gandensangAvatar border
TS
gandensang
Cara Mudah Marketing Tertarget Menggunakan Instagram
Cara Mudah Marketing Tertarget Menggunakan Instagram
Instagram adlaah salah satu media sosial yang sangat banyak penggunanya. Di tahun 2016 saja tak kurang dari 22 Juta pengguna Instagram di Indonesia. Ini merupakan potensi yang luar biasa bagi para pebisnis untuk memperkenalkan produknya bagi pengguna Instagram. Nah untuk anda yang berniat untuk menggunakan instagram sebagai media promosi, sebaiknya anda melakukan marketing tertarget. Apa marketing tertarget itu? Marketing tertarget merupakan cara memasarkan jasa atau produk kepada orang-orang yang benar-benar memerlukan jasa atau produk yang kita pasarkan.


Bayangkan jika kita memasarkan produk yang mahal pada konsumen yang tinggal di daerah miskin. Sehingga apa yang kita pasarkan tak akan di beli, jangankan membeli, melirik pun tidak. Dengan melakukan marketing atau pemasaran tertarget maka diharapkan apa yang kita tawarkan betul-betul hal yang diperlukan oleh konsumen sehingga proses closing atau transaksi jual beli terjadi.

Dengan potensi yang dimiliki Instagram dan pengguna aktif yang jutaan, tentunya menjadi peluang untuk memasarkan produk atau jasa. Akan tetapi dari sekian banyak tentunya kita harus memilih mana target pasar dari produk kita. Lalu bagaimana caranya mencari target market di Instagram? Sayangnya di Instagram tak ada fitur advanced search seperti yang dimiliki oleh facebook, sehingga kita hanya bisa mencari sesuai kata yang kita input saja. Namun jangan kecewa, karena berikut ini ada bebera cara marketing tertarget melalui instagram dengan mudah. Ikuti langkah-langkah berikut :

1. Follow Target Sesuai dengan Niche Produk
Niche produk adalah Jenis produk yang akan anda jual. Seorang mungkin memiliki produk herbal, namun memiliki beberapa jenis bisa berupa suplemen, pelangsinig, penambah stamina, vitamin, namun jika di spesifikan lagi pelangsing memiliki beberapa jenis seperti murah, menengah dan premium. Kita bisa mengambil Herbal Pelangsing, nah di kotak pencarian Instagram anda Masukan kata Pelangsing maka akan muncul User yang menggunakan kata tersebut dalam namanya dan hashtag yang sering digunakan. Perhatikan jutaan hashtag yang muncul menggunakan kata pelangsing dan banyak user yang menggunakannya, kemudian klik salah satu baris data yang muncul. Maka akan muncul user pada bagian bawah, dan itu merupakan Top Post, kemudian follow mereka.


2. Follow Follower Target
Setelah langkah pertama, anda sudah mendapatkan user yang sesuai keingingan kita, biasanya user tersebut di follow oleh konsumennya sendiri. Nah, konsumen inilah yang merupakan target kita. Klik Follower dari user tersebut, maka nantinya akan muncul seluruh followernya. Lalu follow follower itu satu persatu.


3. Carilah hashtag sesuai produk yang kita pasarkan

Langkah pertama bisa anda ganti dengan hashtag tertentu yang sesuai produk yang dipasarkan. Setelah muncul user instagram yang menyukai atau menggunakan hashtag tersebut maka follow lah mereka. Jadi intinya adalah mencari user instagram yang berketerkaitan dengan produk yang kita jual. Semakin banyak orang yang kita follow, maka kita berharap bahwa mereka juga akan memfollow kita. Dengan jumlah follower yang sesuai dengan niche yang kita maka kemungkinan closing akan semakin besar apalagi anda sudah melakukan follow secara tertarget.


Itu tadi sekilas tentang cara marketing tertarget menggunakan instagram. Potensi yang dimiliki instagram sangatlah besar. Dengan memanfaatkan potensi tersebut instagram bisa menjadi peluang bagi marketing untuk memasarkan jasa atau produk kepada pelanggan yang tertarget. Jangan lupa untuk membuat keterkaitan emosional dengan user atau pelanggan di Instagram. Sebagaimana media sosial yang lain, semakin kita membina hubungan dengan user lain, maka kemungkinan munculnya posting kita di wall user lainya akan semakin tinggi.

Sumber: https://exrush.com/cara-mudah-market...kan-instagram/
0
1.5K
74
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan