alikadeaAvatar border
TS
alikadea
Buah Aneh yang Misterius

Buah Pining, Jenis Tanaman Langka yang Harus Dilestarikan



Nah agan dan sista pernah denger gak nama buah ini? Apa baru denger? Sama saya juga seumur hidup baru denger. Wkwkwk ....

Okey cekidot!

Buah pining bawang adalah sejenis tumbuhan dari suku jahe-jahean (Zingiberaceae). Nama latin dari buah pining bawang adalah Hornstedtia Alliacea. Buahnya manis dan segar, bisa dimakan secara langsung maupun dibuat olahan terlebih dahulu.

Buah pining bawang ini, banyak ditemukan di wilayah pegunungan dengan cuaca yang cukup dingin. Seperti di wilayah Gunung Tugu Sadananya, Ciamis. Ada juga di sekitaran wilayah perbukitan Langkaplancar, Pangandaran. Sekarang keberadaannya sudah mulai langka, karena aktivitas warga yang membuka hutan untuk dijadikan perkebunan atau huma.



Buah pining bisa dibuat syirup, rasanya manis segar. Apalagi dikonsumsi dalam keadaan dingin, wuiih mantap gan! Segeeer.

Quote:




Buah ini juga bisa diolah untuk dijadikan manisan, cocok buat buka. Kalau buka itu baiknya dengan yang manis-manis. Juga pas banget buat dijadikan oleh-oleh saat mudik atau jadi cemilan perjalanan mudik agan dan sista semua.

Buah pining mentah yang masih segar belum diolah, harganya bisa mencapai Rp. 40.000/kg. Cukup murah untuk merasakan sensasi salah satu buah tropis langka yang ada di Indonesia, khususnya Jawa Barat.

Quote:


Jangan lupa cendol dan bintangnya ya agan dan sista.

emoticon-Cendol Ganemoticon-Sundul Up
abellacitra
yuni.wahyuni114
tata604
tata604 dan 52 lainnya memberi reputasi
53
19K
155
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan