alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Female / Sista /
Lebaran Bikin Lebih Boros? Mitos atau Fakta sih Sis?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ce6558648c38d37b003a3c0/lebaran-bikin-lebih-boros-mitos-atau-fakta-sih-sis

Lebaran Bikin Lebih Boros? Mitos atau Fakta sih Sis?


Biar nggak haus, minum dulu gan, sist
Quote:



“Lebaran bikin lebih boros?” Menurut Sista, itu mitos atau fakta? Lebaran tentu merupakan momen yang kita tunggu-tunggu setiap tahunnya. Namun tak dapat dipungkiri jika momen lebaran memerlukan kebutuhan yang cukup banyak, bahkan tidak jarang membuat kebanyakan orang menjadi lebih boros. Terus, gimana sis caranya supaya bisa lebih hemat? Yuk simak cara-cara berikut:


Hitung Ulang  Pengeluaran
Lebaran Bikin Lebih Boros? Mitos atau Fakta sih Sis?

Nah, sista pastikan kembali, budget pengeluaran harian sama budget buat lebaran sudah sesuai plan awal atau melenceng dari tujuan. Misalnya ongkos makan atau ongkos jalan, perlu agan sista atur nih per-harinya. Meminimalisir pengeluaran yang dirasa sista engga butuh-butuh banget penting lho.

Sisihkan untuk Pengeluaran Tak Terduga
Lebaran Bikin Lebih Boros? Mitos atau Fakta sih Sis?
Menyisihkan tabungan tentu penting untuk sista lakukan lho. Mendekati hari-H lebaran, segala sesuatunya tentunya bertambah mahal. Menyisihkan uang untuk keperluan darurat merupakan solusi yang pas untuk sista terutama yang memiliki rencana lain setelah lebaran. Seperti contoh 10-20% dari penghasilan harus sista sisihkan untuk dana darurat misal untuk kesehatan atau hal-hal tidak terduga lainnya. Tapi hal tak terduganya bukan promo cashback e-wallet (Go-pay, OVO, Dana) ya xp 

Baju Baru Bukan Kebutuhan
Lebaran Bikin Lebih Boros? Mitos atau Fakta sih Sis?
Banyak orang yang salah mengartikan bahwa lebaran identik dengan baju baru. Tentu pemikiran tersebut kurang tepat. Namun jika sista merasa baju baru merupakan hal yang perlu, tentu bisa disesuaikan dengan kondisi, sista bisa menggunakan baju yang beberapa bulan sebelum lebaran sudah dibeli. Sehingga, sista bisa merayakan lebaran dengan memakai baju  lama yang masih terlihat bagus.


Beli Tiket Jauh-Jauh Hari

Lebaran Bikin Lebih Boros? Mitos atau Fakta sih Sis?
Untuk sista yang ingin mudik, setidaknya luangkan waktu untuk membeli tiket pulang dari jauh-jauh hari. Dikarenakan harga tiket akan melonjak naik harganya mendekati hari raya. Atau sista bisa menunda kepulangan yaitu tidak pada saat hari raya. Jika sista rindu dengan keluarga di kampung halaman, sista bisa pulang pada saat hari biasa. Jika sista punya kendaraan pribadi, sista dapat menghemat biaya transportasi seperti bensin selama di kampung halaman jika ingin berpergian atau bersilaturahmi dengan sanak saudara yang lainnya.




profile-picture
profile-picture
profile-picture
d.l.may dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh samuelmariobros
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
boros sekali kali
profile-picture
ngejleb memberi reputasi
Lihat 1 balasan
profile-picture
samuelmariobros memberi reputasi
Lihat 1 balasan
gak brw. beli baju barugak mesti pas lebaran..
Lihat 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
mudik lebaran itu boros dan capek
Lihat 2 balasan
lebaran hari gengsi nasional apalagi pulang kampung masuk golongan orang sukses di kota
Lihat 2 balasan
Kalau ane sih mungkin lebih banyak keluar duit ya gan, pasti kan nanti waktu lebaran ada kasih THR untuk ponakan-ponakan, terus belanja kue lebaran untuk menjamu tamu yang datang, belanja bingkisan untuk keluarga budhe/tante dsb.. tapi nggak apa-apa sih kan paling setahun sekali juga.hehe..
Lihat 1 balasan
tiap lebaran ga pernah boros...
Tp lebaran taun ini lebih ga boros lagi...
Lihat 1 balasan
Kalau gue mau lebaran atau tidak tetap tidak boros.... hihihihi
Lihat 1 balasan
Agak boros sedikit sih. Tapi masih wajar setahun sekali menyambut hari raya.
profile-picture
samuelmariobros memberi reputasi
Diubah oleh d.l.may
Balasan post pabloo
Quote:


hahaha iya setahun sekali gapapa lah ya, tapi kalo misal tahun ini lagi kurang subur gimana gan?emoticon-Wink
Balasan post ibliss666
Balasan post penyukabiru
Quote:


iya bener gan, kan bisa beli satu atau dua bulan sebelumnya haha
Quote:


Yoi
.
Udahh kebiasan masyarakat kita sih. Kalo lebaran identik baju baru. Hedon hedon. Pamer.

Gak sesuai dengan arti lebaran sesumgguhnyaa..
Jst my opinion. Yaa.
Lihat 2 balasan
Balasan post mefabee
banyak ngetz. balik lagi ke kita pinter pinter aturnyaemoticon-Embarrassment
Balasan post Ensikology
Quote:


Tapi suasana ngumpul lagi bareng sodara yang jarang ketemu itu bro/sis yang bikin berharga. Coba deh iseng iseng jalan ke wisata alam yang jarang dikunjungin, atau yang gaada sinyalnya. Dijamin suasana kekeluargannya makin terasa bro/sis
profile-picture
kwhaleyf memberi reputasi
Balasan post cahmlg123456
Quote:


hahaha ya sebenernya mungkin sebagian statement sista ada benernya, tapi bisa kita ambil sisi positifnya aja mungkin mereka kepo kan sama cerita kita, jarang ketemu ya bikin mereka mau tau, cuman caranya aja kurang berkenan
Balasan post penyukabiru
Quote:


Karena emang ciri budaya masyarakat bangsa kita kan lebih baik kredit mobil meskipun ga lunas, yang penting bisa pamer mobil baru pas pulkamemoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
Balasan post cheria021
Quote:


Coba gan dibaca thread ane tips bijak buat THR https://www.kaskus.co.id/post/5cf2a0...276837e21b56fc

Semoga bermanfaatemoticon-Mewek
Balasan post ngejleb
wah coba share pengalamannya dong bro/sis. Selalu gagal soalnya kalo liat barang barang diskonemoticon-Hammer2
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di