jkwselalub3n4rAvatar border
TS
jkwselalub3n4r
Tol Trans Jawa Malah Macet di Lebaran Hari Kedua, Ada Apa?


Tol Trans Jawa Malah Macet di Lebaran Hari Kedua, Ada Apa?
News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
07 June 2019 08:24
SHARE
Tol Trans Jawa Malah Macet di Lebaran Hari Kedua, Ada Apa? Foto: Tol menuju Cirebon (CNBC Indonesia/Yuni Astutik)
Jakarta, CNBC Indonesia - Lalu lintas di jalan tol dari Jakarta yang mengarah ke Cikampek sejak pagi terpantu padat pada hari kedua Lebaran, Kamis (6/6/2019). Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menilai kepadatan lalu lintas merupakan imbas dari warga Jakarta yang mudik setelah merayakan Lebaran hari pertama.

Hal tersebut disampaikan Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri seperti dikutip dari detikcom.

"Sepertinya yang Lebaran di Jakarta baru mudik hari ini tepatnya sejak dini hari tadi malam," kata Refdi kepada wartawan, Kamis.


Sementara itu, Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Benyamin menyampaikan pernyataan senada. Selain itu, sambung Benyamin, kepadatan juga terjadi karena banyak warga yang hendak ke tempat wisata.

Pilihan Redaksi

Banyak yang Mudik Susulan, Tol Jakarta-Cikampek Macet
Macet Parah, Tangsel Sampai Tol Cikampek KM 57 Butuh 5,5 Jam
Lebaran Kedua, Arus Balik Macet 5 KM di Tol Palimanan


"Banyak yang masih ada acara di Jakarta. Biasanya ini adalah orang-orang yang rekreasi dan jarak-jarak dekat sebelum Cirebon," ujarnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Jasa Marga, kemacetan lalu lintas terjadi di sejumlah titik di Tol Jakarta yang mengarah ke Cikampek pada pagi kemarin. Kemacetan terjadi karena peningkatan volume kendaraan.

"Jakarta-Cikampek masih ada kepadatan dari Jatiwaringin sampai Cikunir (yaitu) dari KM 5 sampai KM 10, imbas volume kendaraan, setelahnya dari KM 10 sampai KM 14 juga padat," kata petugas call center PT Jasa Marga, Chika, saat dihubungi pukul 10.30 WIB, Kamis (6/6/2019).

Setelah itu, kemacetan juga terjadi dari KM 15 sampai KM 19. Kepadatan itu karena antrean keluar masuk rest area KM 19.

Tol Trans Jawa Malah Macet di Lebaran Hari Kedua, Ada Apa?Foto: Infografis/Tarif Tol Trans Jawa Rute Mudik Lebaran/Edward Ricardo

Kepadatan kembali terjadi di KM 21-29. Setelah Cikarang Utama, kepadatan juga terjadi di KM 31 Cikarang Barat sampai rest area KM 39. Setelahnya, terjadi kepadatan lagi dari Karawang Barat KM 46 sampai rest area KM 57.

Kepadatan kendaraan ini berlanjut sampai Tol Cipali. Imbasnya, polisi memberlakukan sistem satu arah atau one way dari Gerbang Tol Cikampek Utama sampai Palimanan.

"Karena padat memang di rest area itu, masyarakat tidak tertib mau masuk rest area. Kepengen berhenti di rest area," kata Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Benyamin.

One way diterapkan mulai pukul 11.00 WIB. One way ini diberlakukan untuk mengurai kemacetan yang disebabkan antrean kendaraan di rest area.

Tol Trans Jawa Malah Macet di Lebaran Hari Kedua, Ada Apa?Foto: Tol menuju Cirebon (CNBC Indonesia/Yuni Astutik)

Selain itu, lalu lintas Bandung-Garut juga mengalami kepadatan pada hari kedua Lebaran kemarin. Bahkan waktu tempuh yang biasanya hanya 2 jam, meningkat jadi 5 jam.

Seorang pemudik bernama Agung Gumelar menceritakan pengalaman menggunakan bus ke Garut pada hari ini. Ia berangkat dari Terminal Cicaheum Bandung pada Kamis pagi sekitar pukul 9.00 WIB.

"Berangkat dari Bandung jam 9 sampai Garut jam 1 (13.00 WIB). Normalnya perjalanan Bandung-Garut itu 1 sampai 2 jam," ujar Agung di Pos PAM Tarogong, Jalan Raya Otista, Kabupaten Garut seperti dikutip dari detikcom.

Menurutnya, kemacetan terjadi di beberapa titik seperti Nagreg, Rancaekek, dan Kadungora.


Baca:
Jangan Lupa Besok One Way Dari Semarang Sampai Cikampek!

"Kadungora macet karena banyak perlintasan dan ke potong rel kereta api," katanya.

Agung mengaku baru mudik pada hari ini karena prediksinya tidak akan terkena macet.

"Macet karena kendaraan banyak. Padahal niat saya mudik setelah Lebaran itu agar enggak kejebak macet, tapi ternyata macet juga," ucap Agung. (prm)

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...-kedua-ada-apa

Kemarin sih ada yang sarkas mudik ga asik kalo ga macet. Makan tuh sarkas. emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
ambarawan
kuminitsu
rizaradri
rizaradri dan 9 lainnya memberi reputasi
4
3.8K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan