rykenpb
TS
rykenpb
[COCooking2019] Makanan Khas Kota Lulo-Sultra


Makanan Khas dari Kota Lulo Sultra


Hai Guyz!!

Assaalamu 'alaikum wr.wb gansis. Apa kabarnya nih. Penaku baru gerak lagi nih. Biasa Nirdawat hehe.

Btw. Mumpung ada event COC nih. Ane pengin nongolin sebagian makanan dari kota Lulo Sultra n' spot-spot buat mejeng sekaligus ngisi bahan bakar. Yuk cekidot keburu basi entar.

Sate Pokea



Sate pokea merupakan olahan dari kerang air tawar yang disusun dan diberi bumbu kacang. Kerangnya bisa dipanggang/bakar langsung bisa pula direbus dulu lalu dipanggang. Sate ini dapat dimakan ditemani dengan gogos. Sate ini bisa ditemukan di mana-mana di Sultra. Pusatnya terdapat di kampung/desa Pohara Kec. Sampara. Harga per porsinya Rp. 10.000.

Gogos



Gogos sama halnya dengan lemper namun, gogos di sini sebagai makanan khas Sultra tidak berisi abon di dalamnya alias polos gansis full ketan. Cara masak gogos sendiri dengan cara dibakar yah gansis. Aroma wanginya beuhh sadaap. Paling enak sih kalo dicocolin sambal yang pedessss maknyozz.

Kasoami



Olahan Kasoami merupakan makanan khas yang berasal dari pulau Muna/Buton. Masakan ini berasal dari olahan ubi/singkong. Singkong yang digunakan singkong dari daerah Wakatobi. Singkong khas daerah ini berbeda dengan singkong pada umumnya. Pengolahan singkong ini harus terlebih dahulu difermentasi dalam waktu yang lama untuk mengeluarkan racunnya sebelum digoreng, direbus atau untuk diolah menjadi resep apa pun. Bisa juga menggunakan singkong pada umumnya.

Kasoami paling enak bila dimakan bersama ikan goreng, ikan berkuah, ikan bakar atau pun ikan parende juga sayur bening. Disantap dengan secangkir teh hangat tetep sadaap gansis.

Sinonggi



Sinonggi panganan ini dari olahan sagu. Mirip papeda di Papua. Sinonggi dapat disantap bersama sayur kacang panjang atau pun kangkung yang dicampur dengan jagung dan kerang. Juga di temani sambal merah yang pedesnya aduhai mantap.

Bila gansis bertandang di Kota Lulo bisa mampir di rumah makan Aroma Kendari yang sudah dikenal wisatawan. Letaknya di Jl. Buburanda Mandonga Kota Kendari. Santap Sinonggi dengan ikan bakar dan sambal pedes plus minuman dingin ditambah sejuknya semilir angin Pantai Laut Banda. Kereen gansis.

Bolu Kukus Energen


Dok pri


Kalo yang ini gansis favorit ane. Ane doyan buatnya. Mudah dan murah meriah bahannya. Terus disantap buat buka puasa bersama segelas teh hangat atau secangkir coklat panas. Boleh juga di santap dengan minuman Es Cincau Ala Ryken nih.


Dok pri


Gimana puasanya gansis. Semoga genap 30 yah. Semoga berkah, diberi kesehatan, kekuatan dan umur panjang. Aamiin.
Diubah oleh rykenpb 27-05-2019 15:57
swiitdebbytien212700dieq41
dieq41 dan 33 lainnya memberi reputasi
34
9.2K
314
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan