cyber.strezAvatar border
TS
cyber.strez
Hewan Menjijikan Ini Telah Menyelamatkan Ribuan Nyawa Manusia, Kok Bisa
Apa yang Kebanyakan orang berpikir tentang Tikus? . Tikus adalah salah satu binatang paling menjijikan bagi kebanyakan orang, sebagai binatang pembawa penyakit, perusak barang-barang di rumah, Ya, kebanyakan memang seperti itu, tikus merupakan salah satu jenis hewan yang paling tidak disukai! Tapi bagaimana dengan tikus yang akan ane bahas berikut ini.


Meski merupakan binatang yang menjijikan tetapi Tikus-tikus ini telah membantu menyelamatkan ribuan orang dari maut, setidaknya dari cedera paling parah bagi para penduduk di afrika utara.



Sumber Gambar :  www.apopo.org


Di Afrika utara terdapat banyak sekali ranjau darat yang tersembunyi yang telah membunuh ribuan orang setiap tahunnya, Ranjau-ranjau  darat itu ditempatkan di berbagai lokasi sisa-sisa selama Perang Dunia ke II.



Sumber Gambar :  www.apopo.org


Selama perang Dunia ke II, masing-masing pihak yang berseteru menggunakan ranjau darat untuk menghalau serbuan musuh. Meskipun tidak diketahui berapa banyak ranjau yang digunakan di seluruh Afrika Utara, tetapi masih banyakbom ranjau yang masih aktif dan menimbulkan risiko yang sangat tinggi bagi penduduk setempat. Tapi, "Bart Weetjens" menciptakan sebuah proyek yang tidak terpikirkan untuk menghilangkan masalah ranjau darat dengan menggunakan hewan Tikus.


Sumber Gambar :  www.apopo.org



Baca Juga : Serem gan, Properti Yang Terbuat Dari Bagian Tubuh Manusia Oleh Pembunuh Berantai Terkenal


Tikus-tikus ini adalah Bagian dari organisasi APOPO  "Anti Persoonsmijnen Ontmijnende Product Ontwikkeling"yang bergelut dalam Pengembangan Produk untuk Deteksi Ranjau Darat, dan tikus-tikus ini menyelamatkan ribuan nyawa.


Sumber Gambar :  www.apopo.org





Tikus yang dijuluki 'HeroRATs'ini biasanya bekerja dari hari Senin sampai Jumat, kemudian beristirahat dan bermain di akhir pekan. Mereka hanya bekerja selama beberapa jam setiap hari.




Mereka dapat membersihkan ranjau yang bertebaran hingga dua ratus meter persegi hanya dalam waktu 20 menit. jika dibandingkan dengan manusia yang menggunakan alat detektor logam diperkirakan dapat menghabiskan waktu sekitar  lima hari untuk menutupi area yang sama.



Tikus-tikus ini dinilai sempurna untuk pekerjaan semacam itu. Mereka memiliki berat tubuh yang cukup ringan sehingga tidak membuat ranjau darat aktif ketika terinjak, tetapi ukuran tubuhnya cukup besar sehingga para pelatih mereka dapat melihat mereka dengan jelas ketika sedang bekerja.





Sumber Gambar :  www.apopo.org


Sejak tahun 2000, mereka telah menemukan lebih dari 9.000 ranjau darat dan bom-bom yang masih aktif di seluruh Tanzania dan Mozambik. Mereka juga menemukan ribuan senjata kecil dan amunisi yang disembunyikan di tanah.


Sumber Gambar :  www.apopo.org





Menurut pemantauan ranjau darat, masih ada rata-rata secara global 9 korban per hari pada tahun 2013, termasuk banyak wanita dan anak-anak yang tidak bersalah.





Deteksi ranjau darat merupakan proses yang rumit, berbahaya, mahal, dan memakan waktu dan banyak negara berkembang kekurangan sumber daya untuk benar-benar berkomitmen terhadap tugas tersebut.






Tikus-tikus itu memiliki indera penciuman yang sangat sensitif. Tikus dapat mencium bau TNT dalam konsentrasi rendah dan bahkan ketika terkubur di bawah tanah.







Sumber Gambar :  www.apopo.org


Lokasi yang ditunjukkan oleh tikus, dengan menggaruk tanah, akan ditindaklanjuti oleh tim penangan ranjau, yang mendeteksi lalu menghancurkan ranjau-ranjau tersebut.





Tikus-tikus ini biasanya dapat hidup hingga 8 tahun, dan mereka mulai bekerja di lokasi pada saat mereka berusia 4-5 tahun.






Sumber Gambar :  www.apopo.org


Para tikus ini menjalani sisa hari-hari mereka sebagai pahlawan dengan mengunyah alpukat, apel dan pisang, Setiap tikus didampingi oleh 1-2 penangan dalam masa hidup mereka, sehingga mereka menciptakan ikatan yang hanya mereka pahami saja, menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk bekerja bersama. Jadi begitu tikus-tikus ini sudah tidak bekerja dengan baik lagi dan sudah pada masa pensiun, tikus-tikus ini masih dipelihara sebagai penghormatan.










Quote:


Diubah oleh cyber.strez 15-07-2019 20:04
padasw
oviz.
kristology1996
kristology1996 dan 27 lainnya memberi reputasi
28
15.5K
116
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan