban UPTIS juga dijanjikan ramah lingkungan karena mereka akan secara signifikan mengurangi jumlah ban yang bocor atau rusak sebelum mencapai batas umurnya.

General Motor (GM) juga mengatakan ban ini akan mengurangi penggunaan bahan baku, konsumsi energi dan emisi.



Penurunan konsumsi energi ini disebabkan oleh kurangnya beban kendaraan dalam mengangkut ban serap.

Wakil Presiden Senior GM, Steve Kiefer, mengaku pihaknya senang bekerja sama dengan Michelin dalam teknologi dan siap memasoknya dipasaran.

"Ban UPTIS sangat ideal untuk mendorong industri otomotif ke masa depan dan contoh yang bagus tentang bagaimana pelanggan kami mendapat manfaat ketika kami berkolaborasi dan berinovasi dengan mitra pemasok kami" ujar Kiefer.



Sedangkan pihak Michelin sendiri memprediksi sekitar 20% ban terbuang setiap tahun karena kebocoran atau akibat keausan.

Secara total, 200 juta ban dibuang setiap tahun dan itu berarti 1 ton limbah dapat dikurangi secara signifikan bila nanti ban UPTIS sudh diproduksi secara massal.



Bagaimana tanggapan dari sahabat Otozola mengenai berita ini ? Apakah sahabat sudah siap untuk menggunakan ban tanpa angin ini ? Yuk berikan tanggapannya di kolom COMMENT dan jangan lupa untuk di SHARE.


sabianxramadhan
kotsu
danQe
danQe dan 13 lainnya memberi reputasi
14
13.5K
163
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan