janeeta97
TS
janeeta97
Permainan Tradisional dengan Media Tanah yang Jarang Kita Temui Lagi
Permainan tradisional.


Sumber gambar: klik disini


Kalau dengar istilah permainan pasti ada hubungannya dengan masa kecil ya? Gan sist rata-rata kalian kelahiran tahun berapa sih? Buat yang kelahiran tahun 90-an keatas bernostalgia yuk! Maksudnya keatas menuju masa sejarah masa lalu, bukan keatas menuju masa sekarang.

Suwer dech anak sekarang udah gak ngalamin permainan semacam ini. Soalnya bocah zaman now mainnya gadget bukan tradisional lagi. Kalau zamanku dolanannya tanpa gadget sama sekali. Kangen gak dengan permainan zaman dulu tanpa mengeluarkan budget yang mahal? Kalau permainan game anak millenial pakai duwit paling murah nolnya 6 digit.

Ini dia permainan anak tradisional dengan media tanah:


1. Pasaran.


Sumber gambar: klik disini


Ini pasaran lho bukan pacaran, jangan dikira typo ya? Permainan ini biasanya dilakukan oleh anak perempuan. Tanah sebagai media utamanya karena merupakan bahan utama atau pokok. Misalkan getok-getoknya dibuat untuk nasi, roti, jenang, dan sebagainya.

2. Omah-omahan.


Sumber gambar: klik disini


Omah-omahan berasal dari bahasa jawa yang artinya rumah-rumahan. Omah-omahan ini dibuat menggunakan tanah yang dibentuk persis rumah dengan arsitek berdasarkan kesenangan pribadi. Untuk orangnnya menggunakan biting.

3. Dakon.


Sumber gambar: klik disini


Dakon sering disebut congkak. Dulu dakon gak terbuat dari tanah yang dijeglong-jeglong dan isinya menggunakan krikil. Kalau sekarang enakkan karena udah ada yang jual permainan dakon dari perusahaan, tapi ya perlu uang.

4. Endog-endogan.

Endog-endogan berasal dari bahasa jawa yang artinya telur-teluran. Nanti yang jadi babonnya satu dan yang nyuri telur bisa sepuluh orang. Si babon bertugas menjaga telur-telurnya agar tidak dicuri oleh pencuri. Telurnya pakai batu yang besarnya kayak telur.

Model permainannya tanah dibuat lingkaran dengan sekala besar. Paling tidak bisa untuk melingkar para pencuri telur, pencuri ada diluar lingkaran dan babonnya didalam lingkaran sambil menjaga telur. Kalau telurnya berhasil dicuri semua. Si pencuri menyembunyikan telur tadi, biasanya disemak-semak dan  babon bertugas mencari telurnya yang dicuri tadi sampai ketemu.

5. Jlog-jlig.


Sumber gambar: klik disini


Daerahku menamakannya kek gitu gan sist. Kalau tempat kalian bisa jadi beda namanya.

Model permainannya kaki yang satu ingking sambil membawa kereweng. Kalian pasti sidah tahu lah ya dengan melihat gambar diatas.

6. Gobak sodor.


Sumber gambar: klik disini



Udah gak asing lagi kan gan kalau yang ini! Permainan dengan tanah yang dipetak-petak. Tapi, buat anak sekarang aku gak pernah lihat main kek gitu. Udah gak jamannya lagi kali.

Permainan tradisional sekarang sudah mulai langka lagi. Generasi millenial lebih suka dengan permainan dengan gadget yang lebih mengiurkan. Pantes saja kalau anak dulu item-item karena seneng keluar mainnya, kalau anak sekarang putih-putih karena mainnya cuman di dalam rumah.

Itulah gan sist permainan yang pernah aku alami dimasa kecil. Gimana kalau permainan kalian dimasa kecil gan?



Berdasarkan pengalaman pribadi
Jogjakarta, 31 Mei 2019


Quote:
Diubah oleh janeeta97 31-05-2019 06:10
seeyouarroundswiitdebbynyimak92
nyimak92 dan 21 lainnya memberi reputasi
20
15K
184
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan