alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tanya Jawab Lagi Yuk Soal Puasa & Sedekah di Assalamualaikum Ustadz!
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cda3969a2d19543504748df/tanya-jawab-lagi-yuk-soal-puasa-amp-sedekah-di-assalamualaikum-ustadz

Bagaimana Bersedekah Pada Non Muslim? Dengerin Jawabannya di Assalamualaikum Ustadz!

Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 4

Assalamu 'alaikum Ustadz

Saya pernah baca ada driver ojol yg menolak mengantar penumpang berangkat kerja ke bank, ada juga driver taxol yg menolak mengantar penumpangnya yg mau beribadat ke gereja.

Pertanyaan saya, bagaimana Islam memandang hubungan muslim dan non muslim? Apa yg boleh, apa yg harus dan apa yg jangan?

Makasih Ustadz
profile-picture
profile-picture
vitawulandari dan typoman155 memberi reputasi
Assalamualaikum ustadz... 💖

Saya mau bertanya, apakah bersedekah di bulan ramadhan itu lebih besar pahalanya dibanding bersedekah di bulan2 lainnya?
dan satu lagi pertanyaan ane apakah besar kecilnya pahala sedekah kita bergantung pada seberapa besar uang yang kita sedekahkan?

trima kasih ustadz atas pencerahannya 🙏
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
Assalamualaikum Ustadz

Saya mau bertanya, puasa itu kan tidak hanya menahan lapar dan haus tapi juga menahan hawa nafsu. Lantas bagaimana jika sedang berpuasa kita terfikirkan atau kepengen makanan/minuman/barang2 tertentu dan akhirnya kita "membelinya" demi memenuhi keinginan kuat tersebut dan menimbulkan perasaan lega dan puas setelah membelinya.
Apa keinginan kuat tsb termasuk hawa nafsu dan kita termasuk orang yg gagal menahan hawa nafsu?

Terima kasih.
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
Diubah oleh lasnoches04
assalamualaikum ustad mau nanya nih , kalo semisal ane sikat gigi di siang hari waktu puasa apa benar hukumnya makruh ?
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
Assalamu'alaikum Ustadz,

Saya mau bertanya..

Ketika kita bersedekah kita lupa akan berniat...main sedekah aja...baru ingat ketika kita sudah memberi..
Apa sedekah kita sudah termasuk ke dalam "lillahi ta'ala" Ustadz..


Trimakasih, jazakallah khairan.. 
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi


Quote:


Wadepak. Ini pertanyaan paling kerad yang pernah gue baca emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
eggnostick memberi reputasi
Btw ini officer ya? Numpang mejeng deh emoticon-Cool
assalamualaikum ustad saya mau bertanya.
bolehkah kita berbuka puasa dirumah teman non-muslim sesama pria, dan makanannya halal tentunya ustad?
karna kita hidup di indonesia yang beragam jadi teman kita juga beragam.

makasih ustad.
emoticon-Maaf Agan
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
Assalamualikum Ustadz
Mau tanya kalau misalkan di masjid tarawih nya itu 23 rakaat,tapi kita ingin yang 11 rakaat boleh gak sih pasih 8 rakaat kita kabur dari masjid terus diterusin witir nya dirumah
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
Assalamualaikum Ustadz
Mau tanya ,
Saya kerja di laundry, sebelum pakaiannya dicuci kan setiap saku di periksa dulu takutnya ada benda yang tajam atau benda2 yang penting, kadang disaku ada uangnya, kalau misalkan itu uang buat sedekah gimana Ustad hukumnya ? Secara itu bukan uang pribadi tapi bukan juga uang curian.

Trimakasih Ustadz
profile-picture
profile-picture
vitawulandari dan eggnostick memberi reputasi
Diubah oleh emya866
Quote:


dapet pahala berlipat bang
Mejeng aja bisa nya, nyimek, larak lirik aja, sambil senyum2 dikit baca pertanyaan nya, ada yg lucilu, ada nge gemes in, dan ada yg serius2 amat, si amat aja nga gitu gitu amit...
emoticon-2 Jempol emoticon-Salam Kenal emoticon-Toast
Assalamu 'alaikum Ustadz,

Apa hukumnya kita mentraktir makan siang temen kita yang tidak berpuasa dan dia muslim? emoticon-Malu Tapi saya nya tetep berpuasa sih emoticon-Big Grin Tetap berpahala apa malah mendapat dosa? Kalau dosa rugi double saya emoticon-Hammer2

Makasih

emoticon-Salaman
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
Diubah oleh 999999999
emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
Apakah boleh kita memberikan sesuatu namun berharap agar mendapatkan balasan lebih banyak? Bolehkah kita bersedekah Rp 80.000 dan berharap agar mendapatkan 8 milyar? Bukankah ini seperti gambling?

ولا تمنن تستكثر

“Dan janganlah kamu memberi (dengan maksud) memperoleh (balasan) yang lebih banyak.” (Qs. Al-Muddatstsir: 6)

Ibnu ‘Abbas radhiallaahu ‘anhu berkata:
“Janganlah engkau memberikan suatu pemberian dan ingin mencari (balasan) yang lebih baik dari pemberiannya itu.”

‘Ikrimah rahimahullah berkata:
“Jangan engkau memberi sesuatu (dengan tujuan) ingin diberi yang lebih banyak.”

Apakah dalil-dalil yang ada tentang keutamaan sedekah yang banyak sekali itu membolehkan kita untuk bersedekah namun berharap agar mendapatkan balasan yang banyak di dunia ini? Seperti bersedekah agar sehat, agar selamat, agar kaya, dan lain-lain.

Saya masih berpikir kok ya ada ya orang yang pengen cepat kaya tapi tanpa mengeluarkan energi yang banyak?

Saya tunggu jawabannya ustadz
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
Assalammualaikum Ustadz..
Apa hukumnya bersedekah dengan niat untuk tolak bala, buang sial atau dengan niat agar rezeki semakin lancar dan dapat jodoh?
Apakah hal ini termasuk syirik?
Apakah hal ini mengurangi kemurnian keikhlasan kita?
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
Assalamu 'alaikum Ustadz,

Dalam dunia komunikasi, banyak orang sering menyingkat ucapan salam misal: Ass, Askum, Astajim, dll. Atau Assalamu 'alaikum Wr. Wb.. Bahkan untuk menyebut nama Allah dan Rasulullah pun disingkat Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW.

Hukumnya apa ya, Tadz?

Makasih
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
Assalamualaikum ustadz gimana cara agar bisa dapet pekerjaan yang sesuai kemampuan dan halal di bulan Puasa Ramadhan ini, Terimakasih
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
Diubah oleh kepolast064
Assalamu 'alaikum Ustadz

Saya mau bertanya,
Rekan saya menjalankan puasa sebulan full tanpa 'batal' (karna tiap hari ama saya), tapi tiap abis teraweh doyannya minum Miras, mabok segala macem.
Apa puasanya dinyatakan sah? dan apa hukumnya tadz?

Makasihemoticon-Shakehand2
profile-picture
vitawulandari memberi reputasi
Balasan post eggnostick
Silahkan tanya klo dah ketemu malaikat maut gan.
Halaman 2 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di