idaalfaqiehAvatar border
TS
idaalfaqieh
Apa Saja Tradisi Agan Sebelum Berpuasa?
Tradisi Bulan Ramadhan



Kalau ngomongin bulan istimewa buat umat islam, jawabannya apa Gansist? Tak lain dan tak bukan udah pasti bulan ramadhan ya. Ada bulan selain ramadhan yang mewajibkan umat islam untuk puasa sebulan penuh? Setahu ane sih, tidak ada. Nggak tahu deh, kalau menurut agan dan sista?

Ramadhan bulan penuh berkah. Itu kata-kata yang sering kita dengar. Saking istimewanya bulan ini, ada beberapa tradisi yang dilakukan sebelum menyambut bulan ramadhan.

Nah, di thread kali ini ane mau share beberapa tradisi yang sering kita lakukan sebelum menyambut bulan puasa. Apa saja tradisi itu? Yuk simak baik-baik!

1. Nyekar atau ziarah kubur



Pemakaman yang tadinya sepi, kalau mau bulan puasa pasti mendadak rame. Betul apa betul Gansist? Ziarah kubur banyak pendapat tentang hukum ziarah kubur ini. Sebagian ulama' ada yang memperbolehkan ada juga yang melarangnya.

Ane nggak tahu pasti sih, hukumnya. Yang jelas tujuan kita ziarah kubur itu baik. Kalau ane sendiri ziarah kubur sebagai bentuk kecintaan terhadap sang alm. Dengan nengok dan membersihkan tempat peristirahatan mereka.

Tak lupa juga, berdoa buat keselamatan mereka. Nyekar jadi penting sebelum berpuasa. Karena itu salah satu cara kita meminta maaf pada arwah embah-embah kita.

2. Meminta maaf



Sering nglakuin ini? Meminta maaf atau saling maaf-maafan sebelum berpuasa. Ane sering Gansiat. Melalui thread ini, ane juga mau minta maaf ke Agan sista tercinta yah.

Maaf, jika ane banyak nglakuin kesalahan disengaja atau tidak. Ane manusia biasa Gansist pasti banyak khilafnya. Agan dan sista berkenan kah memaafkan ane?

Meminta maaf sebelum berpuasa, menjadi cara membersihkan diri dari dosa ke keluarga, teman, saudara dll.

Maka tak heran jika ucapan minta maaf sering kita lihat berseliweran baik di dunia nyata ataupun di medsos.

3. Membunyikan bedug



Kalau tradisi satu ini terjadi di daerah ane Gansist. Walaupun sekarang sudah jarang ditemui. Tradisi ini biasanya dilakukan untuk menandai masuknya bulan ramadhan.

Membunyikan bedug atau di daerah ane disebut tedur.Bunyi bedug akan ramai kita dengar pas habis dzuhur atau menjelang ashar sehari sebelum bulan puasa. Jadi, kalau dengar tedur berarti besok mulai puasa.

Dengan adanya kemajuan teknologi tak sulit kita dapat info tentang pastinya awal puasa. Walau begitu, tradisi ini masih berlaku di daerah asal ane Gansist. Meski sudah tak seramai dulu.

4. Keramas sebelum puasa



Terdengar aneh kah tradisi ini? Keramas sebelum puasa, awalnya ane juga heran. Ini tradisi udah dari jaman ane kecil. Kata ibu kalau mau puasa kudu keramas dulu.

Pas kecil sih, ane manut aja. Jadi, kalau mandi sore disarankan untuk keramas. Atau kalau lupa, nanti pas sebelum sahur mandi dulu. Tak boleh ketinggalan keramasnya.

Sekarang udah gede jadi bertanya-tanya. Apa sih hubungannya puasa dengan keramas?

Kesimpulan ane, keramas menjadi cara membersihkan diri. Kalau minta maaf membersihkan hati, nah keramas membersihkan raga. Betul nggak sih, agan dan sista?

Oke, sekian beberapa tradisi yang sering ane lakuin sebelum puasa. Kalau agan dan sista gimana? Sama, atau banyak yang beda? Yuk, kita bahas di koment!

Btw, mau ingetin nih. Jangan lupa kasihemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan

Rate juga ditunggu ya!emoticon-Rate 5 Star



Opini pribadi
Gambar diambil dari Google
Diubah oleh idaalfaqieh 29-04-2019 03:31
makeyoudream
danQe
lqmnnhkm
lqmnnhkm dan 11 lainnya memberi reputasi
12
5.8K
150
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan