ilafitAvatar border
TS
ilafit
Permainan Zaman Dulu yang Sudah Punah?
Permainan Zaman Dahulu Begitu Keren!



Anak-anak zaman dulu cenderung asyik bermain dengan teman sebayanya. Zaman millenial kini anak-anak cenderung bermain handphone. Bahkan anak yang baru berumur dua tahun pun kadang meminta handphone untuk melihat youtube atau game. Seharusnya anak-anak jangan dibiarkan dulu memegang handphone. Diberi batasan kapan waktu yang tepat untuk anak memegang handphone. Selain untuk melatih karakter anak juga agar fokus anak tidak terpacu pada handphone.

Bahkan, permainan zaman dahulu yang begitu diminati sekarang sudah punah tergantikan oleh kecanggihan teknologi. Padahal permainan dulu seru dan membuat kita tertawa dan terlihat lebih akrab dengan teman. Serta permainan zaman dahulu sebenarnya ada ilmu untuk melatih kecerdasan anak. Permainan zaman dahulu tersebut diantaranya:

1. Blaksodor

Pasti gak asing dong dengan permainan ini. Permainan dimana kita diajarkan untuk berhati-hati dalam melakukan sesuatu agar sesuai sasaran/keinginan dan bagaimana memposisikan diri/kebutuhan agar seimbang.

2. Lompat tali

Dulu permainan lompat tali dengan menggunakan tali karet bungkus makanan lalu disambung-sambung menjadi satu hingga memanjang. Lalu ada dua orang di kedua ujung tali memegang erat tali. Yang lain melompat mengikuti alur. Dalam permainan ini kita diajarkan untuk fokus dalam permainan, bagaimana kita bisa melewati rintangan (melewati lompatan tali tanpa menginjak tali) untuk mengejar impian.

3. Petak umpet

Petak umpet di zaman dahulu termasuk permainan yang paling seru dan terkenal. Dimana permainan ini kita memulai dengan tos siapa yang menang akan sembunyi, dan siapa yang kalah akan mencari teman-temannya setelah ia selesai berhitung. Dalam permainan ini kita diajarkan untuk berhati-hati dengan lawan, harus fokus dan mencapai target tanpa terkalahkan. Misalnya dalam dunia bisnis, terkadang bukan orang luar saja yang berniat menghancurkan bisnis kita, tetapi orang dalam pun bisa.

4. Permainan Kelereng

Permainan kelereng ini dulunya begitu banyak diminati akan tetapi sekarang sudah mulai luntur tergantikan game. Permainan kelereng ini dimainkan dengan cara menjentikkan kelereng pas dengan kelereng yang ditata secara berurutan. Namun, kalau bisa ambil yang bagian kepala kelereng agar mendapatkan seluruh kelereng yang ditata. Permainan kelereng ini mengajarkan kita agar fokus meraih target atau impian yang dicapai.

5. Bekel

Permainan satu ini pasti diminati oleh para anak gadis. Dimana permainan bekel dimainkan dengan cara memantulkan bola terlebih dahulu lantas melepaskan (kayu yang dibentuk kotak persegi kecil). Setelah itu lalu mengambil satu-satu dengan posisi bola yang dipantulkan di atas, dan digenggam lalu dilepaskan kembali. Permainan bekel mengajarkan kita agar fokus mencapai target dengan berhati-hati melewati rintangan yang ada. Dalam dunia bisnis misalnya, jika kalah maka kamu akan mengulang di awal atau bisa juga kamu gulung tikar. Karena di perusahaan lain sudah memiliki keuntungan yang puluhan juta perbulan, sedangkan kamu harus inovasi barang yang kamu edarkan di kalangan masyarakat (memulai dari awal kembali).

Masih ada banyak lagi permainan zaman dahulu yang sudah jarang dimainkan di kalangan anak-anak. Permainan zaman dahulu alangkah baiknya jangan dilupakan tetapi tetap dilestarikan walau tergantikan oleh alat teknologi yang lebih canggih.

Quote:



Sumber: opini pribadi
Diubah oleh ilafit 08-01-2021 03:53
swiitdebby
4iinch
Cahayahalimah
Cahayahalimah dan 17 lainnya memberi reputasi
18
3.8K
118
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan