wulaniyatiAvatar border
TS
wulaniyati
Makanan Khas Buka Puasa

Makanan Khas Buka Puasa

Apa kabar Agan Sista ? Sebentar lagi akan memasuki bulan Romadhon. Buat umat Islam di bulan Romadhon melaksanakan ibadah puasa sebulan penuh.

Banyak hal menarik yang ada hanya di bulan Romadhon saja. Aneka hidangan yang ada banyak hanya di bulan Romadhon, tarawih, mudik, berkumpul dengan keluarga saat lebaran dan banyak lagi ciri khas yang hanya muncul di bulan Romadhon.

Kali ini ane mau buat thread tentang makanan khas buka puasa terutama untuk hidangan pembuka saat buka puasa di daerah ane.

1. Bala-bala, risoles dan gorengan yang lain dengan sambal.


Gorengan

Walau di hari biasa bala-bala, risoles dan gorengan lain selalu ada tidak hanya di bulan Romadhon saja, bala-bala, risoles, dan gorengan lain dengan sambal -- sambal kacang, sambal cabe, atau hanya dengan rawit saja -- menjadi cemilan yang disukai banyak orang sebagai pembuka saat buka puasa.

Kalau diadakan buka bersama dan disediakan bala-bala, risoles dan gorengan lain dengan sambalnya, dalam sekejap pasti habis dan dijadikan rebutan.

2. Jajanan pasar.


Jajanan Pasar

Selain gorengan jajanan pasar juga sebagai salah satu favorit cemilan pembuka saat buka puasa. Aneka jajanan pasar banyak tersedia di banyak tempat penjual jajanan pasar di sepanjang jalan umum. Tinggal memilih mau jenis jajanan pasar apa yang ingin di makan.

3. Arem-arem.


Arem-arem

Biasanya arem-arem disediakan saat buka puasa sebagai pelengkap bala-bala atau risoles. Ada yang tidak berisi, ada yang isinya sayur, ayam tinggal pilih sesuai selera.

4. Kolang-kaling.


Kolang-kaling
Ini buah khas yang amat berlimpah hanya saat bulan Romadhon. Aneka panganan dan biasanya dibuat manisan atau kolak berbahan kolang-kaling.

Selain segar dan enak dimakan kolang-kaling memiliki banyak manfaat itulah sebabnya banyak yang mencari kolang-kaling sebagai pembuka saat buka puasa. Belum lagi kalau ditambahkan es menambah kesegaran sajian kolang kalingnya.

5. Es sirop dan Es Buah.


Es Buah

Agan dan Sista pasti tahu setiap bulan Romadhon di TV iklan sirop dahsyatnya bukan main. Liat lelehan siropnya, ampun dah ga nahan bikin tambah haus apalagi kalau lihat iklannya siang-siang.

Aneka warna dan rasa favorit bisa dipilih. Bisa disajikan hanya ditambahkan air dan es saja atau bisa juga sebagai toping dan guyuran untuk es buah.

6. Es timun suri.


Es Timun Suri

Ini juga buah favorit dan melimpah hanya saat bulan Romadhon. Penjual banyak di penggiran jalan menjual timun suri.

Sama seperti kolang kaling timun suri selain wangi juga bisa memberi kesegaran dan membuat adem perut makanya timun suri pun sangat dicari di bulan Romadhon.

7. Kolak.


Kolak

Kolaknya bisa macam-macam ada kolak pisang, ubi, singkong, kolang-kaling dan sebagainya.

Panganan bergula merah dan santan ini sangat difavoritkan banyak orang saat buka puasa.

8. Cingcau dan pacar cina.


Cingcau dan Pacar Cina

Sama seperti kolang-kaling dan timun suri, cingcau juga sering diburu untuk membuat pembuka saat buka puasa. Cingcau juga bisa membuat adem dan segar.

Biasanya ditambahkan gula atau bersama pacar cina dibuat stup dengan ditambahkan gula dan santan. Dan makanan khas lain terutama di lain daerah pasti memiliki makanan khas di bulan Romadhon.

Kalau sempat membuat sendiri semua makanan pembuka saat buka puasa itu, kalau tidak tinggal hunting karena biasanya di bulan Romadhon akan banyak penjual musiman yang memang sengaja berjualan menu berbuka.

Agan dan Sista punya makanan khas apa saat buka puasa ? Ayo share di sini biar banyak Kaskuser tahu, selain itu juga bisa memperlihatkan bahwa Indonesia kaya termasuk dalam makanan khasnya saat berbuka puasa.

Terima kasih sudah mampir di thread ane, kasih cendol segar dan juga ratenya.

emoticon-2 Jempol
emoticon-Blue Guy Cendol (L)
emoticon-Rate 5 Star

koi7
tata604
tien212700
tien212700 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
3.8K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan