saya.kira
TS
saya.kira
Kuliner Berbahaya Dari Purbalingga


Sebuah kota kecil tempat lahirnya salah satu putra terbaik bangsa,Jenderal Besar Soedirman. Kota yang berada di kaki Gunung Slamet ini selain terkenal karena industri knalpot dan bulu mata juga mempunyai Kuliner yang memanjakan lidah Agan dan Sista.

Menurut ane,Kuliner di Purbalingga itu enak-enak dan memiliki rasa yang otentik. Kuliner Purbalingga sangat berbahaya loh gan sist,bahayanya bisa bikin ketagihan dan lupa diri
emoticon-Ngakak
Yuk kita simak satu persatu Agan dan Sista.


1. Es Duren Bancar

Warung es duren ini udah buka sejak tahun 1969,sejak Pak Kasdi sang empunya masih muda sampai udah tua kayak sekarang rasanya masih otentik. Bila agan datang waktu hari libur atau jam makan siang dipastikan antre. Karena emang maknyus,kita selain es durian Pak Kasdi juga jual es campur dan es kopyor. Lokasinya bisa ente googling sendiri ya.


2. Soto Bancar Bu Misdar
Lokasinya dekat dengan es duren yang di atas itu gan. Ibu Misdar selaku pemilik warung Soto Misdar telah merintis usahanya sejak tahun 1981, pasti tidak diragukan lagi kelezatannya. Campuran ketupat, soun, kecambah, dan daun bawang dengan taburan potongan daging sapi atau ayam pasti sangat lezat. Daging ayamnya sangat banyak, daging sapinya pun sangat empuk. Lalu disiram dengan kuah santan yang memiliki rempah yang khas akan membuat Soto Misdar semakin buket dan gurih. Terakhir ane kesana harga per porsi cuma 20.000 gan,murah kan apalagi porsinya juga banyak.


3. Ayam Goreng Mbok Sarun
Kali ini kita naik ke daerah atas gan,arah ke Pemalang/pendakian Gunung Slamet via Bambangan. Kuliner ini bernama Ayam Goreng Mbok Sarun. Ayam Goreng Mbok Sarun Berlokasi di Bobotsari, tepatnya di Jalan Menur B1/C33 Desa Majapura, Bobotsari. Ayam Goreng Mbok Sarun memiliki ciri khas daging yang sangat empuk dan tulang yang lunak. Ayam disini dimasak dengan cara diungkep dan menggunakan ayam kampung yang dimasak dengan bumbu khusus. 


4. Sate Ayam Blater

Sate Blater sedikit berbeda dengan sate ayam pada umumnya. Biasanya sate ayam dibakar dalam keadaan mentah. Tapi Sate Blater, sebelum dibakar telah terlebih dahulu diolah. Sehingga rasanya semakin nyus, keawetannya juga lebih lama. Jadi bisa buat oleh-oleh, kan?Harganya juga murah Agan dan Sista cukup 17.000 untuk satu porsinya.


5. Sop Keong

Nah yang satu ini agak anti mainstream,sop keong. Tentunya bukan dari keong sawah kok,biasanya diambil dari rawa atau peternak keong gan. Kuliner ini bisa agan dan sista jumpai di sekitar alun-alun Purbalingga. Banyak yang jual dan selalu rame kok karena selain enak juga mengandung gizi yang lebih tinggi daripada mie instan. Oiya,pas ane nyobain rasanya geli-geli gimana gitu. Tapi nagih juga.


6. Soto So Bojong

Selain soto Bancar,Purbalingga juga punya soto So Bojong. So dalam bahasa jawa atau bahasa banyumasan berarti daun mlinjo. Soto So memang menggunakan daun mlinjo sebagai sajian khasnya. Daun mlinjo yang masih muda direbus dengan kuah soto akan memberikan kesegaran dan aroma khas yang tiada duanya. Isi dari Soto So berupa ketupat, kerupuk, kecambah, soun, muncang, dan tentu saja daging ayam atau sapi dimana pelanggan bisa memilihnya sesuai selera. Tapi buat ente yang punya asam urat dilarang makan ya ntar asam urat ente kumat gan.


7. Gulai Melung Bu Hadi

Purbalingga juga punya satu olahan daging kambing yang sudah terkenal ke pelosok Purbalingga, bernama Gulai Melung. Bagi kamu penggermar olahan daging kambing, kamu harus coba gulai yang satu ini. Warung Gulai yang dirintis oleh Ibu Mariyanti. Loh pemiliknya namanya Bu Mariyanti kok nama warungnya Bu Hadi?jadi gini gan Bu Mariyanti ini menikah dengan seorang pria yang namanya Pak Hadi. Lokasinya agak jauh dari pusat kota,jadi ente googling aja ya di google maps ada kok.


Gimana agan dan sista,terlihat enak kan? Emang aslinya juga enak kok. Jika ada acara di Purwokerto sempatkan sejenak main ke Purbalingga. Gampang kok ke Purbalingga,kalau dari Surabaya tinggal naik bus Eka/Sugeng Rahayu jurusan Surabaya-Bobotsari. Naik kereta juga bisa tapi turunnya di Stasiun Purwokerto.


Terimakasih sudah mampir.
Buat Agan yang muslim yuk sholat jumat,disiapkan infaknya. Untuk kaskus yang lain selamat makan siang. Terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.
Warm Regards
emoticon-I Love Indonesia
emoticon-Kissemoticon-Pelukemoticon-Angel
emoticon-Ngacir


Sumber
1. Pengalaman pribadi
2.Purbalingga
3. Mbah ane

Diubah oleh saya.kira 02-05-2019 07:37
LeeKimceuhettykelayan00
kelayan00 dan 34 lainnya memberi reputasi
31
23.1K
224
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan