alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mengupas Plus Minus Uang Komoditas, Uang Representatif, dan Uang Fiat
4.88 stars - based on 8 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cf6331428c991758a1a3d02/mengupas-plus-minus-uang-komoditas-uang-representatif-dan-uang-fiat

Mengupas Plus Minus Uang Komoditas, Uang Representatif, dan Uang Fiat

Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 6
mantep gan...jadi tau ane..penuh ilmu dan informasi...

#24,865

Quote:


Kecuali kelak ada cara / penemuan yang membuat emas bisa ditemukan seperti air.
Quote:


Hmmm... padahal emas susah bikinnya gan

#24,866

Quote:


Justru karena emas susah ditemukan dan dibikin makanya berharga sekali.
Diubah oleh gilbertagung
Quote:


Bukankah emas banyak dijual di toko emas gan?

#24,868

Quote:


Maksud saya untuk menambang emas. Tahun lalu, produksi emas global mencapai 3.366 ton. Kelihatan banyak? Bandingkan dulu dengan produksi baja mencapai 1,8086 juta ton pada tahun yang sama. Beda jauh kan? Itulah mengapa harga emas dihitung per troy ons sementara harga baja per ton. Lebih mudah memproduksi baja daripada emas.
3.366 ton tadi kalau dibagi per penduduk dunia cuma setara 0,5 gram. 1,8086 juta ton jadi setara 258 gram.
Emas
Baja
Diubah oleh gilbertagung
Bagus ni bahasannya, dulu dollar yg di backup gold emg stabil ratenya fix dari thn ke tahun dan bisa prediksi gimana kedepannya harga akan kemana kita bisa dgn mudah mengkalkulasi profits skrg dollar di backup by nothing. Lucu sih sistem dunia skrg berjalan cuma di backup berdasarkan "faith".

Semua permainan dari Central bank dan commercial bank. Salah satu quote dari mantan the fed marriner eccles "jika gak ada hutang dalam sistem ekonomi kita maka gak akan ada yg namanya uang" again by morgan "gold is money everything else is credit"

Balik lagi semua ada +/- nya. Ingin melindungi aset ya silahkan nabung emas dan perak dipegadaian udah bisa mulai dari 0.001 gram atau setara 5-6k.

Peran bank udah hampir sangat mustahil utk di hapus. Tinggal kita yg perlu melek financial.
Diubah oleh yukinon666
Quote:


Saya cuman anggota PPSU kok...boro2x treasury wkwkwkwk

Yah kita serahkan saja sama pemerintah mau dibawa kemana perekonomian Indonesia. Yg pasti setiap pemerintah di negara manapun yg menggunakan sistem fiat tidak akan pernah gagal bayar dalam memenuhi kewajiban hutangnya. Mereka akan selalu bisa mencetak uang dalam denominasi mata uang mereka sendiri. Tp bukan berarti selalu bisa mencetak uang, tidak akan ada masalah sama sekali. Yg menjadi constraint bagi sovereign currency issuer adalah inflasi. Ketika inflasi gila2xan maka secara teknis pemerintah sudah gagal bayar. Knp ? Karena rakyatnya sudah tidak percaya kepada mata uang yg dicetak oleh pemerintah. Jadi pengertian gagal bayar pemerintah berbeda dgn gagal bayar rumah tangga. Kita sebagai sektor rumah tangga baru bisa benar2x gagal bayar ketika kekurangan uang karena kita hanya sebagai currency user alias pengguna mata uang sedangkan pemerintah adalah currency issuer alias pencetak mata uang.

Kl ada politisi yg gembor2x bilang pemerintah bisa gagal bayar atau segala macam kemungkinannya cuman 2. Dia paham ekonomi tp ingin nakutin rakyatnya. Atau dia emang gak paham ekonomi dan ingin nakutin rakyatnya jg.


Quote:


Yang sudah dilakukan oleh bank sentral kita ada 2. Pertama, BSA (billateral swap agreement). Kedua, BCSA (billateral currency swap agreement). BSA ini bukan untuk mengurangi ketergantungan terhadap dollar tp hanya untuk memenuhi likuiditas dollar saat melalukan trading dgn partner negara tujuan.

Sedangkan BCSA ini baru mengurangi ketergantungan dollar karena antar trading partner setuju untuk menggunakan mata uang mereka di dalam melakukan transaksi dagang instead of dollar. Kl gak salah BI sudah melakukan BCSA dgn bank sentral korsel dan jepang.

BCSA akan efektif kalau volume impor kita dgn trading partner lumayan besar. Tp secara keseluruhan, dunia tidak bisa lepas sama sekali hanya mengurangi dalam porsi tertentu.

Risikonya besar kl mau bikin euronya asia. Kita sebagai negara terbesar justru dirugikan. Kl seandaikan ada negara lain di asean yg lagi sakit, kita bisa dirongrong. Contohnya macam Yunani aja dgn krisis hutangnya itu. Ada potensi dampak sistemik terhadap negara2x lain dalam kawasan euro.

Diubah oleh black star
Yang bilang kl fiat money adalah penipuan terbesar dalam sejarah manusia sebaiknya coba direnungkan lagi. Gw jg dulu berpikiran kyk gitu. Tp setelah belajar dan belajar lagi, akhirnya gw sadar bahwa fiat money itu sudah digunakan bahkan sejak jaman purba kala hanya saja dgn bentuk yg berbeda.

Kata kuncinya cuman satu: KONTRAK.

Semoga ada kaskuser lain yg bisa bantu menjelaskan.
profile-picture
adrianfuzagame memberi reputasi
Quote:


penting ekonomi meroket gan 🙄😒🚀🚀🚀
Apa yg di harepin dgn neraca dagang yg tekor
Solusinya paling jual aset bumn
gila lengkap amat thread agan
ternyata begitu ya gan sejarahnya munculnya uang... emoticon-Shakehand2
ane baru paham

#ane bata collector emoticon-Blue Guy Bata (L)

#23,870

Quote:


Ada gan negara yang hancur karena cetak uang terlalu banyak untuk bayar utang : Jerman tahun 1923.

Quote:


Sudah gan.
Quote:


Untuk poin no 1 perihal jumlah emas, ane pernah mendengar suatu hadist yang isinya seperti ini :

"Hanya gara gara benda ini (emas) kami saling bertikai, membunuh dan juga memfitnah bahkan dengan keluarga sendiri.. kini, benda ini tidak ada apa apanya.."

Kalau kata ane sih sistem alat tukar kita dimasa depan itu berupa kontribusi/effort yang kita lakukan seperti yang ada di film Star Trek gan/sis

#24,871

Quote:


Pertanyaan dari ane adalah : Emas itu dianggap berharga karena secara material berharga atau hanya karena relatif langka? Bagaimana kalau emas bisa ditemukan semudah air?
Quote:


Simpel saja.. semua orang sudah mendapatkan apa yang diinginkannya kecuali jika emas itu hanya dikuasai oleh satu pihak/orang saja, imbas lainnya perkembangan dari berbagai aspek kehidupan seperti pendidikan, sosisal, bahka teknologi pun akan maju dengan pesat tentunya emoticon-shakehand

(bukankah emas adalah salah satu material yang sangat kuat dan kokoh, bahka logam yang satu ini merupakan penghantar listrik yang paling baik?
Kebayangkan bagaimana jadinya kalau jumlah emas berlimpah ruah emoticon-Big Grin )
Diubah oleh tololdevil

#24,873

Quote:


Betul sih, selain buat perhiasaan dan disimpan, emas juga dipakai di beberapa kategori industri untuk membantu proses produksi.
Gue jadi berpikir, kalau yang terbatas itu perak bukannya emas apakah perak bakal dianggap logam mulia utama?
Quote:


Hmmm.. entah lah.. tapi bukannya dimana ada emas biasanya jenis jenis logam lainnya dapat ditemukan disekitar itu ya..? CMIMW emoticon-Peace

#24,875

Quote:


Yang benar gan? Apa kandungan emas jadi indikator kandungan mineral lainnya?
Quote:


Ane gak begitu yakin juga sih.. namun menurut beberapa artikel yang ane baca, tentang awal mula penggalian tambang, disitu tercantum pada awalnya mereka hanya mengali dan hanya menemukan logam perunggu saja, setelah beberapa tahun beroperasi diduga lokasi tambang tersebut ternyata tidak hanya menyimpan perunggu saja bahkan mineral lainnya termasuk emas pun dapat ditemukan disini..

Yaa intinya sih mirip mirip kaya logicnya game Minecraft atau Terraria sih semakin dalam semakin bervariasi juga material yang dapat ditemukan
kalau agan pernah main game pasti ngerti deh emoticon-Big Grin
*no cocoklogi lho

Btw ane bukan ahli geologi atau pertambangan, mungkin agan agan disini ada yang bisa jelaskan
profile-picture
gilbertagung memberi reputasi
Diubah oleh tololdevil
Halaman 5 dari 6


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di