alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Bayar Zakat Itu Lebih Baik Langsung Atau Lewat Lembaga Zakat?
4.2 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ce5b8a6a2d195797545ae2b/bayar-zakat-itu-lebih-baik-langsung-atau-lewat-lembaga-zakat

Bayar Zakat Itu Lebih Baik Langsung Atau Lewat Lembaga Zakat?

Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 5
mending langsung aja sendiri gan.
usahakan pake beras ya bre.. sesuai sunnah Rasul
izin nyimak ajaaa yaaaahhh... barangkali dapat info bergunaaa
lebih baik zakatnya ngutang breemoticon-Leh Uga
udh ga mw zakat ke baznas, ntr d pke buat infrastruktur atau bayar utang negara spt dana haji. Mending zakat lngsg atau ke lembaga lain spt dompet dhuafa
profile-picture
profile-picture
Bagushermant333 dan yunda.me memberi reputasi
sebenarnya ngebantu banget bisa bayar zakat online atau shodaqoh online

Shodaqoh online yang ane suka tu, ngasih nya simpel banget. Tinggal tap tap doang di hape, trs buka m banking
Ngasih gede dikit juga ga ada yang tau emoticon-Smilie

Beramal bukan cuman ajaran agama
Tapi sebagai salah satu bentuk syukur kepada Tuhan atas rejeki yang dia berikan emoticon-Smilie

profile-picture
yunda.me memberi reputasi
Lembaga gan
profile-picture
yunda.me memberi reputasi
Langsung atau melalui amil zakat sama baiknya. Asalkan kalo memberi langsung, pastikan yg kita berikan termasuk golongan mustahik emoticon-Smilie

Tapi saya setuju dengan salah satu poin TS. Akan lebih baik lagi bila kita memberikan sesuatu yang bisa memberdayakan, daripada memberi bantuan habis pakai.
profile-picture
yunda.me memberi reputasi
kalo di daerah saya ada yg kekurangan mending saya kasih ke yg deket2 dulu. . .
Coba cek tetangga yg deket2 dulu. Jgn smpe tetangga kita samping rumah kesusahan. Kita malah zakat ke yg jauh2...
Ini pendapat saya sih. Hehe
profile-picture
yunda.me memberi reputasi
Diubah oleh nitadanie
Quote:


Kalo sepengetahuan ane sih.
Sodara dulu, kalo gak ada baru terdekat sekitaran

Kadang yg ke amil zakat itu karena takut salah ngasih.
emoticon-sudahkuduga
profile-picture
nitadanie memberi reputasi
Quote:


siip.. setuju deh sama kamu emoticon-Peluk
sama sama baiknya selama tepat sasaran...
Balasan post kotiii
zakat fitrah maksudnya ya? tolong dikoreksi biar ga jadi salah paham soalnya threadnya bukan hanya soal zakat fitrah
Quote:


Ane heran, miskin kok malah bangga bre
yg miskin beneran aja malah pgn zakat, ini malah seneng dikasih zakat

emoticon-Ngakak
Mendingan langsung aj gan...
Skalian menyadari di sekitar kita ada banyak yg berkekurangan...
Kasih waktu bergaul sama org sakit atau miskin lebih berharga dp kasih duit doang....
Seringkali duit aj nggak cukup mengatasi problem mrk...
Mo sekaya apapun jg...
profile-picture
memetrivaldo memberi reputasi
menurut saya di lembaga zakat deket rumah, jd su penerima ga malu, ga da perasaan "utang budi".. makanya harus via lembaga..

dan kenapa harus lenbaga deket rumah? soalnya zakat itu baiknya dikasih ke org2 sekitar kita dulu, berdosa klo kita bisa makan tp tetangga kelaperan
profile-picture
memetrivaldo memberi reputasi
langsung ke orangnya jelas lebih afdhol

dan 3 madzhab (imam syafi'i, imam malik, imam hambali)
ga memperbolehkan zakat fitrah pakai uang
wajib pakai bahan makanan pokok

sedangkan madzhab hanafi boleh pakai uang
tapi syaratnya setara 1 sha kurma / gandum
artinya bukan setara harga beras
profile-picture
profile-picture
kotiii dan memetrivaldo memberi reputasi
Quote:


Quote:


Om kruing selalu waras kok omm emoticon-Nyepi emoticon-Big Grin
profile-picture
Kruingputih4 memberi reputasi
Quote:


Dengan berzakat ke orangnya langsung, secara tidak sadar juga kita sebagai manusia udah menjalani hidup sesuai esensinya yaa gan, berbagi dengan sesama emoticon-Smilie

Dan ane yakin, setiap pembagian zakat langsung itu pasti timbul emosi yang bahagia karena udah berbagi, dan itu sesuatu yang luar biasa emoticon-Embarrassment
profile-picture
raysat3d memberi reputasi

langsung

langsung aja, ke masjid2 atau disampaikan langsung
menurut gw sih pasti ada tetangga kita yang kurang mampu (kecuali tinggal di kawasan elit)
lebih baik support ke sekitar dari pada yang jauh2

kalo mau yang support yang jauh2 sebaiknya dititipi lewat lembaga yang bener2 transparan dan sesuai
yang penting ikhlas
soalnya kalo lewat lembaga/ amil zakat, ada porsi 1/8 untuk mereka
jadi tidak tersampaikan semuanya


ya lihat2 lembaga yg kredibel yg transparan, lihat juga laporan keuangannya, apakah zakat yang masuk tersalurkan dengan tepat sasaran, atau malah tersalurkan ke amil zakat saja

so.. kemanapun diserahkan
yang penting kitanya ikhlas
Halaman 3 dari 5


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di