alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Susi Pudjiastuti pimpin penenggelaman 26 kapal asing di Kalbar
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ccd9080facb953bb85f5bdf/susi-pudjiastuti-pimpin-penenggelaman-26-kapal-asing-di-kalbar

Susi Pudjiastuti pimpin penenggelaman 26 kapal asing di Kalbar

Susi Pudjiastuti pimpin penenggelaman 26 kapal asing di Kalbar
Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pujiastuti bersama Gubernur Kalbar Sutarmidji, Kapolda Kalbar Danlantamal dan Kepala PSDKP Pontianak berfoto saat proses penenggelaman 26 Kapal Asing yang ditangkap di perairan Kalbar (Istimewa)


Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memimpin langsung penenggelaman 26 Kapal Ikan Asing Ilegal di wilayah Kalimantan Barat.

"Pemusnahan kapal ini untuk kesekian kalinya kita lakukan sebagai jalan keluar dari pencegahan illegal fishing di wilayah perairan kita. Dengan hal ini diharapkan sumber daya kelautan dan perikanan kita bisa dinikmati masyarakat kita sendiri, bukan nelayan dari luar," kata Susi saat kegiatan pemusnahan Kapal Ikan Asing Ilegal di Kantor PSDKP Pontianak, Sabtu.

Selama ini katanya, dengan aksi pencurian nelayan asing di wilayah perairan Indonesia mengakibatkan pendapatan sumber daya laut dari masyarakat terus mengalami penurunan. Stok ikan di Indonesia yang puluhan juta ton menurun hingga hanya beberapa juta ton beberapa tahun lalu yang dikarenakan 10 ribu kapal asing beroperasi di Indonesia.

"Stok ikan kita, puluhan juta ton, berkurang menjadi 7,1 juta ton di tahun 2014. Otomatis, rumah tangga nelayan kita berkurang hampir separuhnya dan menyebabkan 115 eksportir ikan tutup karena kekurangan bahan baku," tuturnya.

Dengan penenggelaman kapal ini diharapkan bisa memberikan efek jera bagi nelayan asing untuk menjarah wilayah perairan Indonesia. Ini juga mendapat persetujuan dari Presiden Joko Widodo, karena menurutnya, memang tidak ada jalan lain selain melakukan tindakan tegas dengan penenggelaman kapal tersebut.

"Ini merupakan langkah tegas kita untuk menakutkan nelayan dari negara lain, karena kita juga terus memberikan peringatan kepada negara lain melalui Dubesnya dan pengusahanya," kata dia.

Di tempat yang sama, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji menyatakan dukungannya terhadap pemusnahan kapal asing yang menangkap ikan di perairan Indonesia, termasuk di perairan Kalbar.

"Saya sangat setuju kalau kapal asing yang sudah ditangkap kemudian ditenggelamkan. Karena kalau harus dilelang atau diserahkan kepada nelayan itu justru menjatuhkan marwah negara kita," kata Sutarmidji.

Selain itu, jika kapal asing yang ditangkap di lelang atau diserahkan kepada nelayan, banyak hal yang harus dipertimbangkan, seperti perbaikan alat tangkapnya, permodalan bagi nelayan dan seolah-olah kita memanfaatkan barang bukti untuk masyarakat kita dan ini tentu tidak baik.

Ia menilai, dengan proses hukum yang cukup panjang untuk pemusnahan barang bukti kapal seperti saat ini, dapat menimbulkan perkara baru, bila sang pemilik kapal bebas di pengadilan.

"Karena penangkapan ikan secara ilegal merupakan kejahatan terhadap negara, itu hukumannya harus tegas. Makanya saya sangat mendukung penenggelaman kapal asing tersebut," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2019

antaranews.com : Susi Pudjiastuti pimpin penenggelaman 26 kapal asing di Kalbar
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Kalau bisa kampret tenggelemin juga bu
Susi Pudjiastuti pimpin penenggelaman 26 kapal asing di Kalbar
profile-picture
Joget.Natal memberi reputasi
Quote:


Wowok sekalianemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
Joget.Natal dan 37sanchi memberi reputasi
Quote:


Bener bener bener

emoticon-Wkwkwk
profile-picture
trimusketeers memberi reputasi
Quote:


Quote:


Bp sepi dong bree..emoticon-Mad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
phithor dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:



Ya sih

emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
phithor dan 37sanchi memberi reputasi
Balasan post Joget.Natal
baik kampret atau cebong engga ada yg ditenggelamkan, sifatnya saling memberi info yg produktif dan kondusif aja.

pan ke depannya sama" mendapat tantangan untuk membangun pemukiman baru di planet mars bray... emoticon-Ngakak (S) emoticon-Peace

btw masa depan bangsa terletak di tangan kalian, generasi muda Indonesia. emoticon-shakehand emoticon-thumbsup

emoticon-I Love Indonesia (S)
profile-picture
Joget.Natal memberi reputasi
Quote:


emoticon-Nyepi

Maaf om kalau ada kata2 kasar

emoticon-Nyepi
Periode ke 2 harusnya ada terobosan baru dibanding periode 1 yg skemanya tangkap adili terus tengelamkan kapal asing...

Dari sekarang bisa kirim peringatan kapal yg masuk bakal lsg ditembak...

Biar Modyarrr itu maling...

Terus pejabat di Indo yg jd back up maling" itu koq ga pernah di ekspose ya?

Gw pernah denger wawancarany Bu Susi, katany ada Jendral yg marah" dgn aksiny penangkapan kapal asing...

emoticon-Big Grin
Balasan post Joget.Natal
iya gpp santai aja, udah biasa kok.... emoticon-Ngakak (S) emoticon-shakehand emoticon-thumbsup

ane mah udah anggap saudara sendiri, baik nasbung kampret maupun nastak cebong... biar bgm kita sesama anak bangsa, jangan sampai tercerai berai, yg malah merugikan bangsa ini pada akhirnya.

tantangan ke depan makin berat... kalian sbg generasi muda harus dapat menghadapi tantangan yg semakin berat tsb... bekerjasamalah dg baik sebagai sesama anak bangsa... dan harus selalu diingat bahwa dibahu kalian terletak harapan untuk hari esok bangsa Indonesia yg lebih baik. emoticon-I Love Indonesia (S)
profile-picture
profile-picture
lovastatin dan Joget.Natal memberi reputasi
ibu menteri satu ini harus lanjut lagi
profile-picture
phithor memberi reputasi
serem beut
















buat maling kan dan konconya yang pasti emoticon-Big Grin
Quote:


kalo semua pada punya prinsip kaya ente baru ogut percaya ini negara bisa maju..
Tenggelamkan tanpa ledakan, di bawah air bisa buat wisata emoticon-I Love Indonesia
mantaaap Bu...!!!
tambah lagi jumlah kapal patrolinya. biar maling2 ikan makin keder....


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di