omatsuri.hanaAvatar border
TS
omatsuri.hana
Distorsi keuangan millenials.. awas terjebak !!
sikap konsumtif kian marak di jadikan lifestyle kaum muda


sumber gambar : instagram

Hallo semuanya...
Kali ini aku mau bahas tentang hal yang menarik perhatianku.. yaitu bagaimana para millenials di 2019 ini kian bangga menampilkan perilaku hidup yang konsumtif..

Oke sebelum kita lanjut, aku mau menjelaskan dulu ilmu dari pakar keuangan dunia yang juga motivator bisnis, Anthony Robbins. Secara ringkas, Anthony robbins menjelaskan dalam buku nya yang berjudul Money Master The Game : 7 simple steps to financial freedom , bahwa sudah banyak contoh kasus selebritas dunia, atlet internasional atau pegulat populer yang kembali miskin setelah usia kejayaannya habis. Apa penyebabnya? Jawaban nya adalah tentang pengelolaan uang. Sekarang perhitungan nya, orang terkenal saja yang pada masa ke-emasannya mendapatkan kesempatan meraih pundi-pundi uang dengan mudah tapi bisa jatuh miskin di hari tua.. apalagi kita,sobat miss-queen, bukan anak sultan, bukan anak george sorros, yang penghasilan di masa produktif aja hasil kuli sama orang. Walaupun jabatan kita sekarang seorang top manager di perusahaan multinasional, tetap saja status kita adalah seorang pekerja yang sumber penghasilan utamanya dari gaji yang di bayarkan oleh bos. Bila tak pandai-pandai mengatur keuangan, maka persiapkan saja tenagamu agar tetap bisa bekerja hingga usia pensiun.

Berikut hal-hal receh yang sering di lakukan kaum millenials, yang sebenarnya tiada guna, malah akan menimbulkan se-Macqueen miss-queen :

1. Nonton film terbaru di bangku premiere, biar di kata up to date dan mampu membayar tiket premiere, biar bisa leyeh-leyeh nonton sambil tiduran ceunah, bayarnya pakai kartu kredit lagi. Menurutku bagi kamu yang masih memiliki penghasilan di bawah 20 juta, menonton film favorite di bioskop biasa cukuplah. Selain itu biar apa tiketnya di pamer di insta-story.. pfft !

sumber gambar : instagram

2. Merasa perlu bahkan wajib memakai barang branded, meski harus pembayaran cicilan. Sekali lagi, biar terlihat mampu. Tahukan kamu, orang yang memang beneran kaya, tak menghabiskan lebih dari 20% dari penghasilan nya hanya untuk membeli sepatu , pakaian atau tas. Nah masa kamu menghabiskan 80% penghasilan hanya untuk terlihat kaya

sumber gambar : instagram


3. Tujuan liburan yang seharusnya melepas penat, berganti jadi menjadi hal merepotkan pose mirang-miring hanya untuk mengisi feed Instagram. Sadarkah kamu, kalau waktu liburanmu malah menjadi tidak efektif, karena kamu malah berfokus bagaimana mendapat pose terbaik agar feed instagrammu cantik.

sumber gambar : instagram

Dan lain-lain.. coba kalian komentar di kolom komentar hal yang menurut kalian konsumtif.. 😊

Oke kembali lagi ke buku nya Anthony Robbins, dia menjelaskan bahwa harta benda yang kita miliki saat ini, besar atau kecil nilainya terbagi dalam 2 kategori, yaitu : aset & liabilitas. Aset sendiri artinya harta benda yang dalam jangka waktu panjang mengalami pertambahan nilai, atau menghasilkan pendapatan pasif. Contohnya tanah, mesin produksi yang di operasionalkan, emas dan saham yang menguntungkan. Sedangkan liabilitas adalah harta benda yang terus mengalami penurunan nilai, dan memaksa kita mengeluarkan biaya untuk perawatan nya. Contoh : bangunan rumah, kendaraan, branded fashion, dll.
Seberapa besarpun penghasilanmu saat ini, akan berakhir dengan kemiskinan bila rasio liabilitas lebih besar dari aset. Untuk lebih lengkapnya baca buku nya langsung ya

Jadi mulai sekarang, perhatikan ke posko mana penghasilanmu di belanjakan.. menuju kemakmuran atau ke-missqueenan

----
Trimakasih telah mampir di threadku, semoga tulisanku bermanfaat untuk orang banyak.

PS : poin-poin yang kujabarkan di atas adalah fakta, dan ilmu Anthony Robbins sudah teruji oleh waktu.

Sumber tulisan : 🔨my-head
Diubah oleh omatsuri.hana 29-04-2019 07:29
fyrinn
ca13
ketutsinartha
ketutsinartha dan 10 lainnya memberi reputasi
9
11K
206
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan