primechiefAvatar border
TS
primechief
Negara Negara Ini Ternyata Pernah Tidak Sengaja "Invasi" Tetangga Sendiri


Tiada manusia yang sempurna di dunia ini, termasuk juga tentara tentara dari berbagai negara. Beberapa kesalahan seperti menghitung perbatasan, ataupun hal hal konyol lain pernah dilakukan, salah satunya adalah melintasi perbatasan negara tetangga tanpa sengaja. So oleh karena itu ane sudah rangkum beberapa kejadian tersebut dalam listicle ini, so Cekidot BGS!




1. Venezuela vs Kolombia



sumber: telesurtv.net



Meskipun sama sama terletak di Amerika Selatan yang punya banyak kesamaan tapi Venezuela dan Kolombia merupakan negara yang kurang bersahabat dan pernah mengalami beberapa kali konflik meski tidak sampai meletus perang antar kedua negara ini.


Namun ada kejadian lucu dari salah satu konflik tersebut, dimana sebanyak 60 tentara Venezuela di perbatasan secara keliru memasuki teritorial Kolombia, camping semalam, bahkan merusak kebun pisang disana, serta mengibarkan bendera Venezuela emoticon-Ngakak (S).

Menanggapi hal tersebut pihak militer Venezuela mengatakan penyebab dari miskomunikasi itu adalah hujan yang lebat , dimana hal itu merubah keadaan geografis di perbatasan sehingga para tentara sulit untuk menentukan batasan . 
Meskipun begitu, kejadian ini sudah menimbulkan ketegangan antara Caracas dan Bogota.


emoticon-Ngakak




2. Latihan Marinir Inggris Yang Berbuntut Invasi Tidak Di Sengaja



via  independent.co.uk


Pada tahun 2002, angkatan laut Inggris yang sedang berlatih di sekitar Gibraltar, akhirnya mendarat di pantai selatan seperti yang direncanakan dan menembakkan mortir serta menembakan senapan mesin dalam latihan ini.

Namun, sayangnya setelah beberapa tembakan, mereka menyadari telah salah mendarat setelah melihat nelayan yang tercengang karena tembakan mortir tersebut emoticon-Ngakak (S), yang lebih parah mereka ternyata mendarat di Spanyol yang secara teknis sudah melakukan invasi ke negara itu emoticon-Ngakak (S).

Merespon akan invasi yang tidak disengaja ini, pihak Spanyol akhirnya mengirimkan sepasang polisi lokal untuk meminta para marinir ini untuk menginggalkan tempat tersebut. Yang pasti malu banget marinirnya brey..

emoticon-Ngakak



3. Nikaragua Melanggar Batas Costa Rica karena Google Maps

 
sumber: pixabay.com



Yang ini ane betul betul gak habis pikir emoticon-Ngakak (S). Pada bulan November 2010, komandan militer Nikaragua Eden Pastora memimpin anak buahnya dalam patroli dekat perbatasan Kosta Rika dan mendapati bahwa bendera Kosta Rika berkibar di teritori Nikaragua.

Melihat hal itu om Eden menyuruh anak buahnya untuk menurunkan bendera tersebut dan menggantinya dengan bendera Nikaragua. Dia mengklaim bendera tersebut ada di teritori Nikaragua, karena dia sudah mengecek ulang koordinat mereka di Google Maps, 


Namun setelah komplain dari Kosta Rika atas insiden ini dan pemeriksaan mendalam dari tim independent, ternyata bendera tersebut masih ada di wilayah Kosta Rika dan Eden Pastora sudah melanggar perbasatasan. 


Dalam hal ini, Google Maps adalah biang utamanya dimana ada salah kalkulasi posisi perbatasan sejauh 2.7 kilometer. Jadi secara teknis, Eden Pastora telah melakukan invasi dan bahkan menurunkan bendera Kosta Rika di daerah mereka sendiri.

Sempat terjadi ketegangan singkat yang berakhir, setelah PBB melakukan intervensi melalui Internation Court of Justice dan juga pengakuan dari Google sendiri akan kesalahan tersebut dan selaku penyebab utama. Google Maps ohh Google Mapss...

emoticon-Ngakak





4. Blunder Australia Berakhir Dengan 6 "Invasi" Terpisah Ke Indonesia



sumber: Pixabay.com



Menentukan perbatasan dengan mata telanjang memang cukup sulit, apalagi kalau perbatasan antara kedua negara adalah laut yang luas dimana tidak ada objek yang bisa dijadikan tumpuan . Dan inilah yang terjadi dengan Indonesia dan Australia.

Pada tahun 2014, penyelidikan internal oleh angkatan laut Australia menemukan bahwa kapal-kapalnya telah berulang kali salah menghitung batas maritim setempat, yang menyebabkan enam insiden terpisah di mana kapal-kapal tersebut secara tidak sengaja "menginvasi" perairan Indonesia.

Kalau menurut ane satu, dua atau mungkin tiga kali adalah hal yang mungkin bisa dimaklumi , tapi ini ENAM insiden terpisah, Wow! ane cuman mau bilang,  mabuk gak tuh marinir Aussie? tau pake GPS kan?

emoticon-Ngakak



5.Swiss Berulang Kali "Menyerbu" Leinchesten



sumber:Pixabay.com



Seperti yang kita ketahui Leinchesten sangat bergantung kepada Swiss untuk penyediaan perlindungan militer, sampai sampai banyak bergurau kalau Leinchestenitu sebenarnya adalah Kanton Swiss.

Nah, saking dekatnya Swiss pernah melakukan invasi secara tidak sengaja yang terjadi berulang kali , invasi tidak sengaja pertama terjadi pada tahun 1968, ketika tentara Swiss secara tidak sengaja menembaki sebuah resor Ski di teritori Liechtenstein dalam sebuah latihan kebakaran.

Di tahun berikutnya pada 1985, invasi kedua terjadi dimana kembali tentara Swiss tidak secara tidak sengaja menyebabkan kebakaran hutan di Liechesten pada saat latihan.


 Yang ketiga terjadi tahun 1995,  beberapa tentara Swiss bahkan menempati sebuah rumah di seberang perbatasan yang dikira masuk teritorial Swiss. Mereka sampai harus "diusir" oleh Walikota dari kota tersebut .

Yang paling terkenal yaitu pada tahun 2007, sebanyak 171 tentara Swiss telah melintasi perbatasan dan masuk ke teritorial Leincheisten di tengah malam sebelum akhirnya sadar sudah masuk teritorial negara lain dan pergi dari sana.

Saking sunyinya "invasi" 2007 ini, tidak ada yang menyadari invasi telah terjadi sampai kementerian luar negeri Swiss menelepon keesokan harinya dan mengakui akan hal ini serta meminta maaf atas kekeliruan tersebut.

emoticon-Ngakak





Quote:








Spoiler for Referensi:


Diubah oleh primechief 21-07-2018 10:50
Habibananasuper
Habibananasuper memberi reputasi
1
129K
194
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan