pcjamesAvatar border
TS
pcjames
2 Tahun Memakai Samsung Galaxy J5 Prime, Begini Pengalaman Baik Dan Buruk Ane !
Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread nih. Kali ini ane akan menulis yang cukup berbeda nih. Iya gan, ane akan menulis tentang pengalaman pribadi ane. Ane akan menceritakan pengalaman ane memakai Daily Driver atau Smartphone sehari hari ane yang sudah berusia 2 Tahun ini.

1. Samsung Galaxy J5 Prime Itu HP Apa ?


Dan yap, sesuai judul daily driver ane selama dua tahun ini adalah Samsung Galaxy J5 Prime. Nah, jadi Samsung Galaxy J5 Prime itu apa sih gan? Oke oke ane jelasin neh. Samsung Galaxy J5 Prime adalah Smartphone Kelas Menengah / Mid Range dari Samsung. Smartphone ini sendiri di Indonesia dirilis pada tahun 2017. Dan ane juga membeli Smartphone ini juga di tahun 2017 dengan harga 2.800.000.

2. Kenapa dan Kapan Beli HP Ini ?


Ane sendiri membeli HP ini setelah ane lulus SMP di tahun 2017. Ane akhirnya membeli HP ini karena rekomendasi dari channel review gadget favorit ane yaitu Gadgetin. Dan juga karena ane sudah benar benar nyaman dengan brand "Samsung" dan bahkan Smartphone ini merupakan Smartphone Samsung Ke 3 Ane dan yang Ke pasti akan Samsung lagi. Jujur aja ane udah setia sama brand ini meskipun akan dicap fanboy hehe.

3. Impresi Pertama / Pemakaian Awal Nya Gimana ?


Nah, diawal pemakaian HP ini bener bener sesuai sama harapan dan budget yang ane keluarkan sih gan. Untuk HP kelas menengah design dan build quality nya mantap. Dengan body full metal dan layar berlapis gorilla glass 4. Maka dari itu design dan durability HP ini mantap menurut ane. Performa nya ? Untuk pemaikaian semi berat ane termasuk lancar dan ada lag tapi jarang. Oh iya processor yang dipakai di HP ini adalah Exynos 7570 Octa atau setara dengan Snapdragon 610. Performanya juga bagus meskipun memiliki RAM yang hanya 2GB.


Kalau baterai nya gimana nih gan ? Soal baterai bisa dibilang yang the best dari HP ini. Kata Gadgetin di Reviewnya HP ini memiliki Screen On Time hampir 7 Jam. Dan benar baterai HP ini awet banget, dengan pemakaian yang "sekali lagi" Semi Berat. Contohnya ane paling rutin makai HP untuk browsing, denger lagu, nonton youtube non stop. Dan yang lebih bikin ane kagum sama baterainya adalah kapasitasnya. Kapasitasnya kecil banget lah kalau kata orang orang yaitu cuma 2450 mAh. Tapi baterai kecil aja daya tahan nya edan.


Kamera nya ? Mmm nothing special sih. Untuk kelas menengah gambar hasil kameranya bagus menuju biasa aja. Kalau menurut ane nilai dari kamera HP ini adalah 7.85. Kalau mau liat ini ane tunjukkin contoh gambar gambar hasil tangkapan kamera ini. 


 


 


3. Setelah 2 Tahun Alias Sekarang Gimana Dah Gan ?


Nah, setelah dua tahun gimana gan. Dari impresi pertama agan ada yang berubah enggak ? Oke, menurut ane ada yang berubah dan ada yang engga. Yang berubah alias negatif dan gak berubah alias positif. Oh iya, pertama tama ane akan beri tahu kalau ane adalah pemakai HP yang gak apik alias sembarangan dan tentunya HP sering terbanting dan jatuh.

Durability & Build Quality -


Untuk durability alias build quality, ane akuin setelah 2 Tahun merasakan kekejaman ane HP ini termasuk kuat. Meskipun kondisi hardware HP ini sudah kacau dengan contoh "bagian belakang HP ini tergores banyak dan berat" karena ane gak pake in casing dan sering jatuh. Serta layar HP ane yang pecah di bagian bawah. Yap, meskipun sudah mengalami Pecah, durability layar HP ini yang dilapisi Gorilla Glass 4 ini gak bohong gan. HP ini baru pecah layar yang ane bisa bilang sedikit setelah "Lebih dari 10 Kali Jatuh LAYAR DULUAN". Yap, dengan proses lama HP ane baru bonyok

Performa -


Kalau soal performa ? Menurut ane seiring berjalan 2 Tahun. Performa HP ane tetap oke tetapi penurunannya tetap terasa meskipun gak signifikan. HP ini memang enggak menjadi lemot tapi jumlah lag yang ane alami sedikit bertambah. Hal itu biasanya terjadi saat ane hendak membuka Line saat menonton Youtube dan saat ane memakai google maps, disitu baru terasa gan lag nya. Jadi intinya, performa HP ini sedikit turun.

Baterai -


Kalau soal baterai ? Nah, bisa dibilang kalau sektor baterai adalah sektor yang akan paling mengalami penurunan jika HP digunakan sangat lama. Nah, sebelum ane jelasin soal kualitas baterainya ane jelasin dulu pemakaian baterai ane. Jujur pemakaian baterai ala ane itu brutal. Selalu dipakai hingga persentase dibawah 5%, sering sampai 0%, suka di charge sambil ditinggal tidur hingga pagi, dan dipakai sambil di charge. Lalu, gimana kualitasnya ?

Surprisingly, for me this is so fucking unbelieveable. Untuk HP kelas menengah dan pemakaian gak ngotak versi ane baterai HP ini sama sekali gak mengalami penurunan. Bener bener sama persis dengan impresi awal. Yap, dengan baterai hanya 2450 mAh, daya tahannya masih edan banget. Ane masih dapat Screen On Time sama persis dengan kata kata Gadgetin yaitu 6 JAM 50 MENIT ! Yap, masih sama alias 7 Jam Kurang. Dan stand by nya mencapai 18 Jam.

Storage & Penyimpanan -


Jika untuk poin poin diatas itu penilaian nya positif, bagaimana untuk yang ini ? Sorry to say, jujur aja ini adalah satu satunya sektor yang gak ane prediksi bakal Kacau. Yap kacau secaa denotatif alias gak bagus. Ane sendiri adalah pengguna yang jarang nyimpen data di HP alias hemat memory apalagi internal. Aplikasi yang ane pasang juga dibawah 10. Tapi ternyata, storagenya kacau dan boros. Memori Internal HP selalu memberi peringatan bahwa sudah hampir penuh, bahkan setelah ane cleaning dengan cleaner bawaan Samsung pasti akan muncul lagi beberapa jam kemudian. Dan ane sendiri gak menyimpan media apa apa di Internal memory. Dan mungkin, hal ini yang membuat penurunan sedikit performa di HP ane terjadi.

Software & Updates -


Dan ini adalah poin terakhir yang ane akan bahas. Bagaimana soal softwarenya nih gan, hp nya pernah rusak dan dibawa ke service center ga. Dan kali ini ulasan ane bagus. Selama 2 Tahun HP ini Benar Benar Sama Sekali Gak Pernah Masuk Service Center Karena Rusak. Soal update juga mantap banget, ane kira Samsung itu pelit sama update OS Android, ternyata ane salah besar. Di HP ini ane yang awalnya memakai Marshmallow mendapat update ke Android Nougat dan bahkan Oreo.

Sumber : Pengalaman Pribadi

Nah, sekian aja gan ulasan dan pengalaman ane dengan daily driver ane yang udah 2 Tahun. Usia yang tua untuk sebuah Smartphone. Kalau agan agan bejimane ? Boleh dong ceritain di komentar. So, see you on my next thread !

Kenalan Sama TS :

This Is Me (Perkenalan TS)


Diubah oleh pcjames 23-06-2019 13:52
0
3.1K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan