alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Kuis ini Cuma Buat Fans Game of Thrones Sejati. Hadiahnya Mangstab Gan!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Lebih Dekat dengan 4 Masjid Paling Indah di Dunia
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cd3b7e92525c33619400690/lebih-dekat-dengan-4-masjid-paling-indah-di-dunia

Lebih Dekat dengan 4 Masjid Paling Indah di Dunia

Masjid
n rumah atau bangunan tempat beribadah orang Islam

Siapa yang senang kalau lagi ke mall atau tempat umum terus masjidnya bagus? emoticon-Request

Salah satu mall yang ane suka masjidnya adalah Blok M Square yang super nyaman dan juga bagus. Namun ternyata di dunia ini masih banyak banget masjid yang cantik-cantik dan bikin makin betah untuk beribadah. Dalam thread ini, ane mau sharing 4 masjid paling indah yang ada di dunia. Pantau sampe akhir ya gansist!

Masjidil Haram, Saudi Arabia

Lebih Dekat dengan 4 Masjid Paling Indah di Dunia
Photo: ESB Professional/Shutterstock

Yang pertama, ini dia masjid terbesar di dunia, Masjidil Haram yang juga jadi tempat tujuan jutaan umat Muslim di dunia untuk menunaikan rukun Islam yang ke-5, naik haji. Setiap tahunnya saat memasuki waktu ibadah haji, tempat ini jadi tempat tujuan utamanya.
Lebih Dekat dengan 4 Masjid Paling Indah di Dunia
Foto: ugurseyman.info

Masjid terbesar di dunia ini bisa menampung 3 juta umat dengan lahan seluas 40 hektar. Dalam menunaikan ibadah salat di Mekah, umat Muslim pu langsung menghadap ka'bah yang jadi kiblat salat semua umat Muslim dunia. Ka'bah sendiri tingginya 13 meter dan diselimuti kain hitam dengan hiasan kaligrafi berwarna emas. Di bagian timur ka'bah ada Batu Hajar Aswad yang juga jadi tujuan para umat Muslim untuk mencium dan/atau menyentuhnya.

Masjid Kristal, Malaysia

Lebih Dekat dengan 4 Masjid Paling Indah di Dunia
Foto: CHARISMATICPLANET.COM

Berlokasi di Kuala Terengganu, Malaysia, masjid yang dibuka pada tahun 2008, masjid ini jadi masjid "cerdas" pertama yang dilengkapi solar panel atau tenaga matahari sebagai pembangkit utama kelistrikan di masjid ini, koneksi Wifi, dan Alquran elektronik. Letaknya juga unik, jadi masjid ini dibangun di atas pulau buatan bernama Pulau Wan Man.

Lebih Dekat dengan 4 Masjid Paling Indah di Dunia
Foto: RESAKSE/FLICKR

Arsitekturnya sendiri beda dengan masjid lainnya yakni terbuat dari baja, kristal, dan kaca-kaca berwarna sehingga kesannya tuh futuristik banget. Kaca yang ada di kubahnya sendiri bisa memantulkan cahaya matahari jadi seakan-akan berwarna kuning, cokelat, dan juga hitam. Sedangkan di malam hari, pencahayaan dengan lampu-lampu yang membuat masjid ini terlihat semakin megah dan terlihat mengapung di atas air. Selain arsitektur eksterior yang megah, interior masjid ini juga nggak kalah megah yakni dengan adanya lampu kristal besar di tengah-tengahnya yang jadi daya tarik utama dari masjid ini.

Lebih Dekat dengan 4 Masjid Paling Indah di Dunia
Foto: RITHAUDDIN

Belum cukup? Para pengunjung bisa langsung datang ke masjid ini juga untuk berwisata naik perahu di sekitar sungai.

Masjid Nasir al-Mulk, Iran
Lebih Dekat dengan 4 Masjid Paling Indah di Dunia
Photo: zerzarbrab/Shutterstock

Ini masjid yang juga udah terkenal akan keindahannya. Masjid ini dikenal dengan nama Masjid Pink, karena jendela masjid yang terbuat dari kaca patri ini membiaskan sinar matahari jadi berwarna seperti pelangi. Subhanallah cantiknya.

Lebih Dekat dengan 4 Masjid Paling Indah di Dunia
Foto: 123rf.com

Berlokasi di Shiraz,  kota tertua di Iran, masjid ini paling cantik dinikmati saat pagi hari ketika cahaya matahari melewati kaca patri dan menimbulkan biasan cahaya ke bagian dalam masjid. Meski dari luar masjid ini kayak masjid biasanya di Timur Tengah, namun bagian dalamnya akan membuat kita berdecak kagum. Dengan desain berwarna-warni namun tetap berkesan megah.

Masjid ini pun sudah terbilang masjid tua, yakni selesai pada tahun 1888. Bukan hanya jadi tempat beribadah kaum Muslim, masjid ini juga masuk dalam National Heritage Iran karena keindahannya sehingga banyak juga wisatawan yang tertarik untuk datang ke sini.

Masjid Sankt Petersburg, Rusia
Lebih Dekat dengan 4 Masjid Paling Indah di Dunia
Foto: aapsky/Shutterstock

Meskipun Rusia terkenal dengan bangunan gerejanya yang mempesona, tapi ada 1 bangunan masjid di Sankt Petersburg yang tidak kalah indahnya yakni Masjid Biru atau Masjid Sankt Peterburg. Masjid yang dibangun pada tahun 1909-1920 ini adalah masjid terbesar di Eropa, di luar Turki, yang bisa menampung sampai 5000 orang.

Lebih Dekat dengan 4 Masjid Paling Indah di Dunia
Foto: Wikipedia

Gaya khas arsitektur Asia Tengah menjadi dominasi gaya masjid ini, dengan kubah berwarna biru. Perpaduan pintu gerbang, serta 2 minaret-nya yang dihias dengan mozaik keramik berwarna biru yang memukau serta motif geometris yang membuat karakter masjid ini semakin cantik. Bagian luar dari masjid ini juga didekorasi dengan quotes yang diambil dari Alquran.

Meski sempat beralih fungsi jadi gudang setelah PDII (1942-1956), masjid ini pun mengalami renovasi besar-besaran tahun 1980. Uniknya lagi, ternyata Presiden Soekarno pernah berkunjung ke masjid ini saat kunjungannya ke Uni Soviet pada tahun 1956, yang saat itu meski bangunannya masjid tapi beralih fungsi jadi gudang. Beliau pun bercerita tentang hal ini ke pemimpin Soviet saat itu dan beliau meminta masjid ini dialih fungsikan kembali jadi masjid tempat beribadah. Akhirnya, 10 hari setelah kunjungan beliau, bangunan masjid ini kembali jadi masjid.

Itu dia gan 4 masjid terindah yang ada di dunia, kalau di daerah agan, masjid raya-nya bagus juga pastinya kan emoticon-Smilie

Sumber Sumber Sumber Sumber
profile-picture
profile-picture
ngejleb dan saya.kira memberi reputasi
Diubah oleh fancew
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Masya Allah,apik tenan.
Lebih Dekat dengan 4 Masjid Paling Indah di Dunia Lebih Dekat dengan 4 Masjid Paling Indah di Dunia Lebih Dekat dengan 4 Masjid Paling Indah di Dunia
Lebih Dekat dengan 4 Masjid Paling Indah di Dunia Lebih Dekat dengan 4 Masjid Paling Indah di Dunia
Lebih Dekat dengan 4 Masjid Paling Indah di Dunia
Diubah oleh saya.kira
masya Allah. banget Gan. Ke masjidil haram anee belom pernah. doain ye biar bisa kesana..
masyaAllah emoticon-Angel emoticon-Angel emoticon-Angel
emoticon-Cendol Gan bagus artikelnya
masjidnya bagus bagus...
Threadnya keren...
emoticon-Rate 5 Star
emoticon-Cendol Gan

Lufthansa Airlines Reservations Number

Finding Lufthansa Airlines Reservations Number? Call our experts, they will help you resolve all the queries related to bookings and Lufthansa Airlines, Lufthansa Airlines Reservations Number is toll free and active 24/7.


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di