travelaroundAvatar border
TS
travelaround
Ada Segudang Ragam Museum di Singapura, Berikut yang Paling Unik!
Ke Singapura mau wisata yang nggak biasa? Mungkin kamu butuh memasukan museum sebagai salah satu destinasi saat di sana. Kenapa? Ya karena tahu nggak sih kalau Singapura ternyata punya  banyak museum yang menarik buat dikunjungi oleh wisatawan kayak kita-kita ini lah. Dan dari deretan museum yang ada di sana, ada beberapa museum yang ane saranin wajib Agan kunjungi karena keunikannya, seperti yang berikut ini

MINT Museum of Toys




Mau muda atau tua kalau Agan Sista penggemar mainan maka kalian wajib datang ke museum yang satu ini saat tengah liburan ke Singapura. MINT Museum of Toys ini adalah salah satu museum yang memiliki koleksi vintage toys terbesar di Asia termasuk di antaranya deretan memorabilia dan salinan asli komik dan poster dari berbagai era, budaya dan masa kanak-kanak.

Kenapa harus ke sini? Ya karena di sini kamu bakal dibuat  takjub dan mendadak  bernostalgia ke masa kecilmu saat melihat berbagai koleksi yang ada. MINT Museum of Toys punya banyak koleksi mainan dan tokoh kartun yang dekat dengan masa kecil kita Gan.



Kamu bisa melihat perkembangan karakter kartun atau mainan kesayangan kamu saat kecil dari masa ke masa. Misalnya  karakter mickey mouse dari  jaman dulu punya hingga versi terbaru. Atau melihat berbagai perkembangan bentuk godzilla, astro boy hingga batman jaman dulu  aslinya kayak gimana semua bisa kamu lihat di sini.

 

Setiap koleksi pun dipamerkan dalam tema yang berbeda di tiap lantai yang ada di museum ini.
Di salah satu lantai kamu bahkan bisa duduk sejenak sambil menyaksikan video film mickey mouse yang bikin kangen masa kecil lagi nih Gan.



Ketika datang kamu akan dianjurkan untuk memulai petualanganmu mengagumi semua koleksi yang ada dari lantai paling atas. Nggak perlu takut kecapekan mengelilingi semua koleksi yang ada di setiap lantai karena sebetulnya gedung MINT museum of toys tidak terlalu besar gan.



Karena tidak terlalu besar maka  MINT Museum of Toys pun sebetulnya tidak memajang semua koleksi yang dimiliki. Total ada lebih dari 50.000 item yg museum ini miliki. Namun yang ditampilkan hanyalah 8500 item yang sudah dikurasi. Koleksi yang ditampilkan ini ternyata juga berasal dari 40 negara berbeda termasuk Indonesia di rentang tahun 1840an sampai 1980an.

Puas mengagumi semua koleksi yang ada kamu juga bisa langsung berbelanja mainan, action figure dan merchandise di lantai 1 loh Gan. Kalau mau nongkrong dulu juga bisa karena ada semacam kafe di area basementnya.



Oya  dari petugas yang ada di sana ane juga baru tahu kalau Agan yang punya hobi di bidang  ini juga sebenarnya boleh menyumbangkan mainan atau koleksi yang kamu miliki loh. Jadi buat yang mau menyumbangkan mainannya boleh loh disumbangin ke sini biar terawat dan dijadikan catatan sejarah baru di antara deretan koleksi lainnya 

Mau ke sini?


Quote:



National Gallery Singapore



Museum yang satu ini wajib dikunjungi khususnya bila kamu penggemar dan penikmat seni. National Gallery Singapore ini memang dikenal menyimpan koleksi modern art terbanyak di Singapura dan Asia Tenggara.




Ada lebih dari 8000 koleksi seni modern Singapura dan Asia Tenggara dari abad ke 19 hingga sekarang yang dipamerkan di sini. Jadi nggak cuma bisa menemukan lukisan dan karya-karya seni dari seniman besar Singapura, kita juga bisa melihat karya seni besar dari seniman top Asia Tenggara termasuk Indonesia. Ane sempat menemukan karya seniman Indonesia seperti Eko Nugroho, Tisna Sanjaya dan Heri Dono di sini.


Karya Eko Nugroho di National Gallery Singapore


Oya, saran ane jika mau berkunjung ke sini saran ane sisihkan waktu yang cukup lama. Kenapa? Karena National Gallery Singapore ini terlalu luas untuk dikelilingi dalam waktu singkat. Wajar memang Gan, museum yang satu ini menempati bekas gedung Supreme Court dan City Hall dengan luas 64.000 meter persegi. Ukuran ini menyaingi Musée d’Orsay di Paris dan London’s Tate Modern dalam hal ukuran.  Goks kan!



Nggak cuma sekedar luas, National Gallery Singapore ini benar-benar bakal memukau kamu mulai dari arsitekturnya yang super keren. Dengan gaya klasik dan modern, National Gallery Singapore kelihatan benar-benar megah  saat kamu masuk ke dalamnya.

 


Oya, National Gallery Singapore ini juga cocok buat Agan Sista yang liburan sambil bawa anak. Karena di dalamnya ada Keppel Centre for Art Education, sebuah fasilitas pendidikan dan seni yang khusus didedikasikan untuk anak-anak, yang pertama di Asia Tengara. Dengan desain yang ceria dan menarik,  anak-anak bisa belajar mengenal seni dengan cara yang mengasikkan. Nggak Cuma anak-anak, pengunjung dewasa juga bisa kok main ke bagian ini.




National Gallery Singapore ini juga bisa ane bilang paket komplit Gan. Nggak cuma bisa mengagumi artworkpara seniman, National Gallery Singapore juga menyediakan restoran untuk para pengunjung yang kelaparan. Ada juga deck di bagian atas yang bisa digunakan pengunjung untuk menikmati pemandangan Singapura dari ketinggian. Serta buat yang tetap ingin memuaskan hasrat belanja, di lantai 1 ada berbagai souvenir dan cinderamata yang bisa dibeli langsung.



Mau ke sini?

Quote:


Art Science Museum




Selain ke National Gallery Singapore , penggemar dan penikmat seni juga ane saranin mampir ke museum yang juga jadi ikon kota Singapura ini. Art Science Museum ini sendiri punya keunikan sendiri. Dirancang oleh arsitek terkenal Moshe Safdie, Art Science Museum menjadi ikonik dengan bentuk bangunannya yang menyerupai bunga berukuran besar. Di dalamnya sendiri ada 21 ruang galeri dengan luas 6000 meter persegi.

Ada beberapa exhibiton yang bisa dilihat di  Art Science Museum  ini Gan. Tapi waktu ane ke sana ane memilih untuk mengunjungi exhibion Future World: Where Art Meets Science yang sepertinya memang populer di kalangan pengunjung terutama buat mereka yang deman foto-foto. Sebetulnya Future World ini terbagi dalam beberapa section dengan keunikan berbeda. Di Nature misalnya, Agan Sista diajak mengagumi ruangan yang dipenuhi pantulan dari sorotan proyektor yang seolah berputar mengelilingi ruangan. Ini termasuk spot favorit buat yang suka update konten di instastory. 



Setelah itu ada pula section Town yang seru banget. Kenapa seru karena di bagian ini banyak karya seni interaktif yang bisa langsung dicoba oleh pengunjung. Misalnya di bagian sketch town, kita bisa mewarnai gambar lalu memasukan hasil gambar di mesin scanner dan melihat langsung hasil akhir gambar karya kita yang akan langsung muncul di layar. Nggak cuma anak kecil yang senang, di bagian ini banyak pengunjung dewasa yang dibuat keranjingan juga kok.  Baru sehabis itu ada section Park yang mirip dengan sketch town di mana ada layar interaktif yang bisa dicoba pengunjung.





Lalu ada section Space, yang lagi-lagi juga diincar para penggemar konten media sosial. Instalasi lampu di crystal universe ini memang terlalu memukau untuk hanya dilewatkan begitu saja tanpa diabadikan di gambar sih Gan.



Selain Future World, ada exhibition lain yang bisa pengunjung nikmati di Art Science Museum ini kok. Waktu itu misalnya ane juga melihat  pameran Minimalism: Space, Light, Object yang ada di sana.




Mau ke sini?


Quote:



Chinese Heritage Centre



Nggak lengkap ke Singapura tanpa mengenal lebih dekat kebudayaan yang ada di dalamnya. Di Chinese Heritage Centreini misalnya Gan, kita bisa menyelami lebih dalam tentang masyarakat Tionghoa yang juga merupakan salah satu etnis mayoritas penduduk di Singapura. Sebetulnya tak hanya memperkenalkan Tionghoa sebagai salah satu etnis yang ada di Singapura, Chinese Heritage Centre secara umum lebih memperkenalkan masyarakat Tionghoa perantau di berbagai belahan dunia dan budaya mereka.





Chinese Heritage Centre ini  terletak di gedung bekas Nanyang University Administration yang dibangun pada tahun 1953 dan diresmikan menjadi salah satu monumen nasional pada tahun 1999. Nanyang University sendiri merupakan universitas Tionghoa pertama dan satu-satunya yang berada di luar Tiongkok serta didirikan oleh orang Tionghoa perantauan loh Gan.

Arsitektur Chinese Heritage Centre sendiri sangat kental dengan nuansa Tionghoa.  Kawasan Chinese Heritage Centre ini sendiri juga terbilang luas yakni mencapai 6000 meter persegi Gan. Di dalamnya ada deretan galeri yang bisa kamu kunjungi. Ada juga perpustakaan yang berisi lebih dari 50.000 jilid koleksi peradaban yang didedikasikan untuk sejarah dan budaya Tionghoa. Ada juga museum kecil yang menampilkan manuskrip The Encyclopedia of the Chinese Overseas yang bisa kamu kunjungi.

Mau ke sini?

Quote:




Sekali-sekali mampir ke museum dan menikmati catatan sejarah atau hasil karya seni para seniman ketika liburan nggak ada salahnya kan. Siapa tahu banyak pengetahuan dan pengalaman baru yang bisa kamu dapatkan. Itu tadi beberapa museum dengan pesona dan keuniakn yang unik yang menurut ane wajib kamu datangi ketika sedang berada di Singapura? Udah pernah mampir ke sini belum? Atau punya rekomendasi museum di Singapura lain yang harus dikunjungi? Boleh lah share juga di sini. Lumayan kan berbagi informasi siapa tahu ane jadi tahu museum unik lainnya di Singapura yang harus ane kunjungi saat ke sana. 


emoticon-Salam Kenal

danQe
eggnostick
rtrn
rtrn dan 8 lainnya memberi reputasi
5
22.6K
57
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan