alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Guru Besar USU: Medan Kota Tidak Layak Huni
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ce10affa2d195050f6903ed/guru-besar-usu--medan-kota-tidak-layak-huni

Guru Besar USU: Medan Kota Tidak Layak Huni

Medanbisnisdaily.com-Medan. Begitu banyak persoalan di Kota Medan, mulai dari sampah, banjir, membuat masyarakat menjadi tidak nyaman. Pucuk pimpinan di Kota Medan seakan tutup mata, dan tidak mampu menyelesaikan persoalan yang ada. Guru Besar USU, Prof Dr OK Saidin menilai, dengan begitu banyaknya persoalan yang ada membuat Medan layak disebut sebagai kota tidak layak huni.

"Beberapa tahun belakangan ini, kita meridukan sosok pemimpin kota Medan yang totalitas bekerja untuk membangun kota ini. Kita rindu dengan sosok Risma di Surabaya. Medan hari ini menjadi kota yang tak layak untuk dihuni. Jalan yang berlobang di sana sini, tumpukan sampah di setiap pojok kota dan terkadang berserakan di jalan raya.Banjir yang tak kunjung usai, walaupun pekerjaan membangun drainase tak pernah henti sepanjang tahun," katanya kepada wartawan, di Medan, Minggu (19/5/2019).

Ia menilai, persoalan yang dihadapi oleh banyak kota-kota besar hari ini adalah kegagalan dalam memobilisasi berbagai potensi yang ada di sekitarnya. Kata dia, Kota Medan menyembunyikan banyak potensi yang jika dimobilisasi dengan baik.

"Kota ini akan 3 kali lebih baik dari apa yang dirasakan dan yang kita saksikan hari ini. Inilah tugas pemimpin, kepemimpinan Wali Kota hari ini bukan tidak baik, tapi dibanding dengan potensi yang tersedia tidak sebanding dengan capaiannya," tuturnya

OK Saidin menyebut Kota Medan saat ini seperti tumpukan desa-desa kecil. Desa yang berasa kota, seperti disertasi berasa skripsi.

Menurutnya, dalam sejarah terbentuknya kota Medan, Sultan Deli Tuanku Makmun Al Rasyid membuka peluang untuk masuknya imigran-imigran dari luar wilayah kerajaan.

Di mana, pendatang dari Minangkabau yang pandai kuliner ditempatkan di wilayah sekitar Istana, yakni Kota Ma'sum. Untuk pendatang dari Tanah Mandailing yang pandai mengaji dan berdakwah ditempatkan di kawasan Kampung Baru dan Silalas sekitarnya.

Sedangkan, mereka yang datang dari Aceh dan sekitarnya ditempatkan di kawasan Darussalam Sei.Sikambing dan sekitarnya. Mereka yang pandai berdagang yang datang dari Arab di tempatkan di sekitar Kampung Glugur, Krakatau dan Bilal. Begitu juga, mereka yang pekerja keras dan pandai mengurusi bidang olah raga yang datang dari India di tempatkan di kawasan Polonia dan Kampung Madras. Etnis Tionghoa yang datang dari Pulau Pinang yang pandai berbisnis dan berjiwa entrepreneur (wirausaha) di bidang konstruksi ditempatkan di kawasan Kesawan.

"Imigran-imigran ini saling berinteraksi dan bersinergi membangun kota Medan. Jadilah Medan dijuluki sebagai "Paris van Soematra" di Bumi Kerajaan Deli Kota yang layak untuk dihuni. Kota yang mengundang masuknya para investor. Berdirilah unit-unit usaha, dan infrastruktur besar seperti jaringan telepon (Telefonken Maatschappij), jaringan jalan keteta api (Deli Spoorweg Maatschappij), jaringan air bersih (Ajer Bersih Maastchappij) dan restoran ( Tip Top) serta hotel (de Boer Hotel) dan lain-lain.Pola kemimpinan yang dijankan waktu itu memanglah "cocok" pada zamannya dengan sega dinamikanya," paparnya.

http://www.medanbisnisdaily.com/m/ne...ak_layak_huni/

Semoga ada pemimpin yg bisa merubah kota medan menjadi lebih baik emoticon-I Love Indonesia
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Yang diperlukan Medan itu bukan pejabat administratif, tapi tentara.
profile-picture
falin182 memberi reputasi
Gotham city perlu batman emoticon-Ngakak dr yg kecil aja , jalan berlubang parahhh . sampai presidenn dtg pun sampai skrg tetap aja ga da perubahan , belum persoalan sampah emoticon-Leh Uga
profile-picture
falin182 memberi reputasi
Diubah oleh re.eitan2
Quote:


Udah ada tuh tentara yg jd gubernur
profile-picture
profile-picture
falin182 dan kaiserwalzer memberi reputasi
emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
biar seburuk apapun
slogan " ini medan,bung !!!" tetaplah mantap & keren sepanjang masa
kenapa bisa sampai ga layak huni, sudah tau sekua alasannya, cuma ga mau di akui saja penyebabnya emoticon-Big Grin
Bulan kemaren jalan ke Medan....relatif bersih ternyata kota Medan ga kumuh sepeeti yg dibayangkan......ga tau pinggirannya
basmi dulu para preman square face, mulai dari preman di jalan sampe yg di kantor emoticon-Big Grin
perlu tangan besi yg mimpin
Balasan post Ust.Bemasalah
Quote:


oooh.. blm tau ente emoticon-Leh Uga
Quote:


datanglah ke medan pas sedang hujan lebat emoticon-Big Grin
Dulu dikenal sebagai kota termaju no 3 seantero Indonesia.

Sekarang apa masih layak menyandang predikat tersebut?

Kalau mengamati pemberitaan media dan seringnya event2 nasional/internasional, kota-kota berikut paling pesat perkembangannya:

Makassar
Palembang
Balikpapan

(cmiiw)
bukan aja medan melainkan berbagai kota2 di indonesia juga tak layak dihuni

kalau ada duit ..mending pindah aja ke singapura
di sana jauh lebih mantap & keren
pindahkan ibukota ke medan emoticon-Recommended Seller
medan/sumut acak2an karena rakyatnya nggak minat pilih pemimpin yang bagus. beberapa kali orang bagus macam sofyan tan atau djarot maju untuk dipilih, yang pilih minim. mau risma maju di sumut pun nggak yakin bakal dipilih sampai bisa menang.
Quote:


ente antara sarkas atau memang hanya ngendon di pusat kota?? emoticon-Ngakak emoticon-Leh Uga
Balasan post entecavir
Quote:


baik squareface emoticon-Ngakak (S)
Sf ini jg yg paling susah diajak lari soal potensi danau toba

Quote:


Awas disembur si batakisrael emoticon-Leh Uga
lu mau bikin medan aman nyaman???

Guru Besar USU: Medan Kota Tidak Layak Huni
gotham city, kota yg dikapling okp dan oknum, walikotanya ngak berkutik. Daripada hancur melawan arus kaya ahok, mending santai ikut dibawa arus.
Quote:


Kumuh ah
Gw br maret kmrn kesana

Yg ga tahan tukang parkirnya
Padahal banyak destinasi makanan enak
Kayak Popiah, Bihun Bebek, Soto Sinar Pagi dll
Tapi tukang parkirnya sangar2 emoticon-Ngakak

Gw suka2 aja sih ke Medan
Mgkn krn gw kl kesana relatif cuma 2-3 hari aja dalam tempo setahun
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di