digitalisticaAvatar border
TS
digitalistica
Suzuki Thunder 125cc, Motor Ane yang Paling Garang #AslinyaLo





Sejak tahun 1995, ane keracunan virus yang namanya motor, sebelumnya ane suka mobil, ya lah, gak panas dan nyaman. Tapi itu masa lalu. Sejak ane pindah sekolah disebuah sekolah yang melarang siswa dan sisiwinya bawa mobil, otomatis ane jadi Alan Walker. Pejalan kaki. Ya ngga jauh sih, cuma 10 menit jalan.

Waktu itu ane masih ogah sama yang namanya motor sampai akhirnya ane kepingin latihan juga pake motor, Suzuki Crystal 110. Ternyata langsung bisa. Dan ngga lama kemudian, ane pingin banget Honda NSR150R, tapi pada kenyataannya ane dibelikan Honda Astrea Grand Impressa. Ini motor pertama ane. Tapi bukan ini yang mau ane ceritain.

Motor ane banyak, semuanya ane modif, tapi dari semua motor ane, ane suka dengan satu motor ane yang warnanya merah, bodynya mirip Suzuki Bandit dan enak buat turing, tapi entah kenapa Suzuki memberinya nama Thunder dan memberinya mesin 125 cc. Sebelumnya ada sih versi 250ccnya, tapi karena terlalu gede, jadi ane pilih yang 125 cc aja.

Maksud ane, kegedean duitnya. Menurut ane murah lho, cuma 14,3 juta waktu itu, kalo hari ini malah cuma 3 juta aja, tapi yah kebanyakan udah rembes olinya sana sini.

Nah, dari semua motor ane, ini motor yang bagi ane adalah motor paling istimewa. Motor yang ane beli sebulan setelah ane resign. Udah resign, gak punya duit, eh beli motor cash. Istimewa kan?

Ini dia penampakannya gan.


Ok, ini motornya waktu masih standar. Cuma ane ganti stang doang sih biar ngga keliatan kayak motor dinas. Motor ini punya shockbreaker depan yang sangat panjang, jadi yah perlu diturunkan supaya kelihatan sedikit ketiger-tigeran.




Ane juga buang "topi" krom dibagian blok silinder yang kurang indah. Bikin mesin panas aja.


Ini ane kasih pelek (atau velg) tapak dewa, maksud ane tapak lebar dan ane ganti tuh swing armnya jadi swing arm kotak.


Stang juga diganti stang lurus yang lebih kuat, lebih rendah dan lebih aneh.



Lampu depan bulat ane ganti pake lampu Satria FU yang lebih murah daripada lampu orinya Thunder.


Akhirnya pakai lampu kotak kecil yang imut seperti gambar di atas.


Dan ini buang body belakang. Modifikasi yang satu ini bukan buat gaya, tapi buat benar-benar buat meringankan beban.


Setelah dipotong dan dikasih rangka tambahan kecil dan sebuah plat besi sebagai tempat duduknya, maka motor ini mampu diadu melawan mesin 135cc 2 tak yang terkenal dengan tarikannya itu. Juga sanggup memenangkan drag dengan ayam jago 150 cc yang masih saudara satu merek. Trus juga 150 cc dari pabrikan garpu tala. Cuma 150ccnya tim hijau aja yang bikin motor ane nyerah. Jelas dong, 2 katup SOHC masak lawan KIPS.

Untuk modifikasi, ane suka sebenernya ngga begitu suka kecepatan, ane sangat memperhatikan kenyamanan dan keamanan karena ane suka perjalanan jauh berhari-hari.

Tapi ane juga ngga nolak motor kenceng, tapi ane ngga suka motor yang kencang dari sananya, itu kurang menarik. Kalo menang, ngga bangga-bangga banget, dan kalo kalah juga memalukan. Nah, kalo pake Suzuki Thunder 125, kalo kalah kan tinggal nyalahin motornya, sementara kalo menang, siap-siap aja rentetan jawaban karena lawannya pasti shock. Disitulah bahagianya.

Ini motor ane pakai harian, topspeed awalnya cuma 95km/jam, konsumsi bahan bakarnya hingga sekitar 50km/liter dan tangki bahan bakar yang besar banget, bahkan bahan bakar cadangan pun masih mampu mengantar motor ini hingga jarak sekitar 150 km sebelum mati kehabisan bahan bakar.

Awalnya, ane beli motor ini buat harian dan turing santai aja tapi karena ane sering dibully Yamaha Jupiter Z yang cuma 110cc, akhirnya ane pun naikin ccnya jadi 150cc, piston kit ane beli dari jakarta waktu itu. Karena plug anda play, jadi mesin hasil upgrade ini bertahan sampai sekarang. Walaupun sekarang digudang.

Lagipula, walaupun kapasitas mesin standarnya kecil, tapi motor ini punya blok mesin yang kelewat besar, sirip pendingin yang lebar-lebar dan bak mesin yang besar juga. Temen ane yang baru pernah lihat motor ini aja bilang kalo motor ini blok mesinnya besar banget, dia ngga nyangka kalo kapasitasnya kecil. Dan mesin yang loyo tadi, didukung rangka yang bahannya kuat. Sebagai catatan, ane butuh banyak mata gerinda buat motong lepas rangka belakangnya, seingat ane sekitar 2 hingga 3 mata gerinda. Entahlah kalo tukang potongnya korupsi.

Videonya gan.. Nontonnya pakai headset ya gan...Biar denger suaranya...


Diubah oleh digitalistica 30-09-2018 13:08
1
5.6K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan